Teks Negosiasi

Inilah Contoh Teks Negosiasi yang Wajib Sobat Ketahui!!!

Teks Negosiasi- Halo Sobat Sekolah!!! Waktu itu pernah dibahas beberapa contoh teks di laman sobatsekolah.com  di mulai dari Teks EksposisiTeks ArgumentasiTeks Biografi, hingga Teks Narasi.  Nah, pada kesempatan kali ini ijinkan kami sebagai penulis di laman sobatsekolah untuk mengulas sedikit mengenai Teks Negosiasi.

Negosiasi merupakan teks yang memiliki fungsi untuk mencapai kesepakatan bersama di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan berbeda. Negosiasi juga dapat diartikan sebagai proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara pihak yang satu dengan pihak yang lain, baik itu kelompok maupun organisasi.

Adapun contoh yang dapat diterapkan dalam proses pembuatan negosiasi ialah proses tawar menawar dalam jual beli barang di pasar. Tak, hanya itu teks tersebut juga dapat diterapkan di banyak aktivitas sehari-hari.

Nah, teruntuk sobat sekolah yang masih awam dalam bentuk teks negosiasi, maka disinilah sobat akan menjadi tahu bagaimana bentuk, ciri-ciri, serta contoh yang ada pada teks tersebut.

Baca Juga : 4 Contoh Teks Eksposisi yang Perlu Sobat Ketahui!

Struktur Teks Negosiasi

1. Orientasi

Pada tahapan ini merupakan awal dari negosiasi. Orientasi dapat berisi salam, sapaan, maupun pertanyaan awal yang akan didiskusikan.

2. Pengajuan

Tahapan yang kedua ini merupakan inisiasi dri satu pihak yang mana pihak ini memiliki maksud untuk mencapai suatu keinginan kepada pihak lain.

3. Penawaran

Tahapan ini merupakan inti dari negosiasi yang muncul karena adanya proses pengajuan. Tahapan penawaran merupakan poin penting dari negosiasi akibat terjadinya ketidaksetujuan dari sebelah pihak pada proses pengajuan. Kedua pihak akan saling bernegosiasi (tawar-menawar) yang didasari oleh perbedaan masing-masing. Penawaran bisa terjadi dengan cepat maupun lambat tergantung pada kompromi yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

4. Persetujuan

Jika proses penawaran telah selesai dan masing-masing pihak telah menyetujui dari proses tawar-menawar yang telah diajukan maka masuk pada tahapan persetujuan. Tahapan ini merupakan hasil dari negosiasi dimana antara kedua pihak tersebut tidak terdapat paksaan dalam menyepakati proses tawar menawar.

5. Penutup

Tahapan terakhir ialah penutup, kedua belah pihak saling mengucapkan terima kasih dan juga salam untuk mengakhiri diskusi.

Baca Juga : Contoh Teks Argumentasi Beserta Arti, Struktur dan 5 Ciri yang Bisa Sobat Pahami

Contoh Teks Negosiasi

Berikut ini merupakan contoh dari teks negosiasi yang dapat sobat pahami, gambaran dari contoh yang terjadi ialah proses jual-beli barang di Pasar.

1. Orientasi (Contoh dari tahapan orientasi)

Penjual: Selamat siang.
Kurniawan: Selamat siang.
Penjual: Mau beli apa, Mas?
Kurniawan: Saya mau beli gamis untuk istri saya, Mbak.
Penjual: Cari yang model bagaimana, Mas?

2. Pengajuan (Contoh dari tahapan pengajuan)

Kurniawan : Model biasa saja, Mbak. Kalau yang biru ini berapa harganya?
Penjual : Rp. 200.000,-
Kurniawan : Wah, mahal juga ya Mbak, kalau Rp. 100.000,0 bagaimana?

3. Penawaran ( Contoh dari tahapan penawaran)

Penjual : Tidak bisa, Mas. Bahannya bagus dan tidak mudah kusut Mas. 
Kurniawan : Jadi tidak bisa kurang, Mbak?
Penjual : Rp. 160.000,- bisa, Mas.
Kurniawan : Rp. 140.000,- bagaimana, Mbak?
Penjual : Wah tidak bisa kurang lagi Mas.
4. Persetujuan (Contoh dari tahapan persetujuan)
Kurniawan : Oke deh, saya ambil gamis birunya Rp. 160.000,-. Ini uangnya ya Mbak.

5. Penutup (Contoh dari tahapan penawaran)

Penjual : Baik, Terima kasih banyak, Mas.
Kurniawan : Iya sama-sama, Mbak

 

Nah, itulah tadi pengertian, struktur serta contoh yang dapat sobat pelajari. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menjadikan bahan untuk menambah wawasan. Tetap semangat yaaa ^_^

22 Juli 2021
5

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

5 comments on “Inilah Contoh Teks Negosiasi yang Wajib Sobat Ketahui!!!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *