Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan Lengkap Dengan Arti dan Strukturnya

Contoh Teks Ulasan – Halo Sobat Sekolah!!! Bahasa memiliki banyak gaya, ada yang formal pun ada yang informal begitu juga dengan tulisan yang memiliki banyak jenis.

Dalam dunia literasi, tulisan memiliki berbagai arti dari tiap-tiap jenis ada yang berfungsi untuk menggambarkan suatu objek, ada juga yang berfungsi untuk menjelaskan suatu kejadian, dan ada yang berfungsi untuk menyuarakan suatu pendapat.

Salah satu jenis tulisan ada yang berfungsi untuk mengulas atau menilai suatu karya baik itu buku, gambar, film, lagu, dan masih banyak seni lainnya, yang dinamakan dengan teks ulasan.

Menurut para ahli, yaitu Gerot dan Wignell  ulasan merupakan teks yang memiliki fungsi untuk mengukur, menilai, dan memikirkan kritik mengenai karya atau kejadian yang diulas.

Fungsi lain dari teks tersebut yakni untuk menginterpretasikan suatu karya yang telah dibuat oleh orang lain dengan bahasa kita sendiri. Untuk memahami lebih dalam mengenai teks ulasan, oleh karenanya laman sobatsekolah.com akan mengulas tujuan, ciri-ciri, struktur, jenis dan contoh teks ulasan yang dikutip dari laman bola.com.

Baca Juga : 4 Contoh Teks Eksposisi yang Perlu Sobat Ketahui!

Tujuan Teks Ulasan

Teks Ulasan memiliki beberapa tujuan, diantaranya yaitu :

  • Memberi tahu serta mengajak pembaca untuk ikut merasakan, merenungkan, menilai masalah yang terdapat di dalam suatu karya.
  • Memberikan pertimbangan kepada pembaca sebelum memutuskan untuk menikmati sebuah karya serta layak dinikmati atau tidak.
  • Memberitahukan informasi kepada para pembaca terkait kelebihan dan kekurangan karya yang diresensi atau diulas.
  • Memudahkan pembaca untuk memahami kaitan dari suatu karya terhadap karya lain yang sejenis.
  • Dan masih banyak lagi.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Teks Ulasan terdiri dari beberapa ciri, diantaranya :

  • Strukturnya terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
  • Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk.
  • Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
  • Memiliki nama lain, yaitu resensi.

Baca Juga : Inilah Contoh Teks Negosiasi yang Wajib Sobat Ketahui!!!

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks ulasan terdiri dari beberapa hal, yakni diantaranya:

1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian pertama dari struktur teks ulasan yang menerangkan terkait gambaran umum pada suatu karya yang nantinya akan dibahas. Pada bagian orientasi ini akan memberikan penjelasan terhadap pembaca terkait apa yang nantinya akan dibahas dalam teks ulasan.

2. Tafsiran

Tafsiran merupakan bagian yang berisi penjelasan detail mengenai sebuah karya yang diulas, misalnya berisi tentang bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dan lain-lain.

3. Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang isinya berupa pandangan dari penulis terkait hasil karya yang akan diulas. Evaluasi ini dikerjakan selepas pengulas mengerjakan tafsiran dengan cukup pada hasil karya itu sendiri.

Di bagian evaluasi ini juga akan disebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya itu maupun bagian yang kekurangan dari karya tersebut.

4. Rangkuman

Rangkuman merupakan suatu bagian yang isinya berupa kesimpulan dari ulasan pada sebuah karya. Bagian rangkuman ini juga turut memuat komentar si penulis, apakah hasil karya itu memiliki kualitas bagus atau tidak layak untuk dinikmati.

Baca Juga : Apa Itu Teks Biografi? Simak Arti, Ciri-ciri, Struktur Serta Contohnya Berikut Ini!

Jenis Teks Ulasan

Teks ulasan juga memiliki berbagai jenis, kurang lebih ada 3 jenis yang harus sobat pahami, diantaranya :

1. Teks ulasan informatif

Pada teks ulasan jenis ini merupakan sebuah karya atau produk yang dapat diuraikan dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca. Pada umumnya, jenis teks ulasan hanya memaparkan secara umum gambaran dari suatu karya, yang dapat dinilai dari bahasa yang digunakan, yaitu singkat, padat, dan lugas.

Selain itu, teks ulasan informatif, biasanya berfokus pada kelebihan dan kekurangan suatu karya atau produk, tanpa diulas lebih lengkap lagi.

2. Teks ulasan deskriptif

Objek dari teks ulasan deskriptif biasanya berupa karya sastra. Hal ini disebabkan karya sastra membutuhkan ulasan yang berisi penggambaran sejelas-jelasnya agar dapat dipahami oleh pembaca.

3. Teks ulasan kritis

Kemudian, untuk teks ulasan kritis sendiri yaitu untuk mengkritisi suatu objek tertentu. Jika suatu karya atau produk ingin diberikan suatu kritikan dari pandangan tertentu, teks ulasan inilah yang dimaksud. Dengan catatan, penulis sepenuhnya menggunakan daya analisis secara objektif, bukan subjektif.

Baca Juga : Contoh Teks Argumentasi Beserta Arti, Struktur dan 5 Ciri yang Bisa Sobat Pahami

Contoh Teks Ulasan

Adapun contoh teks ulasan yang dapat sobat baca dan pahami. Mulai dari contoh teks ulasan untuk buku dan film.

  1. Contoh Teks Ulasan Novel
  • Judul Novel : Hujan
  • Penulis : Tere Liye
  • Genre : Drama
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun Terbit : Januari 2006
Contoh Teks Ulasan
Foto : Novel Hujan

Orientasi

Tere Liye, penulis terkenal, merupakan penulis dari novel Hujan ini. Hujan adalah novel sains-fiksi yang mengisahkan seputar keinginan tokoh utamanya, Lail, yang ingin menghapus ingatannya mengenai seseorang. Untuk menghapus memorinya, Lail meminta bantuan seseorang yang bernama Elijah. Ia ingat alasannya ingin menghapus ingatan tersebut dan menceritakannya kepada Elijah.

Tafsiran

Hujan menceritakan Lail, gadis berumur 13 tahun yang kehilangan kedua orang tuanya karena bencana alam. Latar kehidupan di Hujan sendiri berada di masa depan bumi, tepatnya tahun 2042. Saat itu, bencana terjadi di mana-mana dan sebuah letusan gunung berapi membuat bumi hanya menyisakan 10% manusianya. Lail menjadi yatim piatu juga karena bencana alam.

Orang tuanya meninggal dunia saat terjadi bencana yang hebat waktu itu. Bahkan Lail menyaksikan sendiri bagaimana ibunya meninggalkannya karena kejamnya bencana alam itu. Sejak saat itulah Lail mempunyai motivasi yang besar untuk membantu menyelamatkan nyawa orang lain dan mengantarkannya menjadi relawan dan perawat.

Iklim dan cuaca bumi saat itu sudah benar-benar kacau balau. Pasca letusan gunung yang hebat itu, Lail dipertemukan dengan sosok Esok, laki-laki yang pintar dan jenius. Esok juga merupakan pencipta pertama mobil terbang di dunia. Hal ini begitu berbanding terbalik dengan Lail, sosok wanita yang biasa-biasa saja.

Lail diceritakan sebagai perempuan sederhana dengan jiwa sosial yang tinggi. Benar-benar khas tokoh wanita dalam tiap novel-novel Tere Liye. Kepada Esok, Lail menanam perasaan. Tapi, seperti ciri khas seorang laki-laki jenius pada umumnya, Esok begitu sibuk dengan dunianya yang membuatnya tidak selalu bisa bersama Lail.

Bersama Hujan, pembaca akan dibawa ke dunia dan perjalanan Lail di mana ia mendatangai ahli syaraf untuk memodifikasi memorinya. Di zaman itu, hal tersebut tidak mustahil. Teknologi benar-benar menjadi sangat canggih sedemikian rupa hingga ingatan seseorang saja bisa dimodifikasi.

Elijah adalah tokoh yang akan membantu Lail mengarungi kisahnya yang begitu haru membiru. Sebelum akhirnya, Lail memutuskan untuk pindah planet dari bumi.

Evaluasi

Kelebihan Novel

Latar waktu dan tempatnya yang ada di masa depan begitu luar biasa dan di luar bayangan. Pembaca akan dibawa ke dalam dunia Lail dan dikejutkan dengan beberapa plot twist ala Tere Liye yang menjadi salah satu kekuatan utama dari novel ini.

Sebagian besar pembaca benar-benar tidak menyangka dan menyadari berbagai pemutarbalikan alur yang ada di dalamnya. Kemudian, meskipun menggunakan alur campuran, tetapi pembaca tidak akan dibuat kebingungan. Pembawaannya tidak terlalu berat.

Melalui Hujan, pembaca akan diajak merasakan bagaimana rasanya ditimpa masalah, harus melangkah meski begitu berat, dan jatuh cinta. Ada rasa tersendiri ketika rindu tak bisa tersampaikan, dan ada rasa tersendiri juga ketika rindu yang sudah lama ditumpuk akhirnya bertemu juga.

Kekurangan Novel

Beberapa kejadian terkesan terlalu dipaksakan. Misalnya saat terjadi bencana alam yang begitu besar, ternyata masih ada gedung yang bahkan masih utuh dan tidak rusak sama sekali. Hal ini rasanya sulit dinalar karena dengan skala bencana yang begitu besar itu, mustahil masih ada bangunan yang masih kokoh berdiri.

Rangkuman

Novel Hujan memiliki cerita yang unik dan istimewa. Temanya terkesan beda dari kebanyakan novel bergenre drama atau roman. Karena ceritanya tidak hanya sekitar cinta saja, melainkan ada bumbu unsur-unsur sains di dalamnya.

Novel ini juga mengisahkan suatu kepastian yang tidak pasti, dan tentang kabar yang hampir tak pernah dikabarkan. Belum lagi plot twist ala Tere Liye. Kamu pasti akan terbawa hanyut oleh ceritanya. Novel ini cocok dibaca oleh remaja baik yang sedang jatuh cinta maupun yang sedang menjalin hubungan.

Baca Juga : Mau Tahu Contoh Teks Narasi? Yuk, Kenali Dulu Pengertian Beserta Jenis dan 4 Cirinya Berikut Ini

2. Contoh Teks Ulasan Film 

  • Judul Film : Surat Kecil Untuk Tuhan
  • Sutradara : Harris Nizam
  • Penulis Naskah : Beby Hasibuan
  • Produser : Sarjono Sutrisno
  • Tanggal Rilis : 7 Juli 2011
  • Durasi : 100 Menit
  • Distributor : Skylar Pictures
  • Negara : Indonesia
  • Bahasa : Indonesia
  • Pemain :  Dinda Hauw sebagai Gita Sesa Wanda Cantika (Keke), Alex Komang sebagai Joddy Tri Aprianto (Ayah Keke), Ranty Purnamasari sebagai Nandita (Ibu Keke), Egi John Foreistyhe sebagai Chika (Kakak Keke), Dwi Andika sebagai Kiki (Kakak Keke), Esa Sigit sebagai Andy (Pacar Keke), Heri Savalas sebagai Pak Yus (supir Keke)
Teks Ulasan
Foto : Film Surat Kecil Untuk Tuhan

Orientasi

Surat Kecil Untuk Tuhan sejatinya merupakan film biografikan dan drama Indonesia yang diangkat dari novel berjudul sama karya Agnes Davonar. Filmya dirilis pada tanggal 7 Juli tahun 2011. Cerita dalam film ini merupakan kisah nyata yang terjadi di Indonesia.

Menceritakan tentang gadis berusia 13 tahun, bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau yang akrab disapa Keke, mengidap penyakit langka. Penyakit yang diidapnya yakni Rhabdomyosarkoma atau yang lebih dikenal dengan istilah awam kanker jaringan lunak/otot.

Keke sendiri merupakan pasien pertama pengidap penyakit tersebut di indonesia, hal inilah yang membuat kisahnya begitu haru. Penasaran? Berikut contoh teks ulasannya.

Tafsiran

Sebelum penyakit mematikan itu menyerang, Keke adalah gadis yang beruntung. Ia hidup di tengah-tengah keluarga berada, kedua orang tua yang sangat menyayanginya meskipun telah bercerai, dua kakak laki-laki yang baik, kehadiran pak Yus, supir dan ajudan sang ayah.Tak hanya itu, Keke juga diselimuti oleh enam teman dekat yang senantiasa menemaninya. Hidupnya juga semakin sempurna dengan hadirnya Andy, kekasih yang sangat mencintai dan menyayanginya.

Tapi, di tahun 2003, kanker mematikan bernama Rhabdomyosarkoma datang menyerang Keke. Saat itu, ia dinyatakan sebagai orang pertama yang mengidap kanker tersebut. Sejak saat itu, Keke terpaksa harus menjalani sejumlah kemoterapi dan radiasi, berlangsung kurang lebih setahun lamanya. Ini mngakibatkan rambutnya mulai rontok sedikit demi sedikit sampai habis.

Kulitnya juga mulai mengering dan ia sering mengalami mual-mual. Akhirnya, perjuangan Keke dan keluarga berbuah hasil. Ia dinyatakan sembuh dan bisa beraktivitas seperti semula. Akan tetapi, setahun kemudian, di 2004 “monster” yang sama menghinggapinya lagi. Kini, datang dengan lebih parah. Semua rumah sakit menolak merawat Keke dan ratusan dokter bahkan memprediksi hidupnya tidak akan bertahan lebih dari tiga bulan.

Meski begitu, ia dan ayahnya tidak menyerah. Keke berhasil untuk terus bertahan dalam kurun waktu lebih dari setahun. Sebelum akhirnya ia terpaksa harus menerima kenyataan kankernya sudah terlalu menyebar. Tanggal 25 Desember 2006, Keke dinyatakan meninggal dunia.

Evaluasi

Kelebihan Film

Film ini merupakan berdasarkan pada novel dan kisah nyata yang membuatnya begitu menyentuh. Melalui Surat Kecil Untuk Tuhan, penonton juga akan mendapatkan pelajaran tentang tabah dan keikhlasana untuk menerima segala cobaan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kekurangan Film

Sementara itu, beberapa adegan masih dirasa kurang menarik, ada juga yang agak sulit dimengerti. Beberapa penonton mungkin juga salah mentafsirkan kata-kata kiasan yang ada di dalam film.

Rangkuman

Dari tema yang diangkat dan isinya, film Surat Kecil Untuk Tuhan bisa ditonton untuk semua kalangan. Filmnya mengandung banyak nilai religi dan pesan moral yang menyampaikan pesan sarat akan makna. Hidup dan mati seseorang sesungguhnya sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Untuk itu, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya dan jangan menyerah terhadap segala cobaan yang datang.

 

 

 

 

 

10 September 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *