Mengasah Jiwa Inovatif

5 Cara Mengasah Jiwa Inovatif Jadi Lebih Kreatif

5 Cara Mengasah Jiwa Inovatif Jadi Lebih Kreatif- Memiliki kepribadian inovatif itu sangat diperlukan bagi para pelajar termasuk mahasiswa bahkan sampai pekerja. Karena, berjiwa Inovatif selalu memiliki ide yang kreatif, dan jika bisa dimanfaatkan akan sangat berguna bagi kemajuan lingkungan sekitar. Tetapi, bagaimana cara mengembangkan diri agar bisa berjiwa inovatif? Ternyata hal ini bisa dilatih lewat kebiasaan sehari-hari. Melansir dari laman kompas.com, Berikut lima tipsnya yang bisa kamu ikuti untuk menambah sisi inovatif mu:

Baca Juga : Intip 4 Langkah Efektif Pengambilan Keputusan Sesuai Kepribadian

5 Cara Mengasah Jiwa Inovatif Jadi Lebih Kreatif

Mulai Dari Hal-Hal Kecil

Contohnya,  saat kamu berada di ruang kerja, kamu bisa coba memikirkan ide agar pemikiran inovatif bisa muncul untuk menghasilkan sesuatu yang mampu meringankan pekerjaanmu. Misalnya, mencari ide bagaimana menciptakan tempat atau alat penyimpanan arsip arsip, agar bisa lebih mudah tersusun dan sangat gampang saat dicari.

Apapun Hal di Sekelilingmu, Jadikan Inspirasi

Mulai perhatikan sekelilingmu, temukan masalah yang ada, kemudian cari ide untuk menyelesaikannya. Misal saat hendak minum kopi tapi kamu berkendala dengan suhu panas dari kopi tersebut, maka kendala tersebut bisa jadi inspirasi. Kamu bisa menghasilkan ide yang cemerlang dan berharga tinggi, yaitu gelas yang bisa menyesuaikan suhu air kopi yang ingin kamu minum setiap saat.

Pergunakan Skill

Jika kamu ahli dalam suatu bidang, mulailah berpikir bagaimana cara mengembangkan keahlian mu untuk mendapatkan suatu ide ide yang cemerlang. Coba buat daftar apa saja hal di bidang pekerjaan atau skill yang kamu dalami, yang kini sudah tidak relevan lagi.

Baca Juga : Bingung Setelah Lulus SMA Ingin Lanjut Kuliah Atau Kerja? Yuk, Temukan Solusinya Disini

Pertajam Naluri Bisnis

Di masa pandemi ini, banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang terpaksa gulung tikar karena tidak bisa melihat peluang. Tapi pelaku bisnis yang bernaluri tajam akan cepat berpikir dan melakukan inovasi, baik dalam produknya maupun dalam pelayanan bisnisnya. Kamu bisa melakukan Pivot, yaitu perubahan strategi bisnis atau model bisnis dengan tetap mempertahankan visi bisnis itu sendiri.

Gabung di Komunitas atau Perkumpulan Tertentu

Ikutilah komunitas atau organisasi yang berisi orang-orang yang kreatif dan penuh ide cemerlang. Tips tambahan untuk menjadi pribadi yang inovatif adalah melihat dunia dengan cara yang berbeda. Menjadi inovatif bisa bermanfaat bagi diri kita sendiri, bisnis, dan lingkungan.

20 April 2021
5

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

5 comments on “5 Cara Mengasah Jiwa Inovatif Jadi Lebih Kreatif”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *