soal cerita matematika

4 Tips Jitu Mengerjakan Soal Cerita Matematika Bagi Sobat Sekolah

Tips Jitu Mengerjakan Soal Cerita Matematika-  Hallo Sobat Sekolah!!! Bicara tentang materi matematika, mungkin sebagian siswa baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD)  hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah tidak asing dengan materi yang satu ini, yup matematika sering dianggap sebagai materi yang sangat menakutkan apalagi ketika sedang mengerjakan ulangan.

Saat ulangan dimana materi yang akan diujikan tidak hanya soal pilihan ganda saja, melainkan dapat berupa soal cerita, nah  terkadang soal dalam bentuk ceritalah yang sangat sulit untuk dikerjakan. Pasalnya, tidak hanya mengandalkan kemampuan dalam menghitung saja, tapi harus memiliki nalar yang baik akan soal cerita matematika yang terdapat pada ulangan, serta dapat mengubah model cerita kedalam model matematika.

Oleh karena itu, bagi sobat sekolah yang ingin cepat dan mudah memahami bentuk soal cerita pada ulangan matematika. Pada laman sobatsekolah.com  ini kita akan mengulik beberapa cara yang bisa diaplikasikan pada saat ulangan berlangsung.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Dalam Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan Versi Sobat Sekolah

4 Tips Mengerjakan Soal Cerita Matematika

1. Latihan

Tips pertama yang bisa sobat lakukan untuk dapat mengerjakan soal cerita matematika ialah dengan latihan terlebih dahulu. Karena dengan latihan, kemungkinan besar kita akan terbiasa dengan soal yang akan diujikan baik pada saat ulangan ataupun hanya tugas biasa yang diberikan oleh guru.

2. Pahami Soal yang Diujikan

Kemudian, tips yang kedua ialah dapat memahami soal yang diujikan. Caranya baca terlebih dahulu soal yang diujikan sampai selesai kemudian dipahami dengan baik-baik, kalau bisa dibacanya berkali-kali. Karena tahap ini sangat berpengaruh pada proses pengerjaan soal.

Baca Juga: Kamu Lulusan SMP dan Ingin Masuk SMA? Yuk, Simak 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Untuk Sobat Sekolah!!!

3. Mengubah Bentuk Model Cerita Menjadi Model Matematika

Selanjutnya, tips yang ketiga ialah merubah bentuk model cerita menjadi model matematika, dengan menerapkan tiga unsur yaitu diketahui, ditanya, dan dijawab. Hal ini akan membantu kita dalam menjawab soal, begitu pun meminimalisir waktu proses pengerjaan agar tidak membaca soalnya lagi.

4. Konsentrasi dan Teliti Pada Soal

Nah, ini nih tips terakhir yang sangat berpengaruh pada pengerjaan solal cerita matematika kita, yaitu berkonsentrasi dan teliti pada soal. Ketika mengerjakan soal jangan terburu-buru sebab bisa jadi soal yang kita kerjakan akan salah. Untuk itu, perlu adanya evaluasi kembali pada tahap ini. Bahwa belajar matematika bukan hanya berfikir sistematis tetapi harus diiringi kesabaran agar mendapatkan hasil yang real (sebenarnya).

Nah itu tadi empat tips yang sangat penting untuk sobat lakukan ketika mengerjakan soal cerita matematika. Mudah-mudahan dengan tips ini bisa sobat terapkan ketika ulangan matematika. Jadi, tetap semangat yaaa.

1 September 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *