Langkah Sukses Cepat Lulus Kuliah

10 Langkah Sukses Cepat Lulus Kuliah

Langkah Sukses Cepat Lulus Kuliah – Mungkin beberapa orang yang memiliki prinsip “Lebih Cepat, Lebih Baik” termasuk dalam urusan jenjang perguruan tinggi atau yang biasa disebut dengan kuliah. Standarnya kuliah Strata Satu yaitu lulus dengan tepat waktu 4 tahun.

Nah, lulus kuliah dengan jenjang Strata Satu bisa juga lho di percepat menjadi 3,5 atau 3 tahun. Lulus kuliah dengan cepat bisa menghemat biaya kuliah, bisa lebih cepat kerja, dan yang lainnya. Kalau kalian merupakan tipe orang yang kepengen cepet lulus kuliah. Yuks simak langkah berikut.

  1. Cari tau Prosedur Kuliah di Kampus

Apakah program studi atau biasa yang dikenal dengan jurusan yang kalian ambil dapat di persingkat periode kuliah menjadi 7 atau bahkan 6 semester? Terus, apa saja sih persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin lulus kuliah lebih cepat? Misalnya, wajib lulus 145 SKS termasuk skripsi dan mengurus sejumlah berkas administratif.

  1. Lulus di seluruh Mata Kuliah

Nggak lulus mata kuliah berpotensi menghambat kelulusan kalian lho. Boro-boro bisa lulus dengan tepat waktu, satu mata kuliahpun ada yang nggak lulus itu bisa membuat kelulusan kalian tertunda.

Kalian harus hati-hati yha, terutama untuk mata kuliah semester atas atau mata kuliah unggulan. Terutama mata kuliah yang menjadi syarat untuk mengambil mata kuliah lain juga harus di perhatikan. Karena berpengaruh.

  1. Nilai harus Baik

Bukan hanya sekedar lulus saja, nilai juga harus bagus pastinya. Karena percuma misal kalian lulus mata kuliah tapi nilainya pas-pasan dan nggak dapat ilmunya. Nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) juga berpengaruh ke SKS yang bisa kalian ambil pada semester berikutnya.

  1. Ambil SKS yang banyak di setiap Semesternya sesuai kemampuan

Ambil SKS yang banyak. Biasanya semakin banyak mata kuliah yang diambil jumlah SKS nya semakin besar.

Akan tetapi mengambil banyak SKS bukan perkara gampang. Harus ekstra kerja keras karena waktu kalian untuk kegiatan yang lain seperti bersosialisasi jadi kurang.

  1. Kerjakan Skripsi Sejak Awal

Nah ini nih yang sangat penting. Mesti nyolong start dalam mengerjakan skripsi. Di saat teman kalian baru mikirin judul menjelang deadline, kalian harus mulai dari semester-semester awal.

Langkah Sukses Cepat Lulus Kuliahh

Kalian juga harus “cekatan dan rajin” dalam mengerjakan skripsi. Pokoknya pantang santai-santai sebelum skripsi di setujuin dosen.

  1. Siapkan Magang

Jika di program studi kalian mewajibkan magang, maka kalian juga perlu menyiapkannya dari jauh-jauh hari. Seperti halnya akan magang dimana, kapan pastinya mendaftar, seperti apa laporan magangnya dan lain sebagainya.

  1. Buat Goal dan Timeline

Kalian juga perlu membuat jadwal dan target yang rapi supaya bisa lulus lebih cepat. Misalnya, target kemajuan skripsi per bulan, rencana SKS yang ingin diambil setiap semester, dan goal lainnya. Pastikan kalian disiplin untuk memenuhi planning yang telah dibuat tersebut.

  1. Memotivasi Diri

Lebih fokus dalam diri sendiri. Coba deh kalian cari suatu motivasi yang bisa membuat kamu makin semangat buat segera lulus.

  1. Terapkan Study-Life Balance

Salah satu konsekuensi dalam usaha lulus cepat yaitu soal waktu. Kalian harus memberikan waktu dan energi ekstra untuk urusan kuliah.

  1. Berdoa

Lulus cepat dengan hasil gemilang memang bukan perkara gampang. Tapi semua mungkin akan menghasilkan apabila kalian bersungguh-sungguh dalam berusaha dan doa.

Sukses Selalu Sobat Sekolah!

Karena tidak ada usaha yang menghianati hasil.

 

Baca Juga : Tips Memilih Kampus Perguruan Tinggi Swasta yang Berkualitas

Agustus 27, 2020

Penulis: Cucu Ika Agustyaningrum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *