6 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan

Sobat Sekolah, Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan – Ketika membicarakan dunia kerja, apa sih yang terbesit dalam benak Sobat? Jenjang karir yang bagus, pendapatan tinggi, lingkungan kerja yang menyenangkan? Ya, mungkin itulah beberapa kesenangan yang bisa Sobat dapatkan ketika sudah terjun ke dunia kerja.

Namun sebelum berhasil merasakan semua hal menyenangkan tersebut, ada banyak aspek yang perlu Sobat persiapkan. Bahkan jauh-jauh hari sebelum upaya Sobat melamar pekerjaan di berbagai perusahaan.

Satu langkah yang akan sangat menentukan jenjang karir Sobat di masa depan ialah pilihan jurusan kuliah yang tepat. Ada banyak jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja. Namun apakah semua jurusan tersebut harus Sobat coba? Tentu tidak.

Disini Sobat harus memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan skill. Dengan begitu, Sobat bukan hanya akan fokus pada pencapaian “sukses” saja, namun bisa menjalankan masa kuliah dan bekerja secara enjoy.

Baca Juga : Sobat Pencinta Game? Yuk, Simak 7 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Kamu!!!

6 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan

Nah, berikut ini adalah beberapa daftar jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja. Mungkin salah satunya sesuai dengan passion dan skill Sobat.

1.      Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Jurusan Paling Dibutuhkan
Foto : Tentang Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Jurusan kuliah paling dibutuhkan pertama ialah Teknik Perminyakan dan Pertambangan. Keren rasanya bukan jika Sobat bisa bekerja di perusahaan pertambangan, dengan jabatan tinggi dan gaji besar? Bayangkan saja, untuk fresh graduate, Sobat sudah bisa mengantongi gaji belasan juta rupiah. Lalu bagaimana dengan para senior yang sudah menduduki jabatan tinggi?

Langkah awal untuk bisa berada di posisi tersebut adalah, dengan masuk ke jurusan teknik perminyakan dan pertambangan.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak PTN maupun perguran tinggi swasta yang membuka jurusan teknik perminyakan dan pertambangan seperti Universitas Jember (UNEJ), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN), Universitas Trisakti (USAKTI) dan Universitas Pertamina (UP). Peminat cabang jurusan teknik ini pun semakin meningkat dari tahun ke tahun. Mengingat peluang kerja dari bidang perminyakan dan pertambangan yang juga semakin banyak.

2.      Jurusan Astronomi

Jurusan kuliah paling dibutuhkan kedua ialah jurusan astronomi. Meski terdengar sangat sulit untuk bisa masuk ke jurusan elit ini, tapi tak ada salahnya dong Sobat berusaha menembus jurusan Astronomi? Secara umum, mungkin Sobat sudah paham, jika jurusan astronomi akan banyak mempelajari benda-benda langit.

Hanya saja, lingkup yang akan dipelajari dari jurusan ini sangat luas dan kompleks. Di Indonesia, kampus yang menyediakan jurusan astronomi sendiri belum begitu banyak, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) yang ada di Bandung.

Tapi menariknya, walaupun belum banyak kampus yang membuka jurusan ini, namun peluang kerja yang ditawarkan sangat luas. Sobat bisa masuk ke lembaga yang membutuhkan Astronom, seperti BMKG. Bahkan, jika Sobat termasuk salah satu mahasiswa berprestasi, banyak perusahaan luar yang siap merekrut Sobat lho!

3.      Oseanografi

Jurusan Paling Dibutuhkan
Foto : Ilustrasi Jurusan Oseanografi

Seperti yang Sobat ketahui, jika 70% dari dunia merupakan lautan. Termasuk di Indonesia, yang lebih dari 62% nya merupakan perairan.  Dari jumlah tersebut, Sobat bisa membayangkan, betapa luasnya lahan pekerjaan dan kesempatan untuk meniti karir di bidang oseanografi?

Jurusan kuliah paling dibutuhkan ini merupakan jurusan yang fokus pada fenomena fisis dan kehidupan laut yang sangat dinamis. Hampir segala hal yang berkaitan dengan laut akan Sobat pelajari di jurusan ini. Seperti gelombang laut, angin dan masih banyak lainnya.

Jurusan ini terdapat pada Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Nantinya, lulusan jurusan oseanografi akan menjadi seorang ahli kelautan yang profesinya sangat dibutuhkan pemerintah. Bahkan bukan hanya pemerintah, industri perikanan dan kelautan juga sangat membutuhkan seorang ahli kelautan.

Untuk masalah gaji, Sobat tak perlu khawatir. Gaji belasan hingga puluhan juta bisa Sobat dapatkan bahkan saat masih menjadi fresh graduate.

4.      Tata Bahasa dan Sastra

Jurusan kpaling dibutuhkan selanjutnya yakni Tata Bahasa dan Sastra. Mungkin beberapa diantara Sobat banyak yang kurang tertarik dengan jurusan sastra. Tapi ternyata peminatnya di luar sana cukup tinggi lho. Hal ini semakin bertambah ketika melihat prespek kerjanya yang cukup menjanjikan.

Lulusan dari jurusan yang sering dipandang sebelah mata ini ternyata banyak dibutuhkan di lingkungan keduaatn besar. Banyak perusahaan bisnis yang juga mencari lulusan tata bahasa dan sastra untuk lingkup marketing.

Komunikasi yang baik dengan penggunaan tata bahasa yang menarik jadi kunci dalam melakukan iklan. Sehingga tidak heran jika perusahaan besar sangat membutuhkan lulusan sastra. Jurusan ini terdapat di beberapa kampus seperti Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Untuk bisa masuk ke jurusan ini, tampaknya nilai yang dibutuhkan bisa lebih rendah dibanding beberapa jurusan sebelumnya.

5.      Jurusan Logistik

Dalam beberapa waktu terakhir, bisnis logistik mengalami peningkatan signifikan. Bahkan, setiap tahunnya bisa mengalami peningkatan 15-20 persen.

Melihat kondisi ini, rasanya bisa ditebak bagaimana prospek kerja ke depannya. Dimana lapangan kerja yang tersedia untuk lulusan jurusan logistik sangat luas, seperti perkereta apian, penerbangan, pelayaran, kargo dan masih banyak lainnya.

Sobat pun tak perlu khawatir akan jumlah pesaing yang begitu banyak. Sebab, pemerintah tengah berusaha untuk mengefisienkan bisnis logistik dengan cara mengambil tenaga kerja yang kompeten di bidangnya.

6.      Teknik Informatika

Jurusan Paling Dibutuhkan
Foto : Ilus. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan kuliah paling dibutuhkan terakhir ialah teknik informatika. Peralihan trend tampaknya semakin terasa. Dimana masyarakat mulai banyak mengandalkan teknologi digital dalam setiap aktifitasnya. Mulai dari cara berkomunikasi, mencari ilmu, belanja, hingga membangun bisnis, semua dilakukan dengan tidak terlepas dari industri digital.

Banyaknya sturt-up yang mulai berkembang di Indonesia juga membuat prospek kerja di bidang ini semakin terbuka lebar. Hingga diperkirakan, beberapa tahun ke depan, teknik informatika bisa menjadi jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja.

Tentu gaji yang bisa Sobat dapatkan dengan menjadi seorang ahli teknik informatika tidak kaleng-kaleng. Puluhan bahkan ratusan juta bisa Sobat kantongi ketika sudah telaten menggeluti bidang ini.

Adapun kampus-kampus yang menyediakan jurusan teknik informatika yakni, Universitas Nusa Mandiri (UNM), Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Negeri Padang.

Itu dia sederet jurusan kuliah paling dibutuhkan di dunia kerja. Pastinya Sobat bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan minat dan passion. Dengan begitu, langkah untuk sukses di bidang tersebut akan dilalui dengan enjoy, karena Sobat pun menyukai apa yang Sobat pelajari dan lakukan.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *