Lanjut Kuliah Atau Kerja

Bingung Setelah Lulus SMA Ingin Lanjut Kuliah Atau Kerja? Yuk, Temukan Solusinya Disini

Lanjut Kuliah Atau Kerja? Yuk, Temukan Solusinya Disini – Halo sobat sekolah!!! Setelah lulus sekolah, sobat sekolah masih bingung ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bekerja untuk bisa membantu perekonomian keluarga. Memang, melanjutkan ke bangku kuliah harus memikirkan beberapa hal yang mesti dipertimbangkan terlebih dahulu, misalnya uang kuliah ataupun yang lainnya.

Lanjut Kuliah
Foto : Bingung Pilih Kerja atau Kuliah

Dengan banyaknya hal yang harus dipertimbangkan antara ingin lanjut kuliah atau kerja, maka tak heran jika banyak siswa dan siswi yang sudah lulus dari tingkat SMA/SMK/MA sederajat harus memendam cita-citanya untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Karena dengan keterbatasan ekonomi ataupun masalah lainnya  yang membuat siswa dan siswi tersebut ragu untuk mengambil suatu keputusan untuk menentukan masa depan.

Nah, teruntuk kalian sobat yang ingin membuat masa depan kalian lebih terarah di laman sobatsekolah.com akan mengulas beberapa hal, supaya sobat tidak bimbang dalam mentukan pilihan.

Sebelum itu, saya akan menjelaskan perbandingan antara memilih kerja atau melanjutkan kuliah.

Baca Juga : 7 Tips Cermat Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah

Perbandingan Kerja VS Kuliah Setelah Lulus Dari SMA/SMK/MA Sederajat

A. Kerja

  • Memiliki Penghasilan Sendiri
  • Sudah Mandiri Dalam Segi Materi
  • Jenjang Karir Terbatas dan Tidak Sebaik Dari Lulusan S1

B.Kuliah

  • Banyak Beban Yang Harus di Keluarkan
  • Masih Bergantung Dengan Orang Tua
  • Jenjang Karir Terbuka Lebar dan Lebih Jelas

Nah, itulah beberapa perbedaan dari Kuliah Vs Kerja, yang bisa kamu lihat dan mungkin bisa dipahami sobat. Untuk, sobat yang ingin lanjut kuliah tapi tidak memiliki cukup dana untuk meneruskan study. Tunggu dulu sobat disini, juga akan dipaparkan solusi untuk kalian yang berminat untuk berkuliah tapi dana yang dimiliki tak cukup.

Solusi Untuk Sobat Yang Ingin Lanjut Kuliah Tapi Minim Dana

1. Bekerja sambil Kuliah

Lanjut Kuliah
Foto : Bekerja Sambil Kuliah

Jika sobat ingin kuliah tanpa ingin membebani orang tua, sobat bisa mengatasinya dengan kuliah sambil bekerja. Dan Jika memang masih bimbang untuk memulainya, disini ada beberapa tips hebat kuliah sambil bekerja :

  • Pilih pekerjaan yang waktunya fleksibel, sehingga waktu kuliah sama bekerja Sobat tidak bertabrakan dan akhirnya menyusahkan diri sendiri. Carilah pekerjaan, seperti bekerja secara part time atau menjadi freelancer.
  • Jika tidak sanggup mengikuti kelas perkuliahan jam reguler kamu bisa memilih kelas untuk karyawan, agar bisa lebih mudah mengatur waktu antara bekerja dan kuliah.
  • Upayakan pilih jurusan sesuai dengan pekerjaan yang sedang ditekuni, sehingga bisa membantu dalam meningkatkan karir.
  • Dan sisihkan setidaknya 40% dari gaji untuk dikumpulkan sebagai dana untuk kebutuhan kuliah baik untuk membayar uang semester ataupun kebutuhan lainnya.

Baca Juga : Mahasiswa Baru? Nah Berikut 5 Tips Mudah Beradaptasi di Kampus yang Bisa Kamu Aplikasikan!

2. Manfaatkan Pinjaman Pendidikan

Terdapat banyak cara untuk bisa lanjut kuliah, yaitu dengan mencari dana atau bantuan dari pemerintah yaitu dengan mendaftar dana KIP Kuliah atau juga bisa memanfaatkan pinjaman pendidikan . Jadi tak ada alasan untuk bisa lanjut kuliah apalagi dengan terkendala dana. Berikut beberapa pilihan program perbankan untuk pinjaman dana pendidikan:

  • BNI Cerdas

Persyaratannya mudah dan jumlah pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp5 juta sampai Rp200 juta dengan tenor sampai dengan 36 bulan.

  • BRI Kredit Mahasiswa

Untuk produk pinjaman ini, Kamu yang mahasiswa bisa mengajukan sendiri dengan membawa fotocopy KTP dan KTM. Dana yang bisa diajukan mulai dari jutaan sampai ratusan juta tergantung dari kebutuhan Kamu.

  • KTA Cimb Niaga

Program KTA dari bank CIMB Niaga juga menyediakan pinjaman dana pendidikan sampai dengan Rp200 juta dengan jangka tenor sampai 4 tahun.

Selain program pinjaman bank dan pemerintah, kamu juga  bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan dari lembaga non pemerintah yang menyediakan pinjaman khusus, seperti danadidik.com.

3. Program Beasiswa

Lanjut Kuliah
Foto : Program Beasiswa

Dan solusi yang terakhir yakni, mengikuti program beasiswa. Dengan mengikuti program beasiswa, maka sobat akan terbantu untuk bisa lanjut kuliah dan bisa meraih cita-cita sobat.

Baik lembaga masyarakat dan pemerintah, ada banyak yang menyediakan program pemberian beasiswa untuk dana kuliah. Contohnya, beasiswa bidikmisi dan Djarum beasiswa plus atau mengunjungi beasiswa unggulan.kemdikbud.go.id. Yang diberikan khusus untuk kamu yang berprestasi. Rajin-rajinlah mencari informasi beasiswa dari berbagai sumber, uang beasiswa bisa membuat biaya kuliah kamu lebih ringan, bahkan ada beasiswa yang menanggung 100% biaya pendidikan S1 di Indonesia.

Bukam hanya itu saja sobat, banyak juga universitas atau kampus-kampus unggulan yang menawarkan beasiswa, contohnya STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Kampus STMIK Nusa Mandiri yang kini sudah berakreditasi baik sekali juga menawarkan program beasiswa, dan itu juga nggak tanggung-tanggung lho. Saat ini, Program beasiswa yang ada di kampus STMIK Nusa Mandiri juga menawarkan program beasiswa hingga S2. Jadi, teruntuk kalian nih sobat sekolah yang ingin sekali lanjut kuliah hingga mendapatkan gelar magister, maka dari itu, Ayo segera daftarkan diri sobat sekarang juga.

 

 

9 Maret 2021
6

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

6 comments on “Bingung Setelah Lulus SMA Ingin Lanjut Kuliah Atau Kerja? Yuk, Temukan Solusinya Disini”

    1. Benar sekali Kak, selain kita mandiri dan bisa berpenghasilan sendiri, kita juga tidak membebani orang tua ^^

      1. Halo Kak, Kakak memiliki niat ingin kuliah tapi sambil bekerja, caranya yakni kakak cari kuliah yang ada kelas karyawannya Kak,
        Kakak bisa kuliah di sore hari atau kuliah di hari sabtu atau minggu, terimakasih 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *