Contoh Teks Argumentasi

Contoh Teks Argumentasi Beserta Arti, Struktur dan 5 Ciri yang Bisa Sobat Pahami

Contoh Teks Argumentasi-  Hallo Sobat Sekolah!!! Apakah kalian pernah tahu apakah Teks Argumentasi itu? Dan apakah kalian tau perbedaan contoh teks argumentasi dengan contoh teks yang lain seperti teks persuasi, prosedur, deskripsi  dan teks lainnya?

Teks Argumentasi ialah salah satu jenis teks yang berisi paragraf dan memiliki tujuan untuk meyakinkan atau membujuk para pembaca supaya memiliki pemikiran yang sama dengan penulis. Dalam teks argumentasi dapat berupa penjelasan, bukti, alasan ,ulasan dan tujuan yang disampaikan oleh sang Penulis.

Ide pokok dalam teks argumentasi berisikan pendapat, ide, atau gagasan penulis. Kemudian, ide pokok tersebut diperluas dengan menyertakan ulasan pendapat yang dilengkapi dengan fakta aktual agar dapat memperkuat teks yang sudah dibuat.

Contoh Teks Argumentasi
Foto : Paragraf Argumentasi

Nah, bagaimana sobat apakah cukup jelas pengertian dari Teks Argumentasi di atas? selain pengertian dari teks argumentasi yang sudah sobatsekolah.com rangkum dari beberapa sumber artikel lain. Disini, kami juga akan menjelaskan sedikit mengenai struktur, 5 ciri dan contoh teks argumentasi. Yuk, sobat disimak baik-baik ya ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Apa Itu Teks Biografi? Simak Arti, Ciri-ciri, Struktur Serta Contohnya Berikut Ini!

Struktur Teks Argumentasi

Teks Argumentasi memiliki tiga struktur yang terdapat dalam paragraf argumentasi. Diantaranya, pendahuluan, tubuh argumen dan kesimpulan. Dalam paragraf  argumentasi tidak hanya mencakup tiga paragraf saja melainkan dapat melebihi tiga paragraf. Dimana dari tiap-tiap paragraf yang terdapat pada teks argumentasi dapat mewakili struktur dari teks argumentasi.

  1. Bagian Pendahuluan, memiliki tujuan untuk menarik perhatian, memusatkan perhatian atau menunjukkan alasan argumen dikemukakan kepada para pembaca, agar pembaca merasa terbujuk dari paragraf yang penulis buat.
  2. Bagian Tubuh Argumen, memiliki tujuan untuk membuktikan kebenaran yang akan disampaikan. Kebenaran yang disampaikan harus dapat dianalisis, disusun dan disajikan dengan melakukan observasi, eksperimen dan menyusun fakta yang ada.
  3. Bagian Kesimpulan, memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa kebenaran yang disampaikan kepada pembaca memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.

Ciri Teks Argumentasi

  1. Berisikan gagasan, ide, pandangan serta pendapat penulis.
  2. Disertai alasan logis, fakta atau peristiwa yang terjadi, serta beberapa sumber seperti data, grafik, gambar dan hal lainnya yang dapat diterima oleh nalar.
  3. Disampaikan secara analisis dan analogi.
  4. Bersifat non-fiksi.
  5. Berakhir dengan kesimpulan.

Baca Juga : Mau Tahu Contoh Teks Narasi? Yuk, Kenali Dulu Pengertian Beserta Jenis dan 4 Cirinya Berikut Ini

Contoh Teks Argumentasi

Berikut ialah contoh teks argumentasi yang dapat sobat pahami.

Bijak Dalam Menggunakan Sosial Media

Contoh Teks Argumentasi
Foto : Sosial Media

Pendahuluan

Revolusi Industri 4.0 atau yang biasa juga disebut dengan era digitalisasi menawarkan cara yang berbeda di banyak hal, seperti cara berkomunikasi, bisnis, pemasaran, dan lain sebagainya. Salah satu perubahan besar yang terjadi adalah cara berkomunikasi. Masyarakat mulai banyak yang melirik sosial media sebagai tempat untuk berkomunikasi. Tidak hanya itu, mereka juga dengan senang hati membagikan kehidupan pribadinya melalui sosial media.

Tubuh Argumen

Sosial media memang menawarkan banyak hiburan kepada para penggunanya. Mereka dapat saling berbagi foto, keluhan, berita gembira, berita bahagia, bahkan sosial media juga dapat digunakan sebagai tempat berjualan. Sosial media seakan menawarkan banyak kesenangan bagi  pengguna.

Sayangnya, anggapan tentang sosial media itu tidak selalu tepat. Banyak orang depresi dikarenakan sosial media. Hal ini dikarenakan kehidupan orang lain di sosial media terlihat sangat indah. Ini membuat seseorang dengan kehidupan biasa saja akan merasa depresi melihat kehidupan orang lain yang selalu indah. Pada kenyataannya, mereka hanya menampilkan kondisi yang menyenangkan saja. Karena setiap kehidupan seseorang itu pasti tidak akan selamanya indah.

Selain itu, ada banyak data berharga yang perlu dilindungi dapat diperoleh dengan mudah dari sosial media. Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang, data dari pengguna dapat dibisniskan sehingga dapat menguntungkan satu pihak.

Di samping itu, sosial media juga menawarkan banyak manfaat. Contohnya adalah mudahnya menjalin komunikasi dengan kerabat yang tinggal sangat jauh. Fungsi lainnya adalah sosial media dapat menjalin hubungan dengan teman lama.

Kesimpulan

Pada intinya, hidup berdampingan dengan sosial media itu ada nilai baik dan buruk. Hal ini kita kembalikan lagi ke diri masing-masing. Penggunaan sosial media yang baik akan mendatangkan manfaat bagi penggunanya. Sebaliknya, terlalu berlebihan dan tidak dapat menggunakan sosial media dengan baik tentu akan mendatangkan kerugian bagi penggunanya.

Sekian ulasan tentang teks argumentasi yang meliputi pembahasan pengertian teks argumentasi, struktur teks argumentasi, ciri-ciri teks argumentasi, dan contoh teks argumentasi.

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan mengenai arti, struktur, ciri dan contoh teks argumentasi. Semoga dengan ini, kalian dapat menjadi tahu perbedaan dari beberapa jenis teks yang ada. Tetap semangat ya Sobat Sekolah.

21 Juni 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *