Gagal SBMPTN

Gagal SBMPTN? Tenang, Itu Bukan Akhir Dari Segalanya!

Gagal SBMPTN  Bukan Akhir Dari Segalanya- Masuk ke perguruan tinggi negeri ialah impian bagi semua orang, terlebih dengan menggunakan jalur SNMPTN/SBMPTN. Pasalnya, dengan jalur tersebut, dapat menunjang sobat untuk dapat masuk ke Universitas Negeri dengan biaya terjangkau. Namun, disamping itu banyak perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN dimulai dari waktu penyeleksian, proses seleksi, hingga biaya pendaftaran.

Untuk itu, jika kalian sobat sekolah yang pernah ikut test SNMPTN namun gagal, masih ada harapan untuk mendaftarkan diri ke PTN favorite dengan menggunakan jalur SBMPTN, dan jika masih gagal lagi dalam menghadapi seleksi ujian untuk mendapatkan PTN yang diingkan, jangan risau. Karena, masih banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tidak kalah baiknya dengan PTN. Selain itu, masih banyak langkah yang masih dapat sobat tempuh untuk menggapai cita-cita meski telah dinyatakan Gagal SBMPTN.

Baca Juga : Intip 4 Langkah Efektif Pengambilan Keputusan Sesuai Kepribadian

Berikut 5 Tips Bagi Kalian yang Gagal SBMPTN Namun Masih Ingin Mengejar Mimpi

1. Mencoba Tahun Depan Dengan Persiapan Lebih Baik

Teruntuk sobat yang sudah mengikuti test SBMPTN namun masih gagal, janganlah risau. Karena masih banyak tips yang harus sobat lakukan, salah satunya yakni cobalah lagi tahun depan. Gagal SBMPTN bukan akhir dari segalanya, sobat masih bisa coba melakukannya lagi di tahun depan.

Nah, saat ini sobat coba dulu untuk memahami materi yang sudah sobat dapatkan di test SBMPTN kemarin. Usahakan untuk mempelajari kembali semua materi yang diuji, kemudian setelah mempelajari materi, lakukan test mandiri, minta bantuan teman untuk mengoreksi jawaban. Jika masih terdapat jawaban yang salah, jangan berputus asa untuk tetap belajar. Selain itu, Berdo’alah kepada sang Maha Kuasa, supaya tahun depan di mudah kan dalam test SBMPTN, dan jangan lupa minta restu Orang Tua agar dimudahkan segala urusannya.

2. Meng-upgrade Skill

Lalu untuk tips berikutnya yakni, cobalah upgrade skill diri sobat. Ketika sobat gagal SBMPTN janganlah berputus asa. Masih banyak cara lain yang dapat sobat lakukan, yakni Upgrade Skill Sobat. Ada banyak kemampuan yang dapat sobat lakukan diantaranya, sobat dapat mempelajari public speaking dan pemecahan masalah  karena kedua hal tersebut dapat digunakan sobat dalam menempuh dunia kerja.

Kemudian, sobat juga dapat mengasah kemampuan lain seperti marketing, desain, ataupun coding. Kemampuan tambahan tersebut, memang tidak langsung mempengaruhi sobat dalam ujian. Namun, akan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari sampai mendapatkan pekerjaan di kemudian hari.

3. Mencoba Jalur Lain

Tidak semua orang memiliki kesabaran yang luas untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri yang diidamkan. Banyak orang yang sudah mencoba seleksi SBMPTN namun, masih gagal. Gagal SBMPTN bukanlah ujian berat, karena masih banyak cara lain yang dapat dilakukan. Cara lain agar mendapatkan universitas yang didambakan yakni dengan mencari tahu jalur non-reguler, Biasanya jalur tersebut, dibuka setelah SBMPTN dilaksanakan.

Nah, sobat dapat mengikuti seleksi pada jalur non reguler. Meski jalur non-reguler dianggap lebih mudah dari SBMPTN, tapi jangan sampai sobat menganggap hal tersebut dengan mudah, karena bisa jadi hasilnya akan lebih buruk dari test SBMPTN sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mudah Hadapi UTBK 2021, Yuk Simak Fakta Menariknya

4. Mengasah Hobi

Tips selanjutnya yakni asahlah hobi yang disukai oleh sobat. Hobi yang biasanya sering sobat lakukan pada waktu luang, mungkin tidak sobat lakukan selagi mempersiapkan SBMPTN. Karena, harus mempersiapkan segala macam persiapan pada ujian tersebut. Dimulai dari belajar dengan sungguh-sungguh, memahami semua materi yang sudah di sampaikan oleh guru selama menempuh bangku sekolah, ataupun hal lainnya. Namun, karena sudah dinyatakan gagal SBMPTN, sobat jangan sedih. Sobat dapat terus mengasah hobi. Bisa saja Hobi yang biasa sobat lakukan dapat menjadi jembatan bagi sobat untuk meraih cita-cita.

5. Memilih Kampus Swasta Yang Memiliki Prospek Kerja Baik

Dan, tips terakhir yang mungkin bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk sobat yakni  dengan memilih kampus swasta yang memiliki prospek karir baik . Jika sobat,  dinyatakan gagal SBMPTN, sobat dapat memilih kampus-kampus swasta, yang prospek karir nya jauh lebih bagus dibandingkan memilih Universitas Negeri. Karena, Universitas Negeri juga tak menjamin lulusan nya akan mendapatkan pekerjaan yang layak ketika sudah lulus.

Kampus swasta unggulan yang memiliki prospek karir baik salah satu contohnya, yakni Universitas Nusa Mandiri, selain memang kampus nya berada dimana saja, dapat dijangkau serta sudah ter-akreditasi BAN-PT dengan nilai ‘Baik Sekali’. Kampus ini juga memiliki se-gudang prestasi, mulai dari akademik maupun non-akademik. Bagi sobat, yang bingung harus mendaftarkan diri ke kampus mana, karena ter-kendala ekonomi, sobat dapat memilih kampus ini, karena kampus yang kerap disebut dengan UNM, telah menawarkan beasiswa bagi sobat yang ingin meneruskan study-nya. Beasiswa yang ditawarkan oleh kampus Universitas Nusa Mandiri ialah Beasiswa KIP-Kuliah, diharapkan dengan adanya beasiswa ini sobat dapat terbantu untuk menggapai cita-cita sobat.

Prospek karir yang ditawarkan juga tidak kalah baik dengan kampus Negeri, yakni bila sobat menyukai dan senang berkutat pada program komputer, dan ingin  mengambil prodi Sistem Informasi, Informatika serta Data Analisis, nantinya sobat akan menjadi Programmer. Dan bila sobat memilih prodi manajemen sobat dapat menjadi pegawai kantor atau administrasi di perusahaan Negeri maupun Swasta.

Selain itu, kampus ini juga merupakan kampus yang telah melahirkan para alumni yang sukses. Salah satunya Giovanni Umboh, beliau merupakan lulusan dari Universitas Nusa Mandiri yang telah sukses dan saat ini menjadi CEO_Founder Bizhare.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi bagi sobat yang gagal SBMPTN, pintar-pintar lah dalam mengambil keputusan. Karena hal tersebut akan menentukan masa depan sobat. Jadi, tetap semangat ya dan jangan mudah berputus asa.

 

 

14 Juni 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *