Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

5 Cara Terbaik Dalam Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan Versi Sobat Sekolah

Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan- Hallo Sobat Sekolah!!! Pada masa pandemi seperti sekarang ini, dimana semua hal dapat dilakukan dari rumah mulai dari belajar, bekerja hingga berbelanja, maka tak heran jika sobat sudah mulai merasa jenuh akan semua aktivitas tersebut.

Tak khayal, jika banyak siswa maupun mahasiswa yang saat ini mulai mengalami penurunan motivasi dalam belajar. Alasannya pun beragam, bisa jadi materi yang disampaikan oleh guru maupun dosen tidak di mengerti, bisa jadi karena tidak terbiasa mandiri untuk belajar sendiri, ataupun dari tugas yang tiap hari kian menumpuk.

Alhasil mereka yang sedang mengalami penurunan motivasi belajar, sering sekali untuk menunda-nunda pekerjaan, misal masuk kelas di jam mata kuliah atau pelajarannya, mengerjakan PR, dan masih banyak hal lainnya.

Padahal banyak tugas yang harus diselesaikan secepatnya, namun tak jarang siswa maupun mahasiswa akan cenderung memilih mengerjakan tugas ketika mendekati tenggat waktu atau deadline.

So, Bagaimana cara mengatasinya???

Oke, tenang saja di laman sobat sekolah ini akan mengulas cara mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan dengan benar, tapi sebelum itu kita cari tahu dulu perbedaan antara pemalas dan penunda, kemudian dampak dari menunda suatu pekerjaan dan mengulik cara mengatasi kebiasaan menunda suatu pekerjaan.

Baca Juga: Ingin Mengirim Tugas Via Email ke Dosen? Yuk, Perhatikan 6 Etika yang Harus di Terapkan Berikut Ini!

Pemalas vs Penunda

Perlu disadari meski banyak orang menganggap bahwa menunda dan malas sama hal nya, padahal sangat jelas bahwa malas dan menunda memiliki arti yang berbeda. Dimana malas merupakan suatu kondisi yang sobat sendiri malas untuk melakukan aktivitas, namun menunda dapat diartikan sebagai kondisi yang mana sobat lebih memilih mengerjakan hal lain ketimbang hal yang harus segera dikerjakan.

Dampak Menunda Pekerjaan

Adapun dampak dari menunda suatu pekerjaan ialah :

  1. Sobat akan melewati banyak peluang
  2. Tidak akan bisa mencapai sasaran
  3. Kehilangan banyak waktu berharga
  4. Dapat mempengaruhi kesehatan

Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Nah, selanjutnya kita akan membahas dalam mengatasi kebiasaan menunda suatu pekerjaan, maka dari itu, bagi sobat yang saat ini memiliki otivasi belajar rendah dan suka menunda-nunda pekerjaan, yuk disimak.

1. Niatkan Dalam Hati

Hal pertama yang dapat dilakukan dalam mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan ialah dengan memiliki niat. Jika sobat sudah memiliki niat maka pekerjaan akan dengan mudah dikerjakan dan akan selesai cepat waktu.

2. Buat List atau Jadwal Tertulis

Hal kedua yang dapat sobat lakukan yakni dengan membuat list atau daftar jadwal untuk mempermudah sobat dalam melakukan suatu aktivitas. Dari list atau jadwal tersebut, sobat dapat mengetahui pekerjaan apa yang harus sobat lakukan terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Cara Mengasah Jiwa Inovatif Jadi Lebih Kreatif

3. Rancang Matriks

Kemudian, hal yang ketiga ialah dengan merancang matriks yang dinamakan dengan Matriks Eisenhower, matriks ini dibuat agar dapat mengetahui hal apa yang harus dilakukan sekarang, dijadwalkan, di delegasikan atau dihapus dengan empat penentu sebagaimana dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Foto: Matriks Eisenhower

4. Hindari Sosial Media

Selanjutnya yakni dengan menghindari sosial media, karena dengan sosial media sobat akan merasa terhipnotis dan menggunakannya secara terus menerus tanpa mengenal waktu. Dengan begitu, pekerjaan yang seharusnya dapat dilakukan sekarang akan tertunda,dan hasilnya tidak akan dikerjakan sama sekali. Untuk itu, mulai sekarang latihlah diri sobat untuk menghindari sosial media, dan fokus ke suatu hal yang lebih bermanfaat.

5. Tidur yang Cukup

Hal terakhir yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan ialah dengan tidur yang cukup. Hal tersebut untuk membantu sobat agar dapat berkonsentrasi dengan baik pada pekerjaan yang sobat lakukan. Pekerjaan pun akan cepat selesai jika sobat memiliki waktu tidur yang cukup.

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan. Mudah-mudahan dengan ini sobat tidak lagi menunda pekerjaan sobat ya, tetap semangat.

 

10 Agustus 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *