Hadapi UTBK 2021

Cara Mudah Hadapi UTBK 2021, Yuk Simak Fakta Menariknya

Cara Mudah Hadapi UTBK 2021, Yuk Simak Informasi Lengkapnya- Halo sobat sekolah!! Bagaimana nih persiapan kalian dalam menghadapi UTBK 2021 nanti, apakah sudah siap dalam melaksanakan ujiannya? atau masih mencari tak-tik tertentu untuk menghadapi ujian tersebut??

Oke, sebelum membahas mengenai Tips dan Trik cara menghadapi UTBK 2021. Disini akan terlebih dahulu mengulas beberapa informasi menarik perihal UTBK.

Bicara soal UTBK, yup Ujian Test Berbasis Komputer atau yang biasa dikenal dengan UTBK merupakan persyaratan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

UTBK 2021, memiliki tiga kelompok ujian yang masing-masing memuat perbedaan. Diantaranya ada kelompok ujian Saintek, Soshum dan Campuran. Untuk kelompok ujian Saintek materi yang akan diuji nanti meliputi Matematika Saintek, Biologi, Fisika, dan Kimia sementara pada kelompok ujian Soshum materinya yaitu Matematika Soshum, Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi.

Kemudian, jika sobat memilih kelompok ujian campuran, maka sobat akan mengikuti Tes Kompetensi Akademik (TPA) sebanyak 2 kali dengan mengikuti ujian Saintek dan Soshum. Untuk informasi lengkapnya sobat dapat lihat ulasannya di laman https://sobatsekolah.com/pendidikan/cari-tau-info-lengkap-utbk-sbmptn-2021/.

Nah, sobat sudah taukan informasi mengenai UTBK 2021?  sekarang kita lanjut ke pembahasan mengenai tips dan trik menghadapi UTBK 2021. Apa saja itu? Yuk, mari disimak.

Baca Juga : Raih Hadiah Beasiswa Hingga 1 Miliar Rupiah Bersama M-Tryout Pada Percobaan UTBK

Cara Mudah Hadapi UTBK 2021

1. Persiapkan Mental

Persiapan menuju UTBK 2021 sangatlah panjang, sobat harus mengikuti berbagai macam proses pembelajaran, bukan hanya itu saja sobat juga diharuskan untuk mengikuti  try-out, sebagai dasar ujian sejauh mana sobat memahami materi yang disampaikan oleh guru. Setelah itu sobat akan merasakan hasil akhirnya seperti apa. Antara mendapatkan hasil yang bahagia atau yang kurang mengenakkan atau bisa jadi mendapatkan kegagalan.

Nah, maka dari itu pastikan mental sobat  sudah siap jika sobat menemukan suatu kegagalan dalam setiap prosesnya. Persiapkan mental sobat untuk selalu berusaha meskipun sobat menemukan banyak kegagalan dan harus tetap percaya bahwa akan selalu ada cara lain menuju kesuksesan

2. Membuat Target Belajar

Tips berikutnya dalam hadapi UTBK 2021 yaitu buatlah target belajar. Bila perlu buatlah catatan hasil belajar mu setiap minggu. Selain itu, sobat bisa mengisi dengan membuat daftar materi-materi apa saja yang harus sobat pelajari dahulu sampai materi yang tidak teralu membutuhkan usaha berlebih untuk mempersiapkannya. Perlu diingat, dalam membuat target belajar utamakan pada materi yang belum sobat mengerti sama sekali dan materi yang membutuhkan waktu banyak untuk mempersiapkan sehingga sobat masih mempunyai waktu yang cukup untuk mengejar materi yang tertinggal.

Baca Juga : Unduh Aplikasi M-Tryout, Siswa SMK N 1 Adiwerna Tegal Dapatkan Hadiah Berupa Samsung Galaxy A10

3. Latihan Soal UTBK Tahun Sebelumnya

Pada latihan soal UTBK, sobat bisa mencari soal-soal UTBK tahun sebelumnya di berbagai media. Melalui latihan soal UTBK, sobat  dapat mengevaluasi kemampuan sobat secara efesien. Sobat  juga dapat mengukur kemampuan terhadap materi apa saja yang belum dikuasai atau yang sudah dikuasai dengan baik.  Selain itu, Sobat juga bisa memulai mengerjakan soal-soal try-out UTBK  atau SBMPTN  di aplikasi atau laman web yang tersebar di internet. Salah satunya Aplikasi M-Tryout.

M-Tryout merupakan aplikasi pembelajaran untuk siswa SMA/SMK/MA sederajat kelas 10,11 dan 12 yang digunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diakses melalui smartphone. Dengan begitu sobat tidak akan kesulitan lagi dalam mengerjakan atau melatih kemampuan belajar mu. Karena dengan menggunakan satu genggaman saja sobat dapat dengan mudah menjawab pertanyaan soal yang disediakan di aplikasi M-Tryout.

4. Belajar Pahami Konsep

Langkah berikutnya dalam hadapi UTBK 2021, dengan memahami konsep soal yang ada di Ujian Tertulis Berbasis Komputer nanti. Pahami bentul, keseluruhan soal-soalnya. Carilah soal yang mudah terlebih dulu untuk bisa sobat kerjakan, jawablah sebisa sobat jangan sampai ada satu soal yang tidak terisi, karena nanti akan memengaruhi nilai.

Baca Juga : Yuk, Cari Tau! Info Lengkap UTBK-SBMPTN 2021

5. Tryout

Try-out merupakan salah satu bentuk evaluasi diri terhadap hasil belajar atau pendalaman materi yang telah sobat lakukan.  Sudah sejauh mana perkembangan sobat  dari hasil try-out kemarin? Jangan lupa untuk selalu bandingkan pencapaian hasil try-out sobat yang kemarin dengan yang sekarang.

Jika sobat merasa tidak terlalu mengalami kesusahan dalam mengerjakan soal seperti try-out sebelumnya, selamat! Sobat telah mengalami kenaikan dalam perkembangan belajar. Dan teruslah berlatih dalam mengevaluasi materi yang masih kamu anggap susah untuk dipelajari kembali pada saat pendalaman materi.

Jika kamu kesulitan menemukan tempat bimbel yang menyediakan try-out rutin, Jangan khawatir, M-Tryout menyediakan berbagai macam soal try-out online. Materi yang akan diujikan di aplikasi tersebut meliputi UNBK yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. kemudian diujikan juga UTBK yang terdiri dari TPA dan TPS.

Nah itu tadi tips dan trik dalam hadapi UTBK 2021. Semoga dengan ini sobat dapat dengan mudah mengerjakan tes UTBK. Tetap semangat sobat, jangan lupa untuk berdo’a kepada Allah SWT dan minta do’a juga kepada Orang Tua kalian… Never Give Up!!!

 

25 Februari 2021
4

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

4 comments on “Cara Mudah Hadapi UTBK 2021, Yuk Simak Fakta Menariknya”

    1. Yeeaay.. Selamaat Kakak…

      Kamsahamnida, sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini dan mengunjungi laman sobat sekolah ini ya…
      Jangan lupa baca artikel lain dilaman sobat sekolah 🙂
      Tetap Semangat

    1. Iyaah Kak, siapa tau aja kakak beruntung ya, Aamiin…

      Kamsahamnida, sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini dan mengunjungi laman sobat sekolah ini ya…
      Jangan lupa baca artikel lain dilaman sobat sekolah 🙂
      Tetap Semangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *