Sikap Self Appreciation

Kenali 5 Sikap Self Appreciation Untuk Meningkatkan Kehidupan Lebih Baik

Kenali 5 Sikap Self Appreciation Untuk Meningkatkan Kehidupan Lebih Baik- Halo Sobat Sekolah. Di musim hujan sekarang ini, enaknya melakukan aktivitas apa ya? Hmm, Kalau aku sih biasanya mendengarkan musik, baca novel, plus makan indomie dengan minum susu coklat hangat, beuuhh. Rasanya surgawi sekali. Lalu kalau kalian apa???

Apapun yang kalian lakukan semoga sangat bermakna untuk kehidupan kalian ya. Dan semoga itu menjadi salah satu upaya untuk bisa menghargai diri kalian sendiri.

Bicara mengenai harga diri tentu tidak asing dengan Self Appreciation. Ada yang tau artinya gak sikap Self Appreciation itu apa?.

Sikap Self Appreciation merupakan salah satu cara untuk bisa menjadikan diri kalian lebih baik. Banyak dampak positif yang kalian dapatkan dalam menerapkan sikap self appreciation. Kalian juga akan merasa lebih percaya diri, semangat dalam melakukan aktivitas, dan memiliki pikiran yang positif. Nah, mau tau, bagaimana cara mendapatkan sikap self appreciation untuk diri kalian?. Mari disimak tipsnya.

Baca Juga : Apa sih Rasa Insecure itu? Yuk, Kenali Arti, 5 Tanda-Tanda Unik dan Cara Mengatasinya Disini

5 Tips Sikap Self Appreciation yang Bisa Sobat Terapkan

1. Awali Hari Dengan Memuji Diri

Sikap Self Appreciation
Foto : Memuji Diri Sendiri

Yang pertama yakni, pujilah diri kalian sendiri. Karena, siapa lagi yang memuji diri kalian selain diri kalian lah sendiri yang memujinya.

Memuji diri sendiri bisa dimulai dengan menggunakan kata motivasi, kata mutiara dan hal lainnya. Sebagai bentuk apresiasi kalian karena sudah melakukan banyak aktivitas sepanjang hari.

Untuk melakukan nya kalian bisa lakukan di depan cermin supaya dapat melihat ekspresi yang ada pada diri kalian. Dengan begitu kalian dapat menemukan sikap self appreciation sesungguhnya di diri kalian.

2. Luangkan Waktu Bersama Orang Tercinta

Sikap Self Appreciation
Foto : Bertemu Dengan Sahabat Tercinta

Setelah beraktivitas seharian penuh, ntah itu belajar atau bekerja. Luangkan lah waktu sebentar untuk bertemu orang-orang terkasih misal nya sahabat, pacar, keluarga, atau siapapun orang terdekat kalian.

Yang bisa membuat kalian bergairah dalam meningkatkan mood dan kesehatan mental. Sehingga dengan begitu kalian bisa merasakan kedamaian yang ada pada diri kalian sendiri.

3. Memanjakan Diri

Sikap Self Appreciation
Foto : Memanjakan Diri

Tips berikutnya yaitu dengan memanjakan diri. Cara memanjakan diri yang baik ialah dengan pergi liburan. Karena, Liburan merupakan momen yang sangat pas untuk menghilangkan penat. Carilah tempat liburan yang sesuai dengan tipikal kalian.

Misal, kalian memiliki kepribadian introvert kalian bisa memilih liburan ke tempat yang sepi, contohnya gunung, perpustakaan dan masih banyak yang lainnya. Dan bagi kalian yang memiliki kepribadian ekstrovert kalian bisa pergi ke acara yang banyak pengunjungnya, seperti pesta dan pantai.

Selain dengan pergi liburan kalian bisa melakukan aktivitas  lain seperti, membaca buku, menonton film, mendengarkan musik atau aktivitas lainnya.

Baca Juga : Inilah 5 Filosofi Hujan Untuk Memaknai Arti Kehidupan

4. Berikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Sikap Self Appreciation
Foto : Beri Hadiah Untuk Diri Sendiri

Beri hadiah untuk diri sendiri, mungkin kedengaran nya unik. Tapi jangan heran,  memberikan hadiah untuk diri sendiri memiliki pengaruh yang besar pada diri kalian lho!.

Karena dengan begitu, kalian juga bisa mendapatkan semangat hidup dan perasaan positif pada diri kalian. Hal yang bisa kalian terapkan dalam memberikan hadiah untuk diri kalian sendiri, yakni dengan membeli kebutuhan diri.

Misal, perlengkapan belajar atau bekerja, pakaian, makanan bahkan skin care untuk merawat diri. Dengan cara, menyisihkan sebagian uang yang kalian dapatkan dari uang jajan atau  gaji. Tapi ingat, jangan terlalu boros ya.

5. Olahraga yang Teratur

Sikap Self Appreciation
Foto : Olahraga secara teratur

Tips terakhir dalam self appreciation yakni berolahraga secara teratur. Pilih olahraga yang sesuai dengan minat dan kemampuan kalian, bila perlu yang ringan saja. Kalian bisa melakukan jogging di pagi hari sambil menunggu waktu berangkat sekolah, kerja maupun kuliah. Atau mungkin setiap satu kali dalam seminggu luangkan waktu untuk berenang.

Karena jika tubuh harus dipaksa dalam bekerja atau belajar secara terus menerus. Akibatnya, tidak baik pada kesehatan. Dengan berolahraga kalian akan merasa puas terhadap diri kalian dan akan lebih peduli pada lingkungan sekitar. Manfaat lainnya, yaitu dapat  membuat tubuh segar dan berenergi.

3 Februari 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

Eka Herdit Juningsih (Si Melankolis dan Introvert 👀😶)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *