smp islam terbaik di bandung

Tips Memilih SMP Islam Terbaik di Bandung dan Rekomendasinya

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap umat manusia. Selain pendidikan umum, anak juga harus dibekali dengan ilmu agama, sehingga persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat lebih seimbang.

Dengan alasan tersebut, banyak orang yang tua yang memilih untuk menyekolahkan putra-putrinya di SMP Islam terbaik di Bandung. Ya, terlebih lagi di kota besar seperti Bandung, efek pergaulan bebas sudah sangat besar, sehingga anak-anak harus dibekali dengan ilmu agama sedini mungkin.

Berbincang tentang SMP Islam terbaik di kota Kembang ini, sebenarnya ada banyak Boarding School Islam di Bandung yang bisa jadi pilihan Sahabat Sekolah.

Namun perlu diingat, jika tidak semua SMP Islam menawarkan pendidikan dengan kualitas terbaik. Oleh sebab itu, Sobat Sekolah harus cermat dalam memilih SMP Islam terbaik di Bandung.

Baca Juga: Daftar Kampus Swasta di Sukabumi

Tips Memilih SMP Islam Terbaik di Bandung

Nah, untuk memilih SMP Islam terbaik, beberapa poin berikut bisa dijadikan sebagai patokan.

  1. Suasana dan Lingkungan Sekolah

Sebelum melihat lebih lanjut terkait materi pembelajaran yang diberikan, Sobat Sekolah bisa mengecek terlebih dahulu suasana dan lingkungan sekolah.

Kedisiplinan menjadi poin penting yang perlu diperhatikan. Apakah lingkungan sekolah tersebut menerapkan nilai kedisiplinan dengan baik atau tidak. Sebagai contoh, mewajibkan siswa sholat dhuhur berjamaah.

Selain itu, jam pembelajaran juga sudah terjadwal dengan baik. Tujuannya yaitu agar proses belajar-mengajar bisa dilakukan secara maksimal.

Tentunya nilai-nilai kedisiplinan tersebut bukan hanya diperuntukkan bagi siswa, namun seluruh partisipan pendidikan, termasuk tenaga pendidik, pengelola, hingga pengurus Yayasan. Dan konsekuensi harus diberikan secara terukur, tegas serta konsisten.

  1. Pemberian Materi Islami Secara Mendalam

Bukan hanya sebagai lembaga pendidikan formal, namun SMP Islam juga harus menjadi tempat menimba ilmu agama. Di sini seluruh siswa akan dibimbing untuk mempelajari materi agama dengan porsi jauh lebih banyak dibandingkan sekolah negeri.

Nah, selain sebagai tambahan materi pembelajaran, ilmu agama yang disampaikan juga harus mendalam. Sehingga, ketika lulus dari Boarding School Islam di Bandung, seluruh siswa sudah memiliki bekal yang cukup dalam ilmu keagamaan.

  1. Fasilitas Pendukung Lengkap

Untuk memberi kenyamanan pada siswa maupun tenaga pengajar, lembaga sekolah juga harus memiliki fasilitas pendukung yang memadai. Mulai dari gedung sekolah, lab komputer, lab IPA, perpustakaan, GOR, masjid, dan masih banyak lainnya.

Selain fasilitas berupa sarana-prasarana tersebut, tenaga pengawas juga merupakan fasilitas wajib yang harus dimiliki oleh embaga Pendidikan. Alasanannya tidak lain yaitu untuk menjaga suasana sekolah tetap aman, kondusif dan siswa bisa belajar dengan baik nyaman.

Tak hanya itu, fasilitas seperti adanya jadwal study tour juga bisa menjadi pertimbangan Sobat Sekolah. Dengan begitu siswa bisa mempelajari ilmu non-formal, baik dalam lingkup bisnis maupun lingkungan masyarakat luar.

  1. Biaya Pendidikan

Biaya juga termasuk poin yang perlu diperhatikan. Meski beberapa orang tua mungkin tidak mempermasalahkan biaya yang mahal, namun hal ini tidak berlaku bagi semua orang.

Sehingga, bisa dikatakan jika kriteria SMP Islam terbaik di Bandung yakni sekolah yang menetapkan biaya pendidikan terjangkau. Bukan hanya untuk kalangan atas, namun juga kalangan menengah ke bawah.

  1. Tersedia Beasiswa

Ketersediaan beasiswa tentu akan membantu sekaligus menambah semangat para peserta didik. Di mana jenis beasiswa yang dibagikan bisa disesuaikan dengan kebijakan dan kebutuhan siswa, baik beasiswa prestasi, beasiswa siswa kurang mampu dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kampus Swasta di Pontianak

Mencari SMP Islam Terbaik di Bandung

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas, Anda bisa mengecek profil SMP Al Masoem sebagai rujukan Boarding School Islam di Bandung.

Yayasan yang telah berdiri sejak tahun 1986 ini memiliki Lembaga Pendidikan formal maupun non-formal dengan visi untuk membentuk generasi yang “Cageue, Bageur, Pinter”.

Nah, untuk memaksimalkan proses belajar-mengajar, SMP Al Masoem menerapkan beberapa strategi seperti pembelajaran yang terjadwal dan efektif, hingga suasana sekolah yang kondusif.

Sebagai upaya memudahkan peserta didik, SMP Al Masoem juga tidak menetapkan biaya daftar ulang. Bahkan, bagi Sobat Sekolah yang melakukan pendaftaran lebih awal, biaya yang ditetapkan lebih terjangkau.

1 Oktober 2021

Penulis: Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *