Ini Dia Perbedaan Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Ini Dia 12 Perbedaan Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Perbedaan Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi – Meneruskan pendidikan ke  jennjang yang lebih tinggi merupakan suatu hal yang sangat di inginkan oleh siswa siswi setelah lulus dari SMA/K sederajat. Di jaman perkembangan teknologi sangat pesat ini, pastinya banyak masyarakat yang memilih untuk mengambil program studi di bidang IT. Teknik Informatika dan Sistem Informasi merupakan program studi populer untuk melanjutkan studi di bidang IT. Tentunya kalian perlu tahu tentang perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Peminat dua program studi ini juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Teknologi Informasi mempermudah aktivitas masyarakat yang sudah semakin erat kaitannya. Masyarakat saat ini hampir tidak bisa lepas dari peran teknologi. Perkembangan teknologi yang tidak dapat dibendungpun menjadi salah satu faktor utama mengapa program studi di bidang ini sangat potensial. Dengan prospek kedepannya yang bagus membuat profesi di bidang IT sangat menjanjikan. Saat ini, kebutuhan IT terus meningkat seiring dengan penerapan teknologi di perusahaan.

Bukan hanya memiliki peran penting di perusahaan saja, IT juga membuka peluang usaha mandiri. Banyak sekali profesi IT yang dapat mulai dari nol dan tidak harus berbadan hukum (jasa perorangan). Jadi, tidak ada salahnya mendalami dunia IT untuk menciptakan inovasi baru dibidang teknologi. Kalian dapat membuat temuan dengan membuat aplikasi-aplikasi yang inovatif dan membantu kepentingan banyak orang.

Kenapa Sih Kuliah Ambil Jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi?

Pemanfaatan teknologi informasi harus dimaksimalkan apalagi sejak adanya pandemi, semua serba online. Penggunaan teknologi dalam berbagai kepentingan pun sangat terasa. Saat ini tentunya kalian sudah merasakan pemanfaatan teknologi dalam hal interaksi, komunikasi, transaksi, dan akses informasi. Semua hal dapat kalian lakukan hanya dengan satu genggaman. Dengan menggunakan smartphone kalian bisa melakukan segala hal dengan mudah dan tetap di rumah saja.

Jika kalian kembali melihat kebelakang,  perkembangan alat telekomunikasi hingga menjadi ponsel pintar hingga sekarang tentu terjadi dengan sangat cepat. Berkaca dari perkembangan ponsel, tentu kalian akan sangat penasaran ponsel seperti apa yang akan ada dikurun waktu lima hingga sepuluh tahun kedepan? Selain ponsel, perkembangan teknologi dengan kecerdasan buatan juga sangat luarbiasa mengagumkan.

Adanya disrupsi di era teknologi juga menambah keharusan dalam penggunaan teknologi dalam kehidupan. Saat ini, penggunaan kecerdasan buatan sudah sampai pada tergantinya peran manusia dari berbagai aspek. Tentunya kalian sudah sering melihat penciptaan robot yang difungsikan untuk menggantikan manusia dalam proses produksi di suatu perusahaan produksi.

Jenjang karir di bidang IT tentu sangat luas. Ketika kalian memiliki inovasi yang unik dan inovatif dalam dunia IT, tentu kalian dapat berkontribusi dalam pengembangan berbagai perangkat untuk membantu aktifitas manusia. Hal itu membuat kalian dapat memilih program studi Teknik Informatika atau Sistem Informasi dan mendalaminya. Kalian juga memiliki peluang untuk memahami suatu logika untuk menterjemahkan inovasi kalian dalam bahasa pemrograman. Tentunya hal itu harus diimbangi dengan potensi dan minat yang kalian miliki, baik kecenderungan hobi, minat, dan karir yang diinginkan.

(Baca Juga : Achmad Nurul Fikri, Mahasiswa Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Lolos Seleksi Magang di DDB Telkom)

Apa Sih Perbedaan Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi?

Ini dia perbedaan program studi

Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah dua program studi yang bergerak bidang IT. Walaupun penamaan dua program studi ini hampir sama, namun keduanya memiliki perbedaan. Beberapa mata kuliah yang diambil dan Prospek kerja dari kedua program studi ini juga berbeda. Supaya kalian dapat memahami perbedaan dari kedua program studi tersebut, berikut penjelasannya.

1. Mata Kuliah yang Harus Ditempuh

Banyaknya mata kuliah yang diambil untuk program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika akan bergantung pada jenjang pendidikan yang diambil dan di kampus mana kalian mengambil studi. Di jenjang D3 ataupun S1 biasanya memiliki mata kuliah wajib sebagai dasar untuk memahami tentang Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

2. Intensitas Praktek yang Dilakukan

Banyaknya praktek pada program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika tentu akan berbeda. Program studi Teknik informatika biasanya akan belajar juga tentang perangkat keras dan sedikit tentang perangkat lunak. Namun untuk program studi Sistem Informasi, sangat sedikit bahkan hampir tidak mengotak-atik hardware. Semua yang dipelajari pada Sistem Informasi akan terkait dengan perangkat lunak. Banyaknya waktu praktek mungkin sama, namun keduanya berada pada ranah yang berbeda.

3. Pengetahuan tentang Bisnis

Sistem Informasi akan belajar lebih banyak tentang Bisnis IT. Hal itu dikarenakan seseorang dengan keahlian dibidang Sistem Informasi dapat menjadi penengah antara klien dengan programmer. Sedangkan untuk Teknik Informatika cenderung mengarah kepada hal yang bersifat teknis sehingga tidak terlalu mendalami tentang Bisnis IT.

4. Pengetahuan tentang Bahasa Pemrograman

Di semester awal, program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika biasanya akan mempelajari dasar pemrograman, namun bahasa pemrograman yang dipelajari akan berbeda di semester-semester berikutnya. Untuk program studi Sistem Informasi biasanya akan memilih beberapa Bahasa Pemgrograman untuk untuk diperdalam seperti web programming, mobile programming, dekstop programming, dsb.

5. Pemahaman tentang Database

Database menjadi salah satu komponen dalam pengembangan sistem terkomputerisasi. Program studi Sistem informasi biasanya akan mengambil jumlah SKS yang lebih banyak untuk memahami secara mendalam tentang database. Mahasiswa Sistem Informasi biasanya memiliki pengetahuan tentang Database Management System (DBMS) yang biasanya digunakan dalam tahapan pengembangan sistem informasi.

6. Pengetahuan tentang Jaringan Komputer

Program Studi Teknik informatika biasanya akan memperdalam tentang jaringan komputer sebagai salah satu mata kuliah yang dapat menunjang prospek kerja. Jaringan komputer mengupas tentang pemahaman jaringan di dalam institusi dapat saling terkoneksi. Biasanya program studi Sistem Informasi hanya belajar tentang teorinya saja, sedangkan program studi Teknik Informatika akan memperdalam hingga praktek pembuatan jaringan.

7. Pemahaman tentang Hardware

Pengetahuan tentang hardware tentu akan lebih banyak pada Teknik Informatika. Biasanya dalam mata kuliah ini, mahasiswa mengambil mata kuliah tentang perangkat keras komputer sehigga perlu memahami isi pada CPU, monitor, dan perangkat keras lainnya. Tidak hanya memahami bagiannya saja, kalian juga harus mampu untuk membongkarnya dan merakitnya kembali.

Sedangkan untuk sistem informasi hanya secara teori saja, tidak sampai pada praktek. Walaupun begitu, biasanya teknik informatika akan mengembangkan suatu sistem yang terkoneksi dengan hardware seperti robotik.

8. Pemahaman tentang Software

Program studi sistem informasi tentu akan lebih banyak belajar tentang software jika dibandingkan dengan teknik informatika. Biasanya sistem informasi akan lebih banyak berkutat dengan koding namun penggunaannya hanya pada perangkat lunak saja. Hal itu membuat mahasiswa sistem informasi biasanya lebih familiar terhadap beberapa bahasa pemrograman.

9. Pengetahuan tentang Manajemen Proyek

Untuk mempelajari tentang manajemen proyek tentu akan bergantung pada kurikulum yang diberlakukan pada suatu kampus dimana kalian menempuh studi. Pada program studi Sistem Informasi, pembahasan tentang manajemen proyek biasanya lebih mendalam. Mahasiswa akan belajar juga tentang apa saja komponen yang diperlukan dalam suatu proyek, mengatur penjadwalan proyek, dan prosedur yang harus dilakukan agar proyek dapat diselesaikan tepat waktu.

10. Badan Usaha atau Instansi yang Dipilih untuk PKL

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan mahasiswa menjelang semester akhir. Program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi bisa berada dalam instansi yang sama, namun hal yang dianalisa tentu akan berbeda. Biasanya Teknik Informatika lebih menganalisa tentang aringan, sedangkan Sistem Informasi lebih berfokus analisa sistem.

11. Prospek Kerja Setelah Lulus

Kesempatan berkair untuk program studi Sistem Informasi  dan Teknik Informatika sangat luas, namun keduanya memiliki bidang profesi yang berbeda. Sistem Informasi biasanya dibutuhkan untuk profesi Programmer, Web Designer, System Analyst, Database Designer, dan bagian lain terkait dengan pengembangan perangkat lunak, perancangan sistem informasi, dan desain database.

Sedangkan Teknik Informatika biasanya bekerja pada profesi yang terkait dengan teknik seperti Network Administrator, Staff IT, dan Newtork Maintenance. Lulusan dari program studi ini juga bisa menjadi bagian dari pengembangan proyek artificial intelligence yang mengimplementasikan bahasa pemrograman untuk pada robotika.

12. Kebutuhan Perangkat Praktikum saat Studi

Kalian akan membutuhkan laptop untuk belajar di dua program studi ini. Spesifikasi yang dibutuhkan biasanya akan berbeda. Beberapa bahasa pemrograman tertentu terkadang menuntut kalian untuk memiliki laptop dengan spek yang tinggi. Kapasitas RAM juga biasanya akan mempengaruhi performa laptop kalian saat menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Ketika kalian memiliki laptop dengan fitur yang memadai tentunya kalian akan lebih leluasa saat praktek.

Nah, sekarang kalian sudah tidak bingung lagi ya akan perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Yuk tentukan pilihanmu sekarang untuk berkuliah di bidang IT karena memiliki peluang karir sangat menjanjikan.

September 14, 2020

Penulis: Eka Rahmawati

Memiliki minat di content writer, membuat saya ingin terus berkarya untuk membuat berbagai konten yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *