Lulusan IPA

10 Jurusan Kuliah Terbaik Lulusan IPA

Halo sobat sekolah, Masa SMA yang akan berakhir membuat sobat sulit untuk mengambil keputusan antara ingin meneruskan pendidikan ke jenjang  yang  lebih  tinggi  atau  bekerja. Bila sobat ingin meneruskan ke jenjang pendidikan yang  lebih  tinggi pasti  sobat  juga  dibuat  resah  akan  jurusan  kuliah mana  yang  bisa  dipilih.

Memang  untuk  memilih  jurusan  tidak semudah membalikkan telapak tangan, sobat  harus  memikirkan  dulu  jurusan kuliah mana  yang  akan  dipilih   untuk  menempuh  masa  study.  Jika  sobat  berasal  dari  SMA  lulusan  IPA,  disini  ada  10  rekomendasi buat  kalian  memilih  jurusan  kuliah terbaik mana yang ingin sobat ambil.

Berikut adalah 10 Rekomendasi Jurusan Kuliah Terbaik Bagi Lulusan IPA :

Pendidikan Kedokteran

Jurusan Pendidikan Kedokteran merupakan Jurusan terbaik bagi lulusan IPA. Mahasiswa Kedokteran diminta untuk mempelajari tentang berbagai macam penyakit serta cara untuk mencegah dan menyembuhkan. Biasanya Ilmu kedokteran ini selain mempelajari cara menyembuhkan penyakit, para mahasiswa harus mempelajari mengenai sistem tubuh manusia. Dalam masa study pada ilmu kedokteran bukan hanya pandai dalam teori melainkan juga ahli dalam praktik untuk menyembuhkan Pasien. Lulusan pada jurusan pendidikan kedokteran nanti nya akan ditempatkan sebagai dokter umum bahkan dokter spesialis.

Ilmu Gizi

Selanjutnya bagi Lulusan IPA, kalian juga bisa memilih jurusan ini. Untuk jurusan Ilmu Gizi ini mempelajari kesehatan, pertumbuhan manusia dan produktivitas, serta kualitas manusia. Selain itu, Ilmu Gizi juga mempelajari mengenai sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Lulusan pada Ilmu Gizi ini bisa menjadi Ahli Diet maupun Ahli Nutrisi Praktisi Keluarga dan Umum.

Farmasi

Kemudian, bagi kalian yang merupakan lulusan IPA, pasti tidak asing dengan jurusan satu ini. Jurusan ini berhubungan erat dengan obat-obatan. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Nantinya, lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli dalam membuat obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Lulusan dari jurusan Farmasi ini bisa menjadi Spesialis Kimia Dokter Pengobatan Preventif Apoteker.

Teknologi Pangan

Program studi Teknologi Pangan adalah suatu jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi konsumen.  Selain itu, jurusan  Teknologi Pangan turut mempelajari efek sosial dari makanan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makanan memengaruhi ekonomi, psikologi, dan kultur kita. Bagi kalian yang merupakan Lulusan IPA dan mengambil jurusan ini, prospek kerja nya akan di tempat kan menjadi Quality Control Peneliti Ahli Teknologi Pangan.

Astronomi

Kemudian, bagi sobat yang merupakan lulusan IPA dan menyukai tentang ilmu tata surya. Jurusan ini bisa menjadi rekomendasi kamu. Ilmu Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari benda-benda langit. Program studi ini juga merupakan penerapan dari ilmu fisika terhadap objek di langit. Jurusan ini dibagi menjadi tiga keahlian, yaitu Tata surya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi. Pastinya, Ilmunya sangat menarik karena kamu akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan tata surya. Prospek kerja jurusan ini: Astronom, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa dan Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa.

Baca Juga : 9 Tips Belajar Di Rumah untuk Siswa SMA/SMK

Statistika

Sobat yang menyukai matematikan dan juga berasal dari Lulusan IPA. Jurusan ini juga bisa sobat pilih yaitu Ilmu Statistik. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, dan mempresentasikan suatu data. Fungsi statistika sendiri adalah sebagai suatu cara untuk pengambilan keputusan. Tanpa analisis data akurat, pengambilan keputusan tepat tidak akan pernah bisa terjadi. Bagi jurusan statistika ini, bisa menjadi Peneliti Survei, Ahli Statistik, maupun Aktuaria.

Teknik Informatika

Jurusan ini mempelajari ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan komputer, dan pengimplementasiannya. Tak hanya teori, Teknik Informatika juga mewajibkan para mahasiswa mempraktikkan apa yang telah dipelajari. Nah, untuk menguasai teknik informatika dengan baik, paling tidak kamu memahami logika dan matematika. Mahasiswa teknik informatika akan menghabiskan banyak waktunya dengan pemrograman. Prospek kerja pada jurusan ini dapat menjadi programmer, Analis riset operasional atau web developer.

Budidaya Perairan

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu tentang pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar.  Dalam kegiatan budidaya organisme perairan tentunya aspek kualitas air dan wadah sangat diperhatikan. Jurusan ini sangat dibutuhkan di Indonesia, karena Negara Indonesia ini lebih dominan dengan Air . Bagi kalian Lulusan IPA, jurusan ini bisa menjadi jurusan yang rekomended buat kamu.

Kehutanan

Ilmu Kehutanan mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri. Ilmu Kehutanan juga menitikberatkan pada pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan. Prospek kerja pada jurusan ini bisa menjadi Spesialis Konservasi Alam, Konsultan Lingkungan, Ahli Konservasi Hutan, atau Pengawas Hutan.

Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan ilmu teknik mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti Elektronika, Listrik, Instrumentasi, sampai Teknik Komputer dan Telekomunikasi. Jika sobat memilih jurusan teknik Elektro, sobat dapat bekerja sebagai Ahli Robotik, Ahli Teknik Mekatronik, Ahli Teknik Elektronik dan Spesialis Teknik Telekomunikasi.

Teknik Pertambangan

Program studi pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik berfokus pada ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral, seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara, dan sebagainya. Mahasiswa pada jurusan ini belajar soal proses pertambangan, yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai pemasaran hasil tambang. Prospek kerja jurusan yang didapat bisa menjadi Ahli Tambang dan Geologi, Ahli Pengeboran Bumi (Non Minyak dan Gas), Ahli Teknik Energi, Teknisi Geologi dan Perminyakan.

Nah, itulah 10 rekomendasi jurusan kuliah terbaik bagi kalian yang merupakan dari lulusan IPA. Semoga dari salah satu jurusan diatas bisa menjadi pilihan terbaik kamu.

Desember 9, 2020

Penulis: Muhammad Rifqi Firdaus

Menulislah, maka kau akan merajai dunia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *