Jumat, September 23, 2022

Materi Fisika Kelas 7 : Kenali, Ciri-ciri Planet di Tata Surya Dari Merkurius – Neptunus

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Ciri-Ciri Planet – Halo Sobat Sekolah!!!! Tata surya merupakan kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Bicara soal tata surya, pada jenjang Sekolah Dasar (SD) pastinya, sobat pernah mempelajari salah satu benda di dalam tata surya, yaitu Planet.

Planet menjadi salah satu benda langit yang sangat memiliki peran penting, yang mengelilingi matahari. Kini, setelah pluto keluar dari peredaran planet karena dinilai memiliki ukuran yang minim, saat ini planet hanya berjumlah 8, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Dari 8 planet yang beredar di Galaksi Bimasakti, memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya sehingga dapat kita pelajari bersama.

Ciri-ciri Planet

Melansir dari laman detik.com, bahwa planet memiliki perbedaan dari planet satu dan lainnya, termasuk Bumi yang kita tempati ini. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait ciri-ciri dari planet, simak ulasannya berikut ini.

1. Planet Merkurius

Diawali dengan planet merkurius, planet ini merupakan planet yang terdekat dari Matahari. Sehingga, ciri-ciri planet merkurius memiliki permukaan yang cukup panas, di siang hari suhunya mencapai 400 derajat celcius, tapi saat malam turun hingga 180 derajat celcius.

Meskipun, Merkurius merupakan planet terkecil di tata surya, planet satu ini memiliki berat yang hampir serupa dengan berat bumi dengan diameter 4.879 km. Merkurius memiliki jarak rata-rata dari Matahari 57,9 juta km dengan kala rotasi 58,65 hari Kala revolusi 88 hari.
/detik.

2. Planet Venus

Kemudian ciri-ciri planet kedua, venus. Sering disebut  sebagai planet kejora, karena dapat dilihat dengan mata telanjang, planet tersebut dapat dilihat ketika senja. Venus menjadi salah-satu planet terpanas di tata surya yang suhunya mencapai lebih dari 470 derajat celcius. Venus satu-satunya planet yang berputar searah dengan jarum jam. Diameternya yaitu 12.104 km, dengan jarak rata-rata dan matahari 108,2 juta km.

Baca Juga : Pembahasan 2 : Struktur Makhluk Hidup – Materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7

3. Planet Bumi

Planet Bumi merupakan planet yang dapat ditempati makhluk hidup seperti Manusia, Hewan dan Tumbuhan. Pasalnya, suhu pada planet bumi relatif tetap, sehingga suhu tersebut yang terus menjaga tersedianya air dan menjaga organisme penghasil oksigen hidup.

Ciri-ciri Planet Bumi yaitu permukaan Bumi diisi lebih dari 70% sedangkan sisanya adalah daratan. Atmosfer Bumi memiliki tebal mencapai 700 km yang sebagian besarnya meliputi nitrogen dan oksigen. Diameter Bumi yaitu 12.756,3 km dengan jarak rata-rata dari Matahari 149, 6 juta km.

Kala rotasi Bumi yaitu 23 jam 57 menit sedangkan kala revolusinya 365, 242 hari. Suhu rata-rata di Bumi 15 derajat celcius. Bumi memiliki satu satelit alami yaitu bulan.

4. Planet Mars

Mars merupakan nama dewa perang dan legenda dari bangsa Romawi. Sebutan Mars adalah planet merah. Ciri-ciri planet Mars di antaranya Permukaannya terdiri dari gunung-gunung berapi, lembah, lapisan es, dan sungai yang kering.

Mars memiliki dua buah satelit yang kecil yang diberi nama Phobos dan Deimos. Diameter planet mars bekisar 6.794 km dengan jarak rata-rata dari Matahari 227,9 juta km. Mars memiliki kala rotasi 9 jam 56 menit dan kala revolusi 11 tahun 10 bulan 3 hari. Sementara rata-rata suhunya mencapai -65 derajat celcius.

5. Planet Jupiter

Planet Jupiter atau dikenal juga dengan planet Zeus. Istilah itu diambil dari nama raja dewa Yunani Kuno. Planet Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Bahkan diameter planet ini mencapai 11 kali diameter Bumi dengan berat sekitar dua kali jumlah berat seluruh planet dalam tata surya.

Ciri-ciri planet Jupiter yakni permukaannya dilapisi awan tebal yang terbentuk dari 10 persen gas helium dan 90 persen hidrogen. Diameter nya yaitu 139.822 km dengan jarak rata-rata dari Matahari 778,3 juta km. Sementara kala rotasinya 10 jam 40 menit dan kala revolusi 29, 42 tahun.

Memiliki suhu rata-rata sekitar 50 derajat celcius. Jupiter mempunyai jumlah sebanyak 16 satelit dan memiliki cincin. Jupiter dapat memantulkan 70 persen cahaya dari matahari hingga ke permukaannya.

6. Planet Saturnus

Sebagian besar penyusun planet Saturnus adalah hidrogen dan helium. Di planet itu, anginnya sangat kencang bahkan melebihi badai di bumi. Angin tersebut berputar tanpa henti di ekuator dengan kecepatan 1.100 km/jam.

Baca Juga : Pembahasan 1 : Mengenal Ciri-ciri Makhluk Hidup – Materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7

Ciri-ciri planet Saturnus yaitu memiliki diameter 120.536 km dengan jarak rata-rata dari Matahari 1433,5 juta km. Kala rotasi 10 jam 40 menit, sedangkan kala revolusi 29,42 tahun. Di Saturnus, suhu rata-ratanya mencapai -140 derajat celcius.

Planet ini memiliki 18 satelit dan memiliki cincin yang terdiri atas batu dan bongkahan es. Permukaannya terdiri atas kristal es hingga mampu mengapung jika ditempatkan dalam air.

7. Planet Uranus

Uranus adalah planet ketujuh dari matahari dengan jarak sekitar 2.872 km. Hal ini membuat salah satu ciri-ciri planet Uranus yakni dapat melakukan satu kali revolusi yang diperlukan waktu hampir 84 tahun.

Permukaan Uranus sangat dingin karena jauh dari Matahari. Di musim panas, sinar matahari di Uranus dapat diterima selama 20 tahun lamanya. Sementara di musim dingin, Uranus diselimuti kegelapan menyelimuti selama lebih dari 20 tahun.

Di musim gugur, matahari terbit dan terbenam selama setiap 9 jam. Planet Uranus berdiameter 50.724 km. Kala rotasinya yaitu 17 jam 14 menit dan kala revolusi 84 tahun. Suhu rata-rata di Uranus yaitu -140 derajat celcius.

Uranus memiliki 27 satelit dan memiliki cincin. Warnanya hijau kebiruan yang diperoleh dari atmosfer metana yang tebal. Sumbu rotasi uranus berimpit dengan bidang orbit; kutub utara dan kutub selatan bergantian tempat menghadap matahari.

8. Planet Neptunus

Planet Neptunus memiliki diameter mencapai 50.500 km dengan jarak ke matahari kurang lebih dari 4.500 juta km. Kala rotasinya yaitu 16 jam 7 menit dan kala revolusinya adalah 164,8 tahun.

Neptunus pertama kali ditemukan 65 tahun setelah Uranus ditemukan. Ciri-ciri planet Neptunus yaitu warnanya cerah biru kehijauan, sering dijuluki pembuat ulah karena seringkali beredar di luar garis orbit. Selain itu Neptunus juga dikenal sebagai kembaran planet Uranus.

Atmosfer di planet ini terdiri dari 80% hidrogen, 19% helium, dan 1,5% metana. Permukaannya diselimuti lapisan es yang sangat tebal. Suhu di permukaan mencapai kira-kira -223 derajat celcius. Neptunus memiliki 14 satelit dan memiliki cincin.

 

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Seminar Berskala Nasional Bersama IEEE WIE

Sobat Sekolah, Depok - Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan seminar berskala nasional bekerja sama dengan IEEE (Institute of Electrical...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -