Teks Biografi

Apa Itu Teks Biografi? Simak Arti, Ciri-ciri, Struktur Serta Contohnya Berikut Ini!

Teks Biografi- Hallo sobat sekolah!!! Adakah yang tau apakah itu Teks Biografi? Apakah kalian pernah mendapatkan materi tentang Biografi di sekolahnya? Jika pernah, tau kah arti dari teks tersebut?. Jika belum tahu, tenang saja, bahwa disini kita akan mengulas materi dari teks berikut lengkap dengan contohnya.

Baca Juga : Mau Tahu Contoh Teks Narasi? Yuk, Kenali Dulu Pengertian Beserta Jenis dan 4 Cirinya Berikut Ini

Teks Biografi
Foto : Teks Biografi

Pengertian Teks Biografi

Teks Biografi, ialah teks yang berisikan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Dengan berisikan sejarah hidup seseorang dimulai dari lahir, pengalaman hingga karir yang telah dicapai. Biografi umumnya, mengulas kisah orang-orang terkenal seperti artist/aktor, musisi, penyanyi, bahkan pejabat pemerintah seperti Presiden.

Tujuan dari tulisan biografi yaitu, agar dijadikan bahan edukasi untuk menambah wawasan bagi orang yang membacanya. Serta, dapat dijadikan bentuk motivasi supaya pembaca terinspirasi dari biografi seseorang.

Ciri-ciri Teks Biografi

Adapun ciri-ciri dari Biografi, yang sobatsekolah.com rangkum dan dilansir dari laman web bola.com dimana ciri-cirinya yaitu :

  1. Berisi kisah hidup seseorang.
  2. Menggunakan beberapa unsur kebahasaan seperti kata hubung, kata rujukan, kata kerja, waktu, aktivitas dan tempat.
  3. Biografi dapat berisi cerita fiksi maupun non-fiksi.
  4. Biografi disajikan mengikuti pola yang didasarkan pada alur cerita, seperti sudut pandang  penceritaan, gaya penulisan, fokus penceritaan dan penggunaan bahasa.
  5. Biografi dapat dikembangkan secara naratif dan deskriptif.
  6. Karakter yang terdapat pada biografi digambarkan secara langsung ataupun tidak langsung.
  7.  Pola dikembangkan secara kronologis.

Struktur Biografi

1. Orientasi

Berisi gambaran awal pelaku di dalam biografi. Orientasi juga berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya. Dan, Informasi yang dimaksud dapat berupa siapa, kapan, dimana dan bagaimana akan suatu kejadian terjadi.

2. Kejadian atau Peristiwa Penting

Berisikan suatu cerita yang disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu, meliputi peristiwa-peristiwa utama yang dialami oleh sang tokoh pada biografi tersebut. Pada bagian ini, menceritakan hal yang menarik, mengesankan dan mengagumkan yang dialami oleh tokoh.

3. Reorientasi

Berisi komentar atau pernyataan mengenai rangkaian peristiwa serta pandangan penulis yang sebelumnya pernah terjadi atupun yang baru terjadi. Sifat dari reorientasi ini bersifat opsional, yang mana hal ini boleh ada di biografi tersebut ataupun tidak.

Baca Juga : Mau Tahu 10 Jurusan Terpopuler di Tahun 2021? Yuk, Simak Ulasannya!

Contoh Teks Biografi

BJ Habibie

Teks Biografi
Foto : BJ. Habibie

Orientasi

BJ Habibie lahir pada 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Presiden ketiga Indonesia ini memiliki nama lengkap Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ketujuh. Ibunda Habibie berasal dari Jawa, sedangkan ayahnya asal Pare-Pare. Beliau memiliki kecerdasan pada ilmu teknologi dan pengetahuan, terutama fisika, semenjak masih kecil.

Peristiwa Penting

Beliau kuliah Teknik Mesin di ITB atau Institut Teknologi Bandung selama enam bulan, kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Jerman pada 1955 di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule. Kuliahnya dibiayai ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardoyo. Butuh waktu 10 tahun Habibie muda menuntaskankan studi S-1 sampai S-3 di Aachen, Jerman. Tak seperti kebanyakan mahasiswa Indonesia yang memperoleh beasiswa ke luar negeri, selama kuliah S1 dan S2, yang membiayai kuliahnya adalah Ibundanya, di mana ibu Habibie menjalankan usaha katering dan menyewa rumah di Bandung sebagai penghasilan untuk hidup dan membayar biaya kuliah Habibie.

Selama beliau kuliah di Jerman, Habibie menekuni dan mengeluti bidang desain dan konstruksi pesawat terbang di Fakultas Teknik Mesin. Butuh waktu lima tahun untuk mengakhiri studi di Jerman, Habibie pun memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik dengan predikat terbaik atau summa cumlaude.

Reorientasi

Setelah beliau menikahi teman semasa SMA-nya, yakni Ibu Hasri Ainun Besari pada 1962, lalu Habibie melanjutkan program doktoral dan dengan istrinya yang tinggal bersamanya di Jerman. Pada saat itu Habibie harus bekerja untuk membayar uang kuliah dan biaya kebutuhan rumah tangga. Semasa hidupnya beliau telah berkontribusi banyak bagi negara ini, membuat pesawat terbang RI pertama.

16 Juni 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *