masuk SMA

Kamu Lulusan SMP dan Ingin Masuk SMA? Yuk, Simak 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Untuk Sobat Sekolah!!!

5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Bagi Sobat yang Ingin Masuk SMA- Hallo Sobat Sekolah!!! Siapa nih diantara kalian yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yakni Sekolah Menengah Atas (SMA)? Meskipun tekesan sama, namun tetap saja kedua jenjang ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dimulai dari kurikulum yang diajarkan oleh guru, guru dan teman yang berbeda, serta tingkat kedewasaan dari seorang murid.

Dengan begitu, sudah dipastikan perlunya adaptasi dengan lingkungan baru yang sobat belum temukan semasa SMP. Dimulai dari mempersiapkan hal-hal terbaik sebelum sobat masuk SMA. Sobat mau tahu apa saja hal tersebut? yuk, mari disimak.

Baca Juga : Ingin Cakap Dalam Berbahasa Inggris? Yuk, Temukan 5 Tipsnya Disini!!!

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum  Masuk SMA

1. Prestasi

masuk SMA
Foto : Meraih Prestasi

Hal pertama, yang mungkin bisa sobat persiapkan sebelum masuk SMA ialah dengan memiliki sebuah prestasi. Hal ini bisa sobat raih semasa SMP agar dapat menunjang sobat dalam menempuh pendidikan di bangku SMA.

Bukan hanya nilai selama masa SMP saja yang akan menjamin sobat untuk dapat mempermudah dalam mendapatkan SMA yang diinginkan. Jika sobat memiliki sertifikat prestasi, cobalah untuk menunjukkan sertifikat tersebut. Karena sertifikat prestasi memiliki pengaruh yang sangat baik untuk sobat, dimana pihak sekolah tak hanya melihat dari segi nilai saja namun dapat juga mempertimbangkannya dari sertifikat prestasi yang dimiliki.

Sertifikat prestasi dapat diraih dengan mengikuti perlombaan baik yang berada di luar sekolah maupun di dalam sekolah. Bagi sobat yang memiliki keahlian dibidang yang disukai, sobat dapat mengikuti lomba dan mendapatkan penghargaan.

2. Komitmen Belajar

masuk SMA
Foto : Komitmen Belajar

Kemudian hal selanjutnya yang bisa sobat lakukan sebelum masuk SMA ialah berkomitmen untuk belajar. Pasalnya, di bangku SMA ialah masa-masa untuk menentukan masa depan sobat. Dalam meraih cita-cita, sobat harus dapat fokus ke bidang atau keahlian yang sobat kuasai. Agar, nantinya semasa kuliah ataupun bekerja sobat tak akan kehilangan arah.

Pelajaran yang diajarkan ketika SMP dan SMA memiliki bobot yang berbeda. Pelajaran di SMA mungkin akan lebih kompleks dan detail, dan kemungkinan  akan lebih sulit juga bagimu dalan mempelajari hal tersebut. Kebanyakan di SMP sobat diajarkan konsep dasar beberapa mata pelajaran, namun di SMA sobat akan mempelajari pelajaran tersebut dengan lebih mendalam dan mendetail. Maka dari itu, persiapkanlah diri sobat dalam menempuh pendidikan di masa SMA.

3. Kemampuan Bersosialisasi

masuk SMA
Foto : Bersosialisasi

Hal lain yang harus dipersiapkan ketika masuk SMA, ialah perlunya belajar bersosialisasi. Hal ini sangatlah penting dilakukan, karena kemungkinan besar, sobat akan bertemu dengan banyak orang baru dan lebih mudah untuk berpergian atau bermain. Kemampuan bersosialisasi yang baik akan membantu sobat dalam menjalin hubungan yang baik pula.

Karena itu, semakin sering sobat berinteraksi dengan orang lain, sobat akan lebih banyak bertemu karakter baru dan memahaminya. Sehingga kemampuan bersosialisasi yang sobat miliki juga dapat membantu untuk menjaga diri dari pergaulan yang kurang baik. Selain itu, kemampuan bersosialisasi juga akan membantu sobat lebih memahami dan menghormati orang lain sehingga sobat dapat berinterkasi dengan siapa saja.

Baca Juga : Ingin Lancar Dalam Mengerjakan Skripsi? Yuk, Simak 4 Tips Agar Cepat Lulus Kuliah

4. Tujuan dan Cita-Cita

masuk SMA
Foto : Tujuan dan Cita-cita

Selanjutnya, hal yang harus sobat lakukan ketika akan masuk SMA. Sobat harus dapat mengambil keputusan saat pengambilan jurusan. Pada dasarnya, tingkat pendidikan SMP dan SMA sangatlah berbeda, dimana saat memasuki SMA, sobat harus memilih beberapa jurusan yang nantinya akan menjadi dasar konsentrasi sobat.

Semisal, sobat senang dalam mempelajari alam sekitar, sobat dapat memilih jurusan IPA. Namun, jika sobat lebih suka mempelajari ilmu hukum, keuangan dan lainnya sobat dapat memilih jurusan IPS.

Tidak hanya di bangku SMA saja sobat harus menentukan jurusan mana yang terbaik untuk diri sobat, di perguruan tinggi pun sama. Jadi, sobat harus belajar dulu di bangku SMA, agar tidak salah mengambil keputusan dan dapat dengan mudah meraih cita-cita yang diinginkan oleh sobat.

5. Kemampuan Memanajemen Waktu

masuk SMA
Foto : Manajemen Waktu

Nah, ini merupakan hal terakhir yang bisa dilakukan saat akan masuk SMA, ialah dapat belajar memanajemen waktu. Dimana, pada saat SMA mungkin akan menjadi masa yang paling sibuk untuk sobat, selain belajar di sekolah, sobat juga akan mengikuti beberapa ekstrakurikuler serta masih senang bermain dengan teman sebaya.

Maka, perlulah untuk belajar memanajemen waktu, agar sobat dapat mengetahui mana hal yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Hal ini agar meminimalisir terbenturnya waktu yang dimiliki sehingga menjadi tidak tertata. Dampak negatifnya, sobat akan mendapatkan nilai yang kecil karena kurangnya waktu belajar.

Nah, itulah beberapa hal yang harus sobat persiapkan ketikan akan masuk SMA. Jadi, tetap semangat dan kejar mimpi mu setinggi mungkin.

27 Juli 2021
11

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

11 comments on “Kamu Lulusan SMP dan Ingin Masuk SMA? Yuk, Simak 5 Hal yang Wajib Dipersiapkan Untuk Sobat Sekolah!!!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *