Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah

7 Tips Cermat Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah

7 Tips Cermat Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah- Halo Sobat Sekolah! Melanjutkan study ke perguruan tinggi favorite dan terbaik merupakan impian bagi setiap orang, terkhusus bagi calon mahasiswa yang baru  menyelesaikan study di jenjang SMA. Namun, dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan harapan tidaklah mudah. Banyak persiapan yang harus dilakukan, mulai dari memiliki rencana yang matang, taktik yang harus dijalankan, serta strategi yang harus dipertahankan.

Selain itu, jika salah dalam menentukan jurusan dan tempat kuliah, bisa berpengaruh langsung terhadap masa depan. Resikonya, mereka yang sudah terlanjur masuk ke perguruan tinggi dan sudah memilih jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan kemampuan dan potensinya. Maka, mereka akan pasrah dengan keadaan. Bahkan hal yang paling fatal,  bisa mengakibatkan putus kuliah dan masa depan mereka  akan terancam.

Oleh karena itu, sebelum memilih tempat dan jurusan kuliah yang diinginkan. Alangkah baiknya, untuk membaca beberapa tips penting dibawah ini.

Baca Juga : Ingin Belajar Dengan Efektif di Era Pandemi? Yuk, Aplikasikan 5 Trik Ini

7 Tips Cermat Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah

1. Mempersiapkan Diri Sejak SMA

Tips pertama untuk memilih tempat dan jurusan kuliah yakni mempersiapkan diri sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat), dengan cara bertanya ke kakak senior, kerabat terdekat ataupun guru-guru yang mengajar di sekolah dan yang tahu lebih banyak mengenai perguruan tinggi .

Selain itu, berusahalah terus untuk mencoba menggunakan jalur SNMPTN, caranya bisa mengecek ke laman https://ltmpt.ac.id/.  Dan terus tingkatkan prestasi di sekolah baik dalam bidang akademis dan non akademis sambil mengumpulkan berkas-berkas penting untuk mendaftar jalur SNMPTN, seperti sertifikat, piagam dan SK-Organisasi yang pernah diraih.

Namun, jika sudah berusaha tetapi masih gagal. Janganlah berputus asa. Masih ada cara lain yang masih bisa dilakukan, yakni mencoba jalur SBMPTN. Dan jika masih gagal lagi, jangan menyerah, masih banyak kesempatan di kampus swasta yang memiliki akreditasi baik.

2. Mencari Tahu Akreditasi Kampus dan Jurusan yang Diminati

Langkah selanjutnya dalam memilih tempat dan jurusan kuliah yakni, mencari tahu akreditasi kampus dan jurusan kuliah yang akan diminati. Dengan cara mengecek akreditasi melalui brosur/iklan/baleho atau papan promosi yang di pajang di jalan. Bila perlu, datang langsung ke kampus yang diinginkan dengan bertemu panitia penerimaan mahasiswa baru. Selain itu, langkah yang paling efektif apalagi dalam masa pandemi seperti sekarang, bisa langsung mengeceknya melalui laptop atau smartphone yang biasa sobat genggam. Caranya kunjungi laman website kampus yang ingin dituju atau langsung mengunjungi situs https://banpt.or.id/.

3. Sesuaikan Dengan Hobi dan Passion

Memilih Tempat Dan Jurusan Kuliah
Foto : Hobi dan Passion

Kemudian dalam memilih tempat dan jurusan kuliah. Pilihlah yang sesuai dengan hobi dan passion. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan bakat sobat. Karena jika tidak sesuai dengan hobi dan kemampuan sobat dalam bidang tertentu, bisa jadi sobat akan dibuat sulit dalam menghadapi perkuliahan. Maka dari itu, penting sekali jika menyesuaikan hobi dengan jurusan kuliah nanti.

Lalu bagaimana jika kita harus menuruti keinginan orang tua?? Caranya coba diskusikan dulu kepada kedua orang tua sobat bahwa sobat hanya menginginkan jurusan kuliah sesuai dengan hobi dan skill yang sobat miliki. Bicara lah yang sopan kepada kedua orang tua untuk tidak  perlu menentukan anaknya berada di jurusan kuliah mana, karena yang ditakutkan akan berujung putus kuliah.

Baca Juga : Mahasiswa Baru? Nah Berikut 5 Tips Mudah Beradaptasi di Kampus yang Bisa Kamu Aplikasikan!

4. Pertimbangkan Biaya Kuliah

Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah
Foto : Mempersiapkan Biaya Kuliah

Hal inilah yang paling sering menjadi pertimbangan sobat dalam memilih tempat dan jurusan kuliah. Karena sobat dibuat bingung akan biaya yang sudah ditentukan dari pihak kampus. Tapi, jangan khawatir dulu, karena masih banyak peluang untuk bisa berkuliah ditempat yang diinginkan oleh sobat. Yakni, carilah kerja yang part-time atau ikuti beasiswa yang sudah ditawarkan oleh pihak kampus. Contohnya, jika sobat ingin berkuliah di STMIK Nusa Mandiri, sobat coba untuk mengikuti program beasiswa disana. Program beasiswa disana tak tanggung-tanggung lagi karena, kampus tersebut menawarkan beasiswa hingga 2 milyar rupiah.

5. Persiapkan Diri Dalam Menjalani Kuliah

Dalam memilih tempat dan jurusan kuliah tentunya lebih dulu untuk mempersiapkan diri dalam menjalani kuliah. Terkadang kebanyakan mahasiswa ingin bisa berkuliah yang jauh dari tempat tinggalnya, alasannya ingin bisa mandiri. Hal itu memang boleh saja, namun apakah sobat sendiri sudah siap dalam menjalani kuliah yang jauh dari orang tua. Dan apakah sudah yakin mampu hidup sendiri di tempat kost atau saudara. Dan juga apakah sudah siap dalam menghandle pekerjaan rumah tangga sendiri sambil mengerjakan tugas kuliah.

Jika memang sudah siap lanjutkan saja perjuangan sobat. Mintalah do’a dan restu kepada kedua orang tua agar diberi kesehatan kekuatan, kemudahan dan keselamatan dalam menjalani kuliah di kota besar.

6. Diskusikan Kepada Orang Tua dan Meminta Petunjuk Kepada Allah SWT

Hal yang paling penting dalam memilih tempat dan jurusan kuliah yakni, berdo’alah kepada Allah SWT dan diskusikan langsung kepada kedua orang tua. Selalu meminta lah petunjuk kepada Allah SWT dalam memilih tempat dan jurusan kuliah agar nantinya tidak salah dalam mengambil keputusan. Dan diskusikan juga dengan orang tua. Agar sobat tetap optimis dalam melanjutkan kuliah.

7. Bersikap Optimis Dalam Menghadapi Kenyataan

Memilih Tempat dan Jurusan Kuliah
Foto : Tetap Optimis

Nah, tips yang terakhir yaitu tetap optimis dalam keadaan apapun. Terkadang dalam kehidupan adakalanya tidak semua keinginan terpenuhi. Begitulah takdir yang sudah ditetapkan oleh yang Maha Kuasa. Terkadang suatu masalah dihadapan manusia hal itu terlihat sebagai suatu kegagalan, namun berbeda dengan pandangan Allah SWT, mungkin saja Allah SWT sudah mempersiapkan semuanya dengan indah. Maka dari itu, tetap semangat dan optimis di semua jalan yang sudah Allah SWT berikan untuk kita.

23 Februari 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *