Jurusan Kuliah IPA

Pilihan Jurusan Kuliah IPA Buat Sobat yang Tidak Ingin Masuk Prodi Medis dan Pangan

Pilihan Jurusan Kuliah IPA – Bagi siswa SMA yang hampir menyelesaikan pendidikannya, mungkin sedang di masa-masa bahagia, karena sebentar lagi akan menempuh jenjang perkuliahan. Dimana, para siswa pastinya membayangkan jika kuliah adalah waktu terindah, karena bisa banyak menghabiskan waktu bersama teman untuk mengerjakan tugas di luar kampus.

Namun, pada kenyataanya kuliah tidak semata-mata hanya untuk bersenang-senang. Sobat juga harus fokus mencari ilmu dan memaksimalkan pengalaman berorganisasi.

Langkah pertama yang bisa Sobat lakukan agar masa kuliah tetap menyenangkan, meski dipenuhi dengan tugas dan pratikum ialah dengan memilih jurusan yang tepat.

Jika jurusan kuliah IPA biasanya identik dengan dunia medis dan pangan, sebenarnya ada banyak program studi lain yang bisa Sobat pilih lho. Selain materi pembelajaran yang masih relevan dengan IPA, beberapa jurusan kuliah ini juga memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Lulusan IPS

Apa saja rekomendasi jurusan kuliah IPA selain program studi (prodi) medis dan pangan yang patut untuk Sobat pertimbangkan? Berikut beberapa diantaranya:

1. Teknik Pertambangan

Jika Sobat tertarik dengan ilmu teknik, salah satu cabang ilmu teknik satu ini bisa jadi pilihan yang menarik. Ya, teknik pertambangan merupakan porgram studi cabang ilmu teknik yang fokus pada eksplorasi serta eksploitas sumber daya mineral, seperti besi, batu bara, emas, perak, alumunium dan lain sebagainya.

Mahasiwa teknik pertambangan akan dikenalkan dengan proses pertambangan, yang terdiri dari kegiatan prospeksi/penyelidikan umum, eksplorasi penambangan, eksploitasi/pengolahan bahan tambang, pengangkutan hingga pemarasan hasil tambang itu sendiri.

Jika Sobat masuk ke jurusan ini, sudah bisa dibayangkan bukan bagaimana prospek kerja ke depannya? Mengingat saat ini bisnis pertambangan menjadi salah satu lahan pendapatan terbesar dan sangat menjanjikan.

2. Astronomi

Sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar, pastinya Sobat sudah dikenalkan dengan sistem tata surya. Nah, jika pelajaran IPA tentang tata surya sudah memiliki tempat tersendiri di hati Sobat, tampaknya jurusan kuliah Astronomi bisa dipilih.

Sesuai dengan pemikiran Sobat, jika di jurusan ini Sobat akan fokus mempelajari benda-benda langit. Menjadikan ilmu fisika sebagai titik berat terhadap objek di langit, tentu Sobat juga harus paham dasar-dasar fisika.

Selama masa kuliah, Sobat juga akan mempelajari struktur dan sifat fisik evolusi alam semesta beserta kosmologi dan isinya. Secara terperinci, program studi astronomi terbagi menjadi tiga keahlian, yakni Fisika Bintang dan Galaksi, Tatasurya, serta Kosmologi.

Baca Juga: 10 Kampus Terbaik yang Menyediakan Kuliah Kelas Karyawan di Bogor

Nah, jika Sobat tertarik untuk masuk jurusan kuliah IPA satu ini, sebaiknya persiapkan sejak jauh-jauh hari sebelumnya ya. Karena untuk masuk jurusan astronomi, Sobat harus memiliki nilai yang cukup tinggi.

3. Oseanografi

 Buat Sobat yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap ilmu fisika dan matematika, Oseanografi bisa jadi referensi jurusan kuliah yang patut dipertimbangkan. Oseanografi sendiri merupakan ilmu yang fokus pada fenomena laut.

Ilmu Oseanografi ini kemudian bisa diaplikasikan pada banyak bidang, seperti bencana laut, mitigrasi bencana, perikanan, rekayasa, lingkungan laut dan lain sebagainya.

Perilaku laut yang susah dipreduksi menjadi satu alasan mengapa ilmu ini sangat diperlukan. Dengan berbekal ilmu oseanografi, Sobat dapat melakukan penanganan, pencegahan dan tindak lanjut terhadap suatu kondisi.

4. Teknik Elektro

Masih termasuk turunan ilmu teknik, program studi teknik elektro ini fokus pada materi sifat-sifat elektron atau yang lebih familiar disebut sebagai listrik. Mahasiswa jurusan teknik elektro akan banyak mempelajari bagaimana aplikasi dan pemanfaatan listri dalam kehidupan manusia.

Teknologi yang berkaitan dengan listrik juga tak luput dari materi pembelajaran jurusan ini. Jadi, Sobat harus siap-siap dengan cakupan materi yang sangat luas ya! Seperti sistem jaringan distribusi, sumber tenaga pembangkit tenaga listrik hingga pemanfaatan listrik oleh masyarakat/pengguna akhir.

Jurusan teknik elektro pun dipecah dalam beberapa konsentrasi, yakni Teknik Listrik, Teknik Elektronika, Teknik Instrumentasi, hingga Teknik Komputer dan Telekomunikasi.

Baca Juga: 10 Langkah Sukses Cepat Lulus Kuliah

5. Teknik Informatika

Salah satu jurusan kuliah IPA yang akan sangat dibutuhkan di masa mendatang ialah teknik informatika. Seperti yang Sobat ketahui, jika saat ini ilmu komputer sudah sangat dibutuhkan masyarakat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, terutama pada sektor bisnis.

Nah, teknik informatika ini akan mempelajari tentang ilmu komputer, jaringan komputer, perangkat lunak hingga implementasinya.

Bukan hanya teori semata, jika Sobat masuk di jurusan teknik informatika, maka Sobat harus memperaktikkan teori-teori yang sudah dipelajari.

Selain harus paham dengan ilmu fisika, Sobat juga wajib paham dengan logika matematika. Sebab ilmu informatika tidak terlepas dari matematika, yang nantinya sangat dibutuhkan dalam dunia pemrograman.

6. Ilmu Intelijen

Sobat punya cita-cita bekerja di bidang intelijen? Berarti, jurusan ilmu intelijen adalah pilihan terbaik untuk Sobat ambil. Jurusan yang memang fokus untuk jenjang karir intelijen, baik di ranah Pemerintah maupun swasta ini ternyata memiliki peminat yang cukup banyak lho Sobat.

Kurang lebih empat tahun menempuh pendidikan ilmu intelijen, Sobat akan diajari untuk membentuk pola pikir yang terstruktur serta inovasi-inovasi berfikir. Tujuannya, tentu untuk memecahkan permasalahan dalam dunia nyata yang sangat kompleks.

Baca Juga: Beasiswa Hebat STMIK Nusa Mandiri 2021

Ilmu intelijen sendiri menitikberatkan perkembangan dunia analisis intelijen yang begitu dinamis. Penggunaan penelitian akademik sangat ditekankan disini, sebagai metode analisis. Wah keren ya!

7. Teknik Lingkungan

Manusia hidup tak akan pernah terlepas dari yang namanya lingkungan. Sebagai tempat berkembangnya manusia, keseimbangan lingkungan harus dijaga dengan baik. Disini, manusia sangat dituntut untuk menciptakan lingkungan yang bebas penyakit dan sehat.

Dengan bantuan ahli dari lulusan teknik lingkungan, masyarakat akan dipandu untuk mencipatakan lingkungan yang kondusif bagi kehidupan mahluk hidup.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah Terbaik Lulusan IPA

Sobat yang ingin jadi lulusan teknik lingkungan juga dapat membantu dengan berbagai teknik serta teknologi terkini. Dimana ruang lingkup jurusan kuliah IPA satu ini ialah konservasi sumber daya air, upaya pengendalian pencemaran, pengelolaaan kesehatan lingkungan, perpiaan, pengolahan limbah, pencemaran udaha hingga sistem drainase.

Itu dia beberapa rekomendasi jurusan kuliah IPA yang bisa Sobat pilih. Jadi, sebenarnya anak IPA nggak cuma bisa masuk jurusan medis dan pangan ya!

15 Januari 2021

Penulis: Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *