Belajar Efektif dan Menyenangkan

Ingin Belajar Dengan Efektif di Era Pandemi? Yuk, Aplikasikan 5 Trik Ini

Ingin Belajar Dengan Efektif di Era Pandemi? Yuk, Aplikasikan 5 Trik Ini- Halo sobat sekolah, belajar secara online atau daring dimasa pandemi covid-19 memang tidaklah mudah. Apalagi jika harus menggabungkan antara metode belajar baru dengan materi pembelajaran yang sudah berjalan. Pastinya, hal ini akan membosankan karena tidak tau cara belajar dengan efektif di masa pandemi seperti apa.

Untuk itu, dilaman sobat sekolah ini,  akan dijelaskan mengenai beberapa cara belajar dengan efektif supaya sobat tidak mudah bosan. Tapi sebelum itu, akan dijelaskan terlebih dahulu apa aja sih, tantangan-tantangan belajar dirumah selama masa pandemi. Yuk, disimak.

Baca Juga : Temukan Gaya Belajar Kamu

Tantangan Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi

Belajar Kondusif dan Menyenangkan
Foto : Tantangan Dalam Belajar

1. Suasana Belajar Kurang Kondusif

Hal pertama yang bisa menyebabkan tantangan dalam belajar yakni suasana belajar yang kurang kondusif. Hal ini bisa menghambat sobat dalam belajar termasuk tidak bisa menyimak dengan jelas materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu contoh yang membuat suasana menjadi kurang kondusif yakni, seperti banyak nya gangguan disekitar rumah. Contoh, Adikmu yang rewel minta bermain dengan mu, atau Kakakmu yang sedang menonton TV dengan volume yang keras.

2. Terlalu Banyak Tugas yang Diberikan

Terkadang dengan banyaknya tugas yang diberikan oleh guru membuat kita kesal sendiri dan belajar pun jadi tidak efektif. Banyak guru yang sudah memberikan materi kemudian langsung memberikan tugas, bukan hanya satu tugas saja yang diberikan namun bisa lebih dari itu. Dan bahkan ada juga guru yang tidak memberikan materi tapi tetap memberikan tugas. Itu sebabnya banyak murid yang bosan akan hal tersebut.

Hal itu bisa sering kali terjadi karena, guru masih tidak terbiasa dengan kondisi seperti ini. Makanya mereka jadi sering banyak memberikan tugas demi memenuhi silabus pelajaran.

3. Mudah Mengantuk

Belajar Efektif dan Menyenangkan
Foto : Mudah Mengantuk

Tantangan berikutnya yaitu sering mudah mengantuk. Karena dengan belajar menggunakan laptop atau handphone jadi mata kita tidak kuat untuk terus menerus berhadapan dengan kedua benda itu, sehingga menjadikan sobat mudah mengantuk.

Sering mudah mengantuk juga bisa disebabkan karena sering begadang tengah malam, misal demi menonton film kesayangan atau main game. Padahal begadang itu tidak baik untuk kesehatan tubuh, lho. Hal tersebut bisa membuat sobat tidak bisa belajar dengan efektif.

Nah, Untuk membuat belajar dengan efektif  jangan pernah untuk terus begadang. Begadang boleh, namun harus tahu waktu juga. Karena tubuhmu butuh istirahat.

4. Sering Merasa Jenuh

Tantangan terbesar yang harus kamu hadapi saat belajar secara daring yaitu mudah merasa jenuh. Rasa jenuh sering kali ada akibat bosan dengan belajar yang hanya berhadapan dengan notebook dan laptop saja, bukan belajar seperti biasanya. Jika kejenuhan itu terjadi, maka lebih baik kamu pergi untuk menghirup udara segar atau beristirahat.

5. Kurangnya Pendampingan Dari Guru

Seberapa banyak tugas yang diberikan, materi yang lumayan sulit untuk dipelajari dan seberapa banyak guru yang galak di sekolah. Pasti sobat lebih memilih didampingi langsung oleh guru. Dibandingkan belajar sendiri dengan hanya menonton video atau belajar menggunakan zoom atau aplikasi daring lainnya. Karena dengan begitu sobat tidak mudah bosan dengan sistem belajar seperti tersebut. Alasannya, terkesan tidak efektif  dalam belajar.

Itulah beberapa tantangan yang kerap kali dirasakan selama belajar kuliah secara daring. Jika sobat merasakan kesusahan dalam menjalaninya, jangan khawatir karena masih ada beberapa cara belajar efektif yang sobat bisa diaplikasikan. Di bawah ini, ada beberapa triknya yuk disimak.

Baca Juga : 9 Tips Belajar Di Rumah untuk Siswa SMA/SMK

Trik Belajar Dengan Efektif  Dengan Metode Daring

Belajar Efektif dan Menyenangkan
Foto : Tantangan Dalam Belajar

1. Atur Waktu Belajar

Hal yang bisa dilakukan di rumah yaitu atur lah waktu belajar. Dengan membuat daftar list kegiatan seperti, membuat daftar kapan harus belajar, beristirahat, ber olahraga dan melakukan hobi yang disukai. Alasannya, jika sobat tidak mengatur waktu belajar dengan baik maka sobat akan merasakan lelah karena tidak bisa mengatur waktu yang ada.

2. Jaga Komunikasi Dengan Guru

Belajar Efektif dan Menyenangkan
Foto : Jaga Komunikasi Dengan Guru

Kemudian tips kedua yakni, jagalah komunikasi baik dengan guru. Dengan cara aktif di jam pelajaran yang bersangkutan. Pada saat guru mengakhiri materi dan masuk ke sesi tanya jawab, Disitu sobat bisa berkesempatan langsung untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Hal tersebut bisa membantu sobat belajar dengan efektif.

3. Bentuk Ruang Belajar yang Nyaman

Cara ini bisa sobat diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga. Untuk mencari tempat atau ruangan yang bisa digunakan dalam belajar. Supaya kamu bisa belajar dengan efektif dan menyenangkan.

Setelah sobat diskusikan hal tersebut,  sobat juga bisa beri peringatan kepada mereka supaya tidak mengganggumu selama belajar dari rumah. Untuk itu gunakanlah kreatifitas sobat untuk mengubah ruang belajar, agar menghindari rasa jenuh.

4. Gunakan Aplikasi Belajar

Belajar Efektif dan Menyenangkan
Foto : Gunakanlah Aplikasi Belajar

Selain materi yang diberikan oleh guru kepada sobat, sobat juga bisa menggunakan aplikasi lain untuk membantu sobat dalam belajar, contohnya seperti m-tryout.

Aplikasi tersebut bisa membatu sobat dalam mengerjakan tugas maupun melakukan test yang telah disediakan. Banyak soal soal dan materi yang bisa dijadikan referensi sobat dalam belajar.

5. Buatlah Kelompok Belajar

Hal terakhir yang bisa di lakukan dalam belajar dengan efektif yaitu sobat bisa membuat kelompok belajar bersama teman-teman sekelas. Kelompok belajar ini bisa dilakukan di salah satu rumah anggota kelompok belajar sobat.

Selain kelompok belajar ini akan membantumu mengurangi rasa jenuh dalam belajar, kelompok belajar  juga bisa memotivasi sobat dan teman-teman sobat untuk tetap rajin belajar dan saling membantu saat ada anggota kelompok yang kurang memahami materi pelajaran tertentu.

Nah, itu lah beberapa tips untuk bisa belajar dengan efektif di masa pandemi. Yuk, tetap semangat dan jangan pernah putus asa.

4 Februari 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

Eka Herdit Juningsih (Si Melankolis dan Introvert 👀😶)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *