Rasa Insecure

Apa sih Rasa Insecure itu? Yuk, Kenali Arti, 5 Tanda-Tanda Unik dan Cara Mengatasinya Disini

Sobat Sekolah – Halooo, sobat sekolah. Gimana nih kabar kalian?? Semoga dalam keadaan yang baik-baik aja ya. Kalian pernah nggak sih memiliki rasa insecure sama kemampuan diri kalian sendiri? atau mungkin merasa tidak aman dengan apa yang sobat miliki.

Dan kalian sendiri tau nggak apa makna dari kata insecure tersebut. Lalu apakah benar ketidak percaya dirian akibat kesalahan yang pernah dilakukan bisa dikatakan dengan insecure?

Yuk, disimak pembahasannya di laman sobatsekolah ini.

Baca Juga : Toxic People, Racun Dalam Persahabatan

Pengertian Rasa Insecure

Insecurity atau yang sering dikenal sebagai perasaan tidak aman. Mungkin sobat pernah mengalaminya. Ketidaknyamanan ini mungkin pernah sobat rasakan saat sobat tidak percaya diri, malu, memiliki rasa bersalah, kekurangan, bahkan tidak mampu dalam mengerjakan suatu hal.

Akibatnya jika sering mengalami hal ini, maka sobat bisa menjadi takut untuk berinteraksi dengan teman atau kerabat bahkan orang lain. Padahal, interaksi sangat penting dilakukan sebagai makhluk sosial.

Alasan kenapa seseorang sering merasa tidak aman dan nyaman dalam hidup. Karena mereka selalu menganggap diri mereka terlalu rendah, tidak percaya diri sampai berpikiran kalau dirinya tidak berguna. Terkadang ketidak percaya dirian itu disebabkan oleh perbedaan kemampuan yang dimiliki, melihat dari segi prestasi yang tidak seperti dengan orang disekitarnya, ciri fisik, warna kulit, kedudukan dan apapun yang tidak sesuai dengannya.

Pada dasarnya sifat insecure  merupakan hal yang wajar namun jika kamu memiliki tanda-tanda di bawah ini, maka bisa jadi masalah besar akan datang pada diri sobat.

Baca Juga : Macam-Macam Tipe Siswa di Kelas, Kamu Tipe Yang Mana?

Tanda- Tanda Rasa Insecure

Rasa Insecure
Foto : Ciri-Ciri Insecure

1. Tidak Percaya Diri dan Memandang Rendah Diri Sendiri

Salah satu tanda yang paling umum, yakni memiliki rasa tidak percaya diri. Dengan rasa ketidak percaya dirian ini bisa menghambat sobat dalam melakukan sesuatu. Hal ini disebabkan karena kurang mengenal diri sendiri dan kurang mencintai dirinya sendiri.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini terjadi, sobat harus mengenali diri sobat sendiri, mulai dengan memahami kemampuan diri sendiri dan cintailah diri sobat apa adanya. Karena, semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Menghindari Diri Dengan Lingkungan

Tanda berikutnya yaitu sering menghindari diri dari lingkungan sekitar. Orang yang memiliki rasa insecure terkadang sering mengumpat atau tidak mau bergaul dengan lingkungan sekitar. Padahal , di dalam hati mereka tidak mau seperti itu, namun apalah daya yang dimiliki nya. Mereka merasa tidak sanggup untuk berinteraksi akibat malu.

Oleh karenanya, kita harus mulai sedikit bergaul dengan orang sekitar. Karena kita hidup di dunia ini sebagai makhluk sosial yang berarti kita butuh banyak orang ada disekitar kita. Mulai lah, dengan menegur sapa orang sekitar atau melakukan hal kecil lainnya yang membuat diri kalian tidak takut lagi dalam berinteraksi.

3. Sering Membandingkan Diri Dengan Orang lain

Terkadang membandingkan diri dengan orang lain memang tidak baik. Tapi, tidak dengan mereka yang memiliki sifat insecure. Mereka selalu sering membandingkan diri dengan orang lain dan menjadikan mereka mempunyai pikiran tidak berguna.

Untuk itu, sobat harus belajar menyukai diri sobat sendiri dengan cara tidak membandingkan diri sobat dengan yang lainnya. Dan tidak membandingkan kelebihan yang dimiliki oleh orang lain.

4. Tidak Mau Keluar Dari Zona Nyaman

Tanda selanjutnya, tidak mau keluar dari zona aman. Terkadang orang yang memiliki rasa insecure tidak mau keluar dari zona nyaman. Karena mereka memiliki rasa cemas dan ketakutan yang berlebihan. Sehingga mereka tidak berani untuk bertemu dengan rintangan lain. Itulah sebabnya mereka tidak mau keluar dari zona nyaman.

Selain itu, rasa cemas itu datang akibat mereka pernah merasakan hal pahit yang pernah dialaminya. Seperti pernah disakiti dengan orang sekitar atau bullying. Karena hal itu lah yang bisa menghambat seseorang dalam mengembangkan diri mereka sendiri.

5. Haus Akan Pujian

Ketika seseorang merasa insecure, ia lebih minder dan kepercayaan dirinya menurun. Mereka sangat membutuhkan pengakuan dan pujian atas apa yang dilakukan dari orang sekitar.

Contoh nya mereka yang memiliki rasa insecure sering melihat jumlah like dari story sosial media atau jumlah yang ngelihat postingan dari WA story yang diunggahnya.

Bagi sobat yang memiliki tanda dari rasa insecure ini jangan risau dulu, karena di bawah ini ada tips untuk mengatsinya lho!. 

Baca Juga : Inilah 5 Filosofi Hujan Untuk Memaknai Arti Kehidupan

Tips Mengatasi Rasa Insecure

Rasa Insecure
Foto : Tips Mengatasi Rasa Insecure

1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Tips yang pertama yaitu dengan meningkatkan rasa percaya diri. Dengan cara mengenali diri kamu sobat sendiri, maka rasa percaya diri mu akan terus tumbuh.

Mulailah untuk mengenali diri sobat lebih luas. Jika sobat sudah mengetahui kemampuan atau potensi yang dimiliki oleh sobat maka rasa percaya diri sobat akan terus meningkat. Dan sobat tidak merasa cemas lagi dalam melakukan apapun.

2. Hindari Orang Yang Membuat Mu Insecure

Berteman dengan mereka yang memiliki kepribadian yang bukan tipe kamu memang harus dihindari. Apalagi, mereka yang selalu berkomentar yang negatif tentang diri kamu. Itu sama saja, akan membuat tingkat percaya dirimu down. 

Mulai saat ini pintar-pintar lah dalam memilih teman. Pilihlah teman yang bisa membantu sobat ke hal yang lebih positif. Yang selalu men-support dan membantu mu dalam hal apapun.

3. Tidak Menghakimi Diri Sendiri

Dengan memiliki pikiran yang negatif tentunya akan membuat kamu memiliki rasa insecure dengan orang lain. Baiknya, sobat fokus untuk memperbaiki diri. Bukan menghakimi diri sendiri. Lakukan lah hal yang bisa membuat sobat berdamai dengan diri  sobat sendiri.

4. Pilih Lingkungan Dengan Suasana Baik

Tips selanjutnya yaitu memilih lingkungan yang baik. Mungkin hal ini akan membantu sobat dalam menenangkan pikiran dan menghindari  rasa insecure. Carilah lingkungan yang membuat sobat bisa meningkatkan percaya diri yang dimiliki supaya bisa terhindar dari rasa insecure. 

5. Melakukan Eksplorasi Terhadap Hubungan Pertemanan

Hal yang bisa sobat aplikasikan dalam mengatasi insecure ialah dengan mengeksplorasikan hubungan pertemanan sobat. Dengan cara mengenali teman-temanmu dan tunjukkan bentuk empati sobat kepada teman sobat. Supaya, hubungan pertemanan sobat tetap harmonis.

 

Nah, itulah beberapa arti dari insecure, tanda-tanda dan cara mengatasi dari sifat insecure. Semoga dengan ini, sobat bisa tetap semangat. Never Give Up!!

2 Februari 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *