Kamis, November 24, 2022

Apa itu Indeks Massa Tubuh? Manfaat IMT? BMI Jelaskan secara rinci!

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Jakarta – Anda pasti pernah mendengar orang berkata, Indeks Massa Tubuh Saya adalah milik saya ini adalah itu dan semua itu. Tapi apa sebenarnya Indeks Massa Tubuh itu? Bagaimana Orang menghitung Indeks Massa Tubuh baik secara manual atau dengan menggunakan Kalkulator BMi? Mari kita cari tahu.

Mengapa Orang Menghitung Indeks Massa Tubuh? (BMI)

Orang menghitung Indeks Massa Tubuh, BMI karena merupakan indikator yang andal dan sangat dapat dipercaya untuk mengukur kegemukan tubuh, Dengan bantuan Kalkulator BMI Anda dapat menunjukkan masalah apa pun yang mungkin disebabkan karena kelebihan berat badan dan kekurangan berat badan.

BMI membantu mengidentifikasi dan menunjukkan masalah kesehatan tersebut sehingga kami dapat menyembuhkannya sebelum menjadi lebih buruk.

- Advertisement -

Baca Juga : Cara Kurangi Berat Badan dan Hilangkan Lemak Perut

Apa pentingnya menghitung Indeks Massa Tubuh? (BMI)

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, nilai BMI bisa sangat berguna dalam menunjukkan penyakit apa pun yang terkait dengan hubungan tinggi dan berat badan. BMI adalah cara yang bagus untuk menunjukkan apakah tinggi badan Anda dalam proporsi yang sehat untuk berat badan Anda atau tidak. Dengan mengetahui apakah Anda kurus atau kegemukan, sebenarnya Anda bisa menyembuhkan banyak penyakit, seperti:

Penyakit yang mungkin terjadi karena kelebihan berat badan:

  • Diabetes tipe 2
  • Tekanan darah tinggi
  • Masalah jantung atau pembuluh darah
  • Penyakit kardiovaskular
  • Masalah muskuloskeletal
  • Dan banyak lagi.
- Advertisement -

Penyakit yang mungkin terjadi karena kekurangan berat badan:

  • Resiko malnutrisi
  • Osteoporosis
  • Anemia
  • Dan banyak lagi.

Jadi sekarang saya berasumsi, dengan fakta-fakta yang disebutkan di atas, Anda harus dapat memahami sekarang betapa pentingnya dan bermanfaatnya bagi kita ukuran Nilai BMI kita.

Sekarang Anda tahu mengapa orang menghitung BMI atau Indeks Massa Tubuh, Sekarang mari kita lihat, Apa arti istilah “Indeks Massa Tubuh” Anda dapat menggunakan Kalkulator BMI dari internet.

Baca Juga : Lakukan Hal Ini Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Pengertian Indeks Massa Tubuh (BMI)

Indeks massa tubuh (IMT) layak didapatkan dari massa (berat badan) dan tinggi badan seseorang. IMT dicirikan sebagai massa tubuh yang dibagi dengan kuadrat tinggi badan dan dinyatakan dalam satuan kg/m2, muncul karena massa dalam kilogram dan tinggi badan dalam meter.

BMI dapat diselesaikan untuk menggunakan tabel atau grafik yang menunjukkan BMI sebagai elemen massa dan tinggi menggunakan garis bentuk atau nada untuk berbagai klasifikasi BMI, dan yang dapat menggunakan unit estimasi yang berbeda (diubah ke unit metrik untuk perhitungan).

BMI adalah pedoman umum yang bermanfaat yang digunakan untuk secara komprehensif mengatur seseorang sebagai kurus, berat badan biasa, kelebihan berat badan, atau besar tergantung pada massa jaringan (otot, lemak, dan tulang) dan tinggi badan. Biasanya rentang BMI yang diakui adalah kurus (di bawah 18,5 kg/m2), berat badan biasa (18,5 hingga 25), kelebihan berat badan (25 hingga 30), dan gemuk (lebih dari 30). Ketika digunakan untuk memperkirakan kesejahteraan seseorang, bukan sebagai perkiraan faktual untuk pertemuan, BMI memiliki batasan yang membuatnya kurang bermanfaat daripada beberapa opsi lainnya, terutama jika diterapkan pada orang dengan perut kekar, tinggi badan pendek, atau anehnya. massal tinggi.

BMI di bawah 20 dan lebih dari 25 telah dikaitkan dengan semua penyebab kematian yang lebih tinggi, dengan bahaya meluas dengan jarak dari wilayah 20-25. Namun, jangkauan ideal berubah berdasarkan ras, dengan BMI yang dianggap biasa untuk kelompok orang Eropa menjadi sangat tinggi untuk kelompok orang Asia.

BMI sesuai dengan massa dan sebaliknya relatif terhadap kuadrat tinggi badan. Jadi, jika semua ukuran tubuh berlipat ganda, dan skala massa biasanya mengikuti bentuk tinggi badan, maka, pada saat itu, salinan BMI tidak seperti sebelumnya. Hasil ini pada individu yang lebih tinggi memiliki BMI rinci yang sangat tinggi, kontras dengan tingkat lemak tubuh mereka yang sebenarnya. Dalam korelasinya, indeks Ponderal bergantung pada karakteristik penskalaan massa dengan gaya ketiga tinggi badan.

Namun, banyak orang yang lebih tinggi adalah orang yang “bertambah” kecil tetapi umumnya akan memiliki tepi yang lebih kecil sehubungan dengan tinggi badan mereka. Carl Lavie telah menyusun bahwa “The B.M.I. Tabel sangat bagus untuk membedakan berat badan dan lemak tubuh dalam populasi besar, namun, mereka tidak dapat disangkal kurang dapat diandalkan untuk menentukan ukuran orang.”

Penggunaan umum BMI adalah untuk mensurvei seberapa jauh berat badan seseorang turun berdasarkan apa yang biasa atau menarik untuk tinggi badan seseorang. Kelimpahan atau kekurangan berat badan mungkin, sampai batas tertentu, diwakili oleh tubuh (jaringan lemak) meskipun faktor yang berbeda, misalnya, kekuatan juga mempengaruhi BMI secara mendasar (lihat percakapan di bawah dan kelebihan berat badan).

WHO menghormati BMI di bawah 18,5 sebagai kekurangan berat badan dan mungkin menunjukkan kurangnya makanan sehat, masalah diet, atau kondisi medis lainnya, sementara BMI yang setara dengan atau lebih menonjol dari 25 dianggap kelebihan berat badan atau lebih dari 30 dianggap besar. Cakupan nilai BMI ini sah seperti klasifikasi faktual.

Baca Juga : Daftar Makanan Rendah Kalori Untuk Diet

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Perhitungan BMI atau indeks massa tubuh adalah salah satu yang super sederhana, tidak seperti pertanyaan Fisika super panjang yang Anda lakukan di sekolah dan perguruan tinggi.

BMI adalah ukuran sederhana, seperti yang saya sebutkan beberapa kali sebelumnya, tinggi dan berat badan seseorang. Rumus Indeks Massa Tubuh yang sangat sederhana, BMI seperti, kg/m2, di mana “kg” adalah berat badan seseorang dalam Kilogram dan “m” adalah kuadrat dari tinggi badan seseorang dalam meter.

Izinkan saya mengingatkan Anda sekali lagi Jika IMT seseorang dengan rumus di atas ternyata 25 atau lebih dari itu, maka orang tersebut dianggap kelebihan berat badan, dan jika dengan menggunakan rumus yang sama, nilai BMI keluar berada di kisaran antara, 18,5 hingga 24,9 dari orang tersebut dianggap sebagai individu yang sehat. Nilai BMI untuk seseorang di bawah yang dianggap sebagai orang yang kekurangan berat badan.

Anda dapat menghitung nilainya dengan rumus yang disebutkan di atas atau Anda dapat menggunakan beberapa kalkulator BMI yang tersedia gratis di internet.

Anda dapat menemukan lebih banyak seperti ini di internet, Anda dapat menggunakan salah satu sesuai dengan keinginan Anda. Meskipun Anda perlu mengetahui nilai berat badan Anda dalam kilogram dan tinggi badan Anda dalam meter, cukup buka salah satu kalkulator ini, isi nilainya, dan boom! Nilai BMI Anda ada di depan Anda, sekarang Anda dapat mengetahui apakah Anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Makna Warna Seragam Sekolah dari SD hingga SMA, Penting Untuk Dicatat!!!

Sobatsekolah.com, Jakarta - Hallo sobat sekolah!!! Seragam sekolah merupakan salah satu pakaian yang wajib digunakan saat sekolah, pasalnya pakaian tersebut...

More Articles Like This

- Advertisement -