Minggu, Agustus 14, 2022

Macam-Macam Jenis Tulang pada Manusia Beserta Fungsinya – Materi Biologi Kelas 8 SMP

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Bentuk dan Jenis Tulang – Tulang merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki tekstur keras dan bersifat kuat. Tulang memiliki fungsi sebagai penopang tubuh, melindungi organ terpenting dalam tubuh serta menyimpan dan melepaskan lemak. 

Selain itu, tulang juga berfungsi untuk memproduksi sel darah, menyimpan dan melepaskan mineral. Bicara soal tulang, khususnya tulang manusia, tidak hanya satu jenis saja. Ada banyak tulang yang perlu sobat ketahui dan pelajari. Berikut jenis-jenis tulang serta fungsinya. 

Baca Juga : Pembahasan 3 : Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup – Materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7

4 Jenis Tulang dan Fungsinya

Melansir dari laman bobo.com, tulang terdiri dari 4 jenis, diantaranya tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, tulang tak beraturan atau tulang lainnya.

1. Tulang Pipih

Jenis Tulang
Foto : Tulang Pipih

Jenis tulang pertama, yaitu tulang pipih. Seperti namanya, bentuk dari tulang pipih berbentuk pipih dan sedikit agak cekung. Tulang pipih ini berfungsi sebagai tempat menempelnya otot dan menjaga organ penting di dalam tubuh, contohnya seperti ginjal.

2. Tulang Pipa

Jenis Tulang
Foto : Tulang Pipa

Tulang pipa memiliki bentuk panjang dan bulat layaknya pipa. Tulang ini, biasanya terdapat pada lengan atas. lengan bawah, tulang hasta dan tulang pengumpil. Sedangkan di kaki, terdapat tulang paha, tulang kering, dan tulang betis.

3. Tulang Pendek

Jenis Tulang
Foto : Tulang Pendek

Tulang pendek memiliki fungsi sebagai batas keseimbangan dan melakukan beberapa gerakan terbatas, tulang ini berbentuk seperti kubus. Tulang pendek terdapat pada pergelangan tangan dan kaki.

4. Tulang Tak Beraturan

Jenis Tulang
Foto : Tulang Tak Beraturan

Jenis tulang terakhir, merupakan jenis tulang yang bentuknya tidak beraturan. Tulang tidak beraturan ini terdapat pada wajah dan di area belakang tubuh/tulang belakang. Fungsinya untuk menjaga dan melindungi syaraf yang terdapat pada tulang belakang.

Nah, itulah tadi 4 jenis tulang seta fungsinya yang harus sobat ketahui. Semoga dengan ini, bisa menambah wawasanmu ya sobat.

 

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Yuk Ikuti Virtual Open House Nusa Mandiri, Agar Bisa Lebih Dekat Dengan FTI

SobatSekolah.com, Jakarta — Hallo Sobat Sekolah!!! Dalam rangka membangun masyarakat yang cerdas dan berwawasan di bidang ilmu komputer yang berkualitas,...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -