Tips Mudah Beradaptasi di Kampus

Mahasiswa Baru? Nah Berikut 5 Tips Mudah Beradaptasi di Kampus yang Bisa Kamu Aplikasikan!

5 Tips Mudah Beradaptasi di Kuliah- Halo sobat sekolah, sekarang sudah memasuki awal februari. Dan berarti tinggal beberapa bulan lagi masuk ajaran baru. Nah siapa nih diantara kalian yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Kuliah.

Terkadang menjadi mahasiswa baru masih belum familiar dengan suasana kampus barunya. Mahasiswa baru masih belum mengenal antara satu dengan yang lainnya. Apalagi mereka yang mempunyai kepribadian tertutup, pasti sangat malu jika berhadapan dengan orang yang baru dikenal.

eittss! tapi jangan khawatir dulu ya. Dilaman sobatsekolah ini, kalian akan mengetahui bagaimana cara mudah beradaptasi di kampus.

Baca Juga : Yu, Kenali! 6 Jurusan Kuliah Dan Prospek Kerja Terbaik Bagi Kamu yang Ingin Berkuliah

5 Tips Mudah Beradaptasi di Kampus

Tips Mudah Beradaptasi Di Kampus
Foto : Beradaptasi di Kampus

1. Mencari Informasi Seputar Kampus Termasuk Fakultas dan Program Studi

Sebelum sobat memulai perkuliahan pastikan sudah mencari informasi seputar kampus termasuk fakultas dan program studi yang sobat pilih. Hal ini akan membantu sobat dalam berkuliah.

Dan bukan hanya itu saja, sob. mencari tahu informasi seputar kampus akan menjadikan sobat menjalin hubungan baik dengan senior.

2. Membuka Diri Dengan Orang Sekitar

Tips Mudah Beradaptasi di Kampus
Foto : Membuka diri dengan orang sekitar

Dengan membuka diri sobat di kampus bisa menjadikan sobat mudah dalam beradaptasi. Karena dengan begitu sobat akan memiliki banyak teman di kampus, bukan hanya teman seangkatan saja namun bisa dekat dengan senior juga.

Hal ini akan membantu sobat untuk mudah mendapatkan informasi seputar kuliah. Jika sobat memang merasa sulit untuk terbuka, sobat coba dekati dulu teman-teman seangkatan mulai dengan belajar bertegur sapa dengan teman sebaya.

3. Mengikuti Organisasi di Kampus

Tips Mudah Beradaptasi di Kampus
Foto : Mengikuti organisasi di Kampus

Selanjutnya, ikut organisasi di kampus.  Organisasi yang bisa sobat ikuti di kampus yaitu BEM dan UKM. Apa sih BEM dan UKM??

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) ialah Organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Universitas atau Institut. Lalu dilanjutkan dengan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yaitu wadah wadah aktivitas kemahasiswaan luar kelas untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu. Istilah UKM merupakan pengganti dari kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

Baca Juga : Cari Tahu Tips untuk Memilih Jurusan Kuliah

Dari awal masuk kuliah atau awal semester, UKM dan BEM akan menyebar brosur dan membuka stand untuk merekrut anggota baru. Dengan mengikuti organisasi di kampus sobat dapat memiliki banyak teman dari penjuru kelas dan jurusan. Hal ini, yang akan membantu sobat untuk mudah beradaptasi di kampus. Selain itu, sobat juga mendapatkan pengalaman dan wawasan baru.

4. Jangan Malu Bertanya ke Senior Kampus

Berikutnya, jangan malu bertanya ke senior kampus. Ada pepatah yang bilang jika

‘Malu Bertanya Sesat di Jalan’.

Nah,  daripada nantinya sobat akan tersesat dijalan karena malu untuk bertanya mengenai informasi kuliah lebih baik sobat coba SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) dengan kakak tingkat. Agar membantu sobat mudah beradaptasi di kampus.

Dekat dengan kakak tingkat atau senior akan memberikan sobat banyak keuntungan. Seperti dapat memberi sobat referensi tentang kehidupan kampus, dapat membantu sobat dalam menentukan pilihan, dan bisa menjadi teman curhat sobat, lho. 

5. Memahami Karakter Teman Kampus dan Keadaan Kampus

Terakhir yakni memahami karakter orang yang ada disekitar sobat. Karena hal ini merupakan kunci penting dalam mudah beradaptasi di Kampus. Sehingga sobat dapat memposisikan diri sobat.

Tiap kampus biasanya memiliki karakter yang berbeda beda. Bahkan beda jurusan beda juga karakter tiap individunya. Misal, anak akuntansi yang terbiasa dengan pakaian rapi, dan dominan pendiam. Lalu jurusan lain seperti manajemen informatika yang berpakaian fashionable  dan lebih berisik. Hal ini yangperlu sobat pahami supaya tidak  shock Culture dengan keadaan sekitar.

1 Februari 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

Eka Herdit Juningsih (Si Melankolis dan Introvert 👀😶)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *