Skripsi

Ingin Lancar Dalam Mengerjakan Skripsi? Yuk, Simak 4 Tips Agar Cepat Lulus Kuliah

4 Tips Mengerjakan Skripsi- Hallo Sobat Sekolah!!! Dalam mengenyam study di bangku perkuliahan, mungkin tak asing lagi bagi kalian dengan tugas akhir satu ini, yup, betul sekali tugas akhir ini bernama skripsi. Pasalnya tugas akhir ini  merupakan sebuah tugas yang hukumnya wajib atau harus dikerjakan oleh seluruh mahasiswa, tepatnya yang saat ini berada di tingkat akhir perkuliahan program sarjana.

Mengerjakan tugas akhir juga harus dapat menerapkan beberapa kaidah, seperti judul, teori, data hingga bimbingan dosen yang merupakan lika-liku para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir.

Pada dasarnya tugas akhir ini,  dapat dikerjakan dengan lancar, jika adanya kemauan keras dalam diri serta disiplin dalam mengerjakan tugas akhir, In Syaa Allah, kedepannya juga akan mudah dalam mengerjakan.

Baca Juga : Gagal SBMPTN? Tenang, Itu Bukan Akhir Dari Segalanya!

Namun, terkadang kita  sering sekali menemukan beberapa kendala dalam mengerjakan tugas akhir, dimulai dari menentukkan judul yang tepat, kehilangan motivasi,  mencari topik terbaru, hingga dosen pembimbing yang kurang kooperatif.

Nah, untuk itu Sobat Sekolah, bagi kalian yang saat ini sudah berada di tingkat akhir masa study dan sudah masuk dalam proses pembuatan skripsi, pada laman ini disajikan beberapa tips untuk kalian. Tips ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada sobat sekolah agar tetap semangat dalam mengerjakan tugas akhir.

4 Tips Dalam Mengerjakan Skripsi

1. Manajemen Waktu Yang Baik

Tips pertama, yang mungkin sobat sekolah bisa lakukan yakni buat ‘Time Schedule‘ karena dengan melakukan hal tersebut, sobat akan lebih mengetahui mana yang akan lebih diprioritaskan terlebih dahulu. Atur waktu sobat sebaik mungkin, agar pengerjaan skripsi sobat tidak tertunda.

2. Ikuti Aturan Dosen Pembimbing

Mungkin bagi sobat, dosen pembimbing merupakan dosen yang paling ditakuti selama pengerjaan skripsi. Namun, itu bukan asumsi yang tepat. Karena dosen pembimbing, dapat dikatakan sebagai dosen yang membantu mu dalam mengerjakan skripsi.

Watak dari dosen pembimbing juga berbeda-beda, ada yang sesuai dengan ekspektasi ada juga yang tidak sesuai ekspektasi. Walau begitu dosen pembimbing punya caranya sendiri dalam membimbing mahasiswa nya mengerjakan skirpsi. Karena, berkat dosen pembimbing lah, sobat akan maju sidang atau tidak. Jadi, tetap ikuti aturan dosen pembimbing mu, jika sobat ingin lulus tepat waktu.

Baca Juga : Intip 4 Langkah Efektif Pengambilan Keputusan Sesuai Kepribadian

3. Jangan Hanya Bertanya, Tanpa Aksi

Ada peribahasa yang berbunyi “Kakehan gludhugkurang udan“, Yang artinya “Terlalu banyak bicara, tidak didukung tindakan nyata”. Hal ini didukung, dengan kebanyakan mahasiswa yang cenderung lebih banyak berbicara dan berjanji kepada diri sendiri hingga beberapa dari mereka melupakan usaha.

Maka dari itu, mulai sekarang pikirkan skripsimu, mulai dari judul, topik, metode yang digunakan atau apapun yang ingin sobat jadikan untuk bahan penelitian. Sebelum menentukan, objek yang akan diteliti, perbanyak lah membaca referensi dari beberapa sumber seperti jurnal, buku, atau yang lainnya.

4. Sharing Pengalaman Dengan Kakak Tingkat atau Teman

Tips terakhir yang bisa menjadi rekomendasi untuk kalian yaitu berdiskusilah dengan teman seangkatan mu atau kakak tingkat mu yang pernah menjalani proses skripsi. Dengan berdiskusi, dimungkinkan sobat akan termotivasi untuk tetap mengerjakan skripsi dan optimis akan lulus tepat waktu.

Nah, itulah tadi beberapa tips terbaik untuk kalian, mudah-mudahan dengan tips ini bisa bermanfaat untuk kalian. Tetap semangat ya Sobat. Ingat, proses tidak akan mengkhianati hasil. Never Give up!!!!

 

 

7 Juli 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *