Memilih Jurusan Kuliah

Cari Tahu Tips untuk Memilih Jurusan Kuliah

Dipenghujung masa akhir sekolah. Bagi sebagian siswa yang sudah lulus, tak sedikit yang memilih untuk tetap meneruskan studinya. Namun, terkadang banyak hal yang harus dipertimbangkan. Seperti memilih jurusan kuliah.

Memilih jurusan kuliah kerap kali sering dibuat bingung oleh para siswa dan siswi yang ingin kuliah. Pasalnya, jika salah dalam mengambil jurusan hal itu akan memberi dampak yang negatif kepada calon mahasiswa tersebut.

Misalnya, mempunyai keinginan untuk putus kuliah karena salah dalam memilih jurusan. Nah, untuk menanggulangi hal itu terjadi, disini akan dibahas beberapa tips dalam memilih jurusan kuliah.

Baca juga : Tips Memilih Kampus Perguruan Tinggi Swasta Yang Berkualitas

Pahami minat dan passion

Tips yang pertama yaitu memahami minat dan passion. Minat dan passion yang dimiliki akan menjadi pengaruh penting dalam memilih jurusan, karena dengan hal itu akan menjadi mudah untuk menentukan jurusan kuliah apa yang sesuai dengan passion atau skill yang dimiliki. Misal, passion sobat dalam bidang menghitung sobat bisa memilih jurusan akuntansi.

Lakukan riset dalam mencari jurusan

Tips kedua yaitu lakukan riset dalam mencari jurusan. Hal ini juga penting dalam memilih kejuruan apa yang akan diambil. Dalam melakukan riset ini sobat bisa menulis daftar jurusan yang diminati. Dan pertimbangkan jurusan apa yang sesuai dengan preferensi sobat.

Ketahui nilai kemampuan di sekolah

Dengan mengetahui nilai kemampuan sobat semasa sekolah. Kemungkinan besar sobat tidak akan bimbang dalam memilih jurusan kuliah, karena dengan mengetahui nilai kemampuan sobat, sobat akan menemukan program studi yang berkaitan dengan nilai tersebut.

Ketahui keuntungan dan konsekuensi pilihan

Berikutnya yaitu, mengetahui keuntungan dan konsekuensi apa yang nanti nya akan didapatkan. Sobat harus sudah siap dengan berbagai konsekuensi yang nantinya akan dihadapi. Karena jika sudah siap akan semua konsekuensi yang akan menjadi tantangan buat sobat, sobat akan merasa nyaman dengan jurusan yang dipilih. Selain itu, sobat juga akan mendapatkan keuntungan  dalam jurusan yang dipilih.

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah Terbaik Lulusan IPA

Mempertimbangkan biaya kuliah

Selanjutnya, yaitu dengan mempertimbangkan biaya kuliah. Yup, sebelum memilih jurusan alangkah baiknya untuk mempertimbangkan biaya kuliah dulu. Karena, hal ini akan mempengaruhi biaya hidup kalian sobat. eits, tapi jangan risau dulu karena ini bukan suatu rintangan untuk tidak melanjutkan studi loh. Masih banyak kok cara lain untuk meminimalisir pengeluaran yaitu dengan mengikuti beasiswa di kampus yang sobat inginkan atau mungkin bisa bekerja freelance. Cek info beasiswa disini.

Konsultasikan dengan orang yang sudah berpengalaman

Supaya tidak dipengaruhi oleh hal lainnya, mungkin sobat bisa lebih dulu betanya kepada teman/saudara/kerabat lainnya untuk mendapatkan informasi seputar program studi. Cobalah untuk meminta arahan kepada mereka. Bisa jadi, itu akan membantu sobat dalam memilih jurusan kuliah.

Januari 4, 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

Eka Herdit Juningsih (Si Introvert)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *