Pengambilan Keputusan

Intip 4 Langkah Efektif Pengambilan Keputusan Sesuai Kepribadian

Intip 4 Langkah Efektif Pengambilan Keputusan Sesuai Kepribadian – Halo Sobat Sekolah!!! Sudah tau belum pengambilan keputusan yang bijak seperti apa. Nah, Ada pepatah bijak yang mungkin sering kita dengar yakni ‘hidup adalah pilihan’. Tapi dalam menentukan pilihan tentu tidak mudah. Perlu adanya pertimbangan, apalagi jika hal itu menentukan sesuatu yang penting menurut sobat.

Dalam menentukan keputusan juga harus bijak sehingga dapat membawamu kepada tujuan yang diinginkan, walaupun setiap keputusan yang diambil memiliki konsekuensinya sendiri. Dan ternyata ada lho penelitian mengenai gaya pengambilan keputusan. Seperti yang dikutip dari kompas.com Penelitian ini diterapkan dan dilakukan oleh Alan J. Rowe, seorang profesor emeritus dalam bidang manajemen dan organisasi dari Marshall School of Busineshs.

Ada empat gaya pengambilan keputusan yang dikembangkan dari teori kepribadian psikolog Carl Gustav Jung.

1. Pengambilan Keputusan Secara Langsung

Pengambil keputusan yang pertama, yakni dengan cara mengambil keputusan yang cepat, dimana orang yang memiliki karakter ini tidak ingin membuang waktu berlama-lama dalam melakukan analisis pilihan yang ada dan segera mengambil tindakan yang runtut.

Tips yang perlu diperhatikan :
1. Lebih cermat dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dengan mengupayakan mencari data-data yang relevan/sesuai sebagai dasar dalam memutuskan beberapa pilihan.
2. Apabila menghadapi situasi baru yang belum pernah dihadapi sebelumnya, cobalah untuk lebih terbuka dalam menerima saran pihak-pihak lain untuk mendapatkan keputusan terbaik.

2. Pengambilan Keputusan Secara Analitis

Selanjutnya yaitu, pengambil keputusan yang sangat berhati-hati dan khawatir membuat keputusan yang salah karena tergesa-gesa dan merasa tidak nyaman apabila harus mengambil keputusan segera.

Tips yang perlu diperhatikan :
1. Perlu menentukan tenggat waktu berapa lama yang diperlukan untuk menganalisis data-data yang ada sebelum mengambil keputusan, sehingga tidak berlarut-larut dan justru akan merugikan.
2. Akan lebih baik untuk melibatkan orang lain dalam menganalisis data dan informasi yang tersedia sehingga keputusan yang diambil pun tidak terkesan terpusat.

Baca Juga: Bingung Setelah Lulus SMA Ingin Lanjut Kuliah Atau Kerja? Yuk, Temukan Solusinya Disini

3. Pengambilan Keputusan Secara Konseptual

Kemudian berikutnya tipikal pengambil keputusan yang terbuka dengan cara-cara baru dan berani menghadapi risiko, memiliki visi untuk mengambil keputusan jangka panjang, tetapi kurang cepat dalam menentukan rencana tindakan jangka pendek yang harus segera diterapkan.

Tips yang perlu diperhatikan
1. Perlu berlatih untuk bertindak melaksanakan keputusan yang telah diambil hingga tuntas, sehingga dapat benar-benar mencapai hasil yang diharapkan.
2. Agar tercipta manajemen risiko yang lebih objektif, kurangi optimis berlebihan terhadap keputusan dengan risiko tinggi yang didasari pada intuisi pribadi tanpa data yang memadai.

4. Pengambilan Keputusan Secara Perilaku

Dan terakhir tipikal pengambil keputusan yang mempedulikan dampaknya terhadap orang lain. Seseorang dengan gaya ini memperhatikan kepentingan kelompok yang dianggap lebih utama daripada kepentingan pribadi, sehingga berusaha keras untuk senantiasa menjaga hubungan baik dengan semua pihak.

Tips yang perlu diperhatikan
1. Perlu lebih percaya diri dalam mengambil keputusan pribadi tanpa tergantung pada masukan atau saran dari orang lain. Mulailah dengan mengambil keputusan pribadi pada hal-hal yang tidak terlalu berisiko.
2. Akan lebih baik untuk tidak terlalu menuntut diri sendiri dalam menyenangkan semua orang, karena hal itu akan membuat pengambilan keputusan semakin sulit.

Nah, jadi dari empat pilihan diatas apakah sobat merupakan salah satunya? Oke, tetap semangat ya sobat. Sampai ketemu kembali, terimakasih.

 

23 Maret 2021
10

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

10 comments on “Intip 4 Langkah Efektif Pengambilan Keputusan Sesuai Kepribadian”

    1. wah, berarti kakak memiliki sikap yang berani dalam mengambil resiko, karena pengambilan keputusan yang ketiga memiliki ciri-ciri seperti itu ^^

      1. hmm, berarti kakak, orang nya sangat berhati-hati sekali ya Kak, karena tipikal yang kedua berarti kakak mengambil keputusannya secara analistis yang mana sangat berhati-hati jika mengambil keputusan, karena takut akan resiko yang nanti akan dihadapinya, tetap semangat Kak

    1. Berarti kakak termasuk tipikal pengambilan keputusan yang ke dua, karena kakak sangat berhati2 kalau ingin mengambil keputusan, tetap semangat ya Kak

    1. Wah, berarti kakak termasuk orang yang memiliki sifat yang sangat peduli dengan orang lain, tetap semangat Kak ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *