belajar-di-rumah

9 Tips Belajar Di Rumah untuk Siswa SMA/SMK

9 Tips Belajar Di Rumah untuk Siswa SMA/SMK – Perkembangan virus Corona di Indonesia semakin meluas, sejumlah pemerintah daerah memberlakukan penghentian aktivitas pendidikan (KBM di kelas) dan diganti dengan sistem pembelajaran secara online (Daring) selama 2 pekan. Tidak hanya di Jakarta, daerah lainpun seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Jambi juga menerapkan hal serupa. Langkah terserbut dilakukan untuk mencegah penularan virus corona di Indonesia.

Dengan adanya peraturan tersebut, siswa jadi punya waktu luang yang banyak di rumah untuk belajar dan harus bisa menerapkan pembelajaran jarak jauh. Jika tidak, anak bisa tertinggal dibandingkan siswa lainnya saat sekolah mulai kembali dilakukan dengan normal. Belum lagi, siswa siswa kelas 12 yang akan menghadapi Ujian Nasional.

Bpk. Elbiansyah, M.Kom selaku Dosen Universitas Bina Sarana Informatika mengungkapkan ada beberapa tips belajar di rumah yang bisa dilakukan siswa SMA/SMK dalam wabah corona saat ini.

tips-belajar-di-rumah
ilustrasi: freepik.com

Tips Belajar Di Rumah Disaat Wabah Corona

1. Niat yang kuat

Niatkan dalam hati bahwa belajar saat ini adalah investasi untuk masa depan yang lebih cerah. Niatkan juga, ini adalah upaya dari diri sendiri untuk orang banyak yaitu berkurangnya pasien akibat cirus corona.

2. Ciptakan suasana yang nyaman

Ciptakan ruangan belajar yang nyaman dengan memulai temperatur yang tidak terlalu dingin/panas, menata ruangan dengan rapi & melengkapi keperluan pribadi saat belajar.

3. Menjaga Pola makan & hidup sehat

Menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna & menyediakan cairan Antiseptik Tangan supaya tangan tetap steril.

4. Buatlah Jadwal kegiatan selama 2 pekan kedepan

Jadwal ini akan membantu kalian untuk bisa tetap konsisten belajar selama 2 pekan kedepan.

5. Siapkan tema yang akan dipelajari setiap harinya

Buatlah daftar tema yang akan dipelajari setiap harinya, supaya nanti terlihat apa aja yang sudah dipelajari.

6. Carilah aplikasi untuk menunjang kegiatan belajar kamu

Aplikasi yang bisa kalian gunakan diantaranya, ruang guru, zenius, quipper school dan M-tryout.

7. Selingi dengan aktivitas yang menyenangkan

Lakukan aktivitas yang membuat kalian fresh lagi seperti, mendengarkan musik, melihat lingkungan yang hijau & melakukan olahraga ringan. Tidak disarankan untuk main game!

8. Bertukar fikiran dengan orang tua, Guru atau teman

Ceritakanlah kepada orang tua bahwa kamu punya agenda & target setiap harinya supaya kamu bisa diingatkan oleh mereka. Berdiskusilah dengan orang tua dan teman kalian ketika kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari tema nya.

9. Lakukan Evaluasi bersama orangtua

Lakukan Evaluasi kegiatan belajar kalian setiap hari, supaya setiap harinya selalu ada peningkatan.

Beliau juga berpesan untuk terus mensosialisasikan tetang bahaya dan cara pencegahan virus corona mulai dari keluarga, teman dekat dan masyarakat sekitar.

April 16, 2020

Penulis: Irwan Herliawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *