Jumat, September 23, 2022

7 Jenis Hormon pada Tubuh Manusia, Sobat Sekolah Wajib Tahu!!!

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah – Dalam tubuh manusia, bukan hanya terdapat daging, tulang, otot dan organ penting lainnya. Melainkan, pada tubuh manusia, juga memiliki berbagai jenis hormon yang fungsinya untuk menjaga stabilitas tubuh serta mengendalikan semua fungsi tubuh.

Tak hanya itu, hormon pada tubuh manusia juga merupakan salah satu zat kimia yang dibentuk dari kelenjar endokrin dan dibawa melalui aliran darah agar memengaruhi kinerja sel, jaringan atau organ tubuh manusia.

Baca Juga  : Macam-Macam Jenis Tulang pada Manusia Beserta Fungsinya & Materi Biologi Kelas 8 SMP

Kelenjar endokrin terbagi menjadi tujuh macam yaitu hipofisis (pituitari), tiroid, paratiroid, adrenal, pankreas, gonad, dan timus. Melalui sistem endokrin, tubuh dapat memproduksi beragam hormon yang sangat penting untuk kelangsungan hidup.

7 Jenis hormon pada tubuh manusia

Berikut merupakan jenis hormon dan fungsinya yang perlu sobat ketahui :

1. Hormon Tiroid

Hormon satu ini terdiri dari dua jenis hormon lainnya yaitu, hormon tiroksin dan triiodothyronine memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme pada tubuh.

2. Hormon Paratiroid

Kemudian, hormon yang kedua ialah hormon paratiroid, hormon ini berperan penting dalam mengatur kadar kalsium dalam darah.

Saat kalsium darah rendah, hormon paratiroid inilah yang akan meningkatkan pelepasan mineral kalsium dari tulang sambil meningkatkan penyerapan mineral pada usus dan ginjal.

Oleh karenanya, gangguanhormon paratiroid bisa memicu kejang otot. Saat memengaruhi otot pernapasan, maka bisa timbul gagal napas yang mungkin berujung pada kematian.

3. Hormon Kortisol

Hormon kortisol atau yang biasa disebut dengan hormon stress ini, kerap kali dikeluarkan saat tubuh sedang beradalam dalam keadaan stress.

Fungsi hormon ini sangat penting dalam menjaga metabolisme tubuh, sebab kehadirannya dapat meningkatkan pemecahan cadangan makanan dalam tubuh.

Hal ini menjadikan kadar gula darah, lemak, dan asam amino meningkat dalam darah karena tubuh membutuhkannya sebagai sumber energi dalam keadaan stres.

Baca Juga : Kehidupan Manusia yang Terbagi Dalam Ruang dan Waktu

4. Hormon Pertumbuhan

Hormon pada tubuh manusia ini, biasanya diproduksi oleh kelenjar pituitari di otak. Hormon pertumbuhan ini, sangat berperan penting dalam tubuh manusia, sebab dapat mendorong pertumbuhan pada anak-anak hingga remaja.

Sementara itu, pada orang dewasa, hormon pertumbuhan dapat berperan dalam menjaga metabolisme tubuh.

5. Hormon Reproduksi

Hormon pada tubuh manusia ke lima ialah hormon reproduksi, hormon ini mempengaruhi fungsi seksual dan kesuburan, terdapat 3 jenis hormon yang penting dalam reproduksi, yakni testosteron pada pria serta estrogen dan progesteron pada wanita.

6. Hormon Aldosteron

Aldosteron merupakan yang memiliki kelenjar adrenal,  memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan ion natrium (garam) dan kalium tubuh.

Pengeluaran hormon ini terjadi saat kadar natrium dalam darah berkurang, sedangkan kadar kalium darah lebih tinggi. Hormon ini akan memerintahkan ginjal untuk menyerap kembali natrium dan membuang kelebihan kalium ke dalam urine.

7. Hormon Insulin

Hormon pada tubuh manusia terakhir ialah hormon insulin, hormon ini diproduksi oleh beta pankreas, saat kadar zat gizi tertentu dalam aliran darah, seperti gula, lemak, dan asam amino, meningkat.

Fungsi hormon insulin dalam tubuh yaitu bertugas untuk menurunkan kadar gula darah, asam lemak bebas, dan asam amino, serta membantu penyimpanannya.

Dengan adanya insulin, hormon pada tubuh manusia akan menggunakan gula sebagai sumber energi.

Namun, insulin yang terlalu rendah atau tidak ada sama sekali menyebabkan gula darah tinggi (hiperglikemia). Inilah yang menyebabkan penyakit diabetes melitus alias kencing manis.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Seminar Berskala Nasional Bersama IEEE WIE

Sobat Sekolah, Depok - Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan seminar berskala nasional bekerja sama dengan IEEE (Institute of Electrical...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -