Jumat, September 23, 2022

8 Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia bagi Calon Mahasiswa

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta –  Mencari tahu kampus sebelum masuk perkuliahan wajib dilakukan oleh calon mahasiswa, terlebih siswa/I yang berada di tingkat akhir bangku Sekolah Menengah Atas (SMA)/SMK/MA sederajat lainnya.

Tepatnya di Indonesia, terdapat dua jenis Universitas yakni Universitas Negeri dan Swasta. Keduanya, sama-sama memiliki fungsi sebagai tempat untuk menimba ilmu, baik materi untuk mengembangkan keilmuan atau keterampilan sosial, hingga pembentukan karakter.

Namun, perlu diingat bahwa Universitas Negeri dan Swasta juga memiliki beberapa perbedaan. Seperti yang dilansir dari wirahadie.com, terdapat 8 perbedaan antara universitas swasta ataupun negeri yang dapat disimak di bawah ini.

Baca Juga : Inilah 8 Perbedaan Jalur Masuk Ke Perguruan Tinggi

8 Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta di  Indonesia

1. Biaya Kuliah

Perbedaan yang pertama, yaitu terletak pada biaya kuliah yang dikeluarkan oleh tiap mahasiswa. Pada universitas negeri, sebelum mahasiswa terdaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mereka harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya test masuk yang mereka pilih. Namun, ada beberapa test masuk yang tidak disuruh bayar seperti SBMPTN dan SNMPTN. Beda halnya dengan Ujian Mandiri yang tiap PTN memiliki ketentuan masing-masing. Sementara pada, Perguruan Tinggi Swasta,  biaya gedung di PTS dibebankan langsung kepada mahasiswanya.

2. Fasilitas Kampus

Perbedaan universitas negeri dan swasta yang kedua ialah terletak pada Fasilitas Kampus. Fasilitas kampus yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Negeri terbilang lebih lengkap seperti terdapat ruang kelas, musholla, kantin, lapangan, Lab komputer, lab bahasa, perpustakaan dan disertai lahan yang cukup luas. Sedangkan, perguruan tinggi swasta juga terdapat beberapa fasilitas yang sama dengan perguruan tinggi negeri, yang membedakan tidak selengkap di PTN dan lahannya lebih sempit.

3. Dosen Pengajar

Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta yang ketiga ialah Dosen Pengajar yang berada di masing-masing kampus. Rata-rata dosen yang mengajar di Universitas Negeri benar-benar fokus pada profesinya menjadi dosen, sebab mereka sudah menjadi PNS. Sedangkan, dosen di swasta menjalankan profesinya tidak hanya sebagai dosen melainkan memiliki pekerjaan lain.

4. Materi Kuliah

Perbedaan Universitas negeri dan swasta yang keempat terletak pada materi kuliah, materi yang disampaikan pada universitas negeri terbilang lebih ketat, karena materi yang diajarkan memiliki standard yang tingi. Berbeda dengan materi kuliah pada universitas swasta yang terbilang cukup enak dan persyaratan untuk lulus pun lebih ringan dibandingkan universitas negeri.

Baca Juga : Inilah Perbedaan 5 Bentuk Perguruan Tinggi di Indonesia

5. Libur Kuliah

Perbedaan lainnya terdapat pada libur kuliah. Beberapa universitas negeri umumnya memberikan waktu libur sampai 2 bulan untuk semester ganjil dan lebih sedikit di liburan semester genap. Berbeda dengan universitas swasta yang biasanya memberikan waktu liburan lebih banyak. Beberapa universitas swasta bisa memberikan liburan semester ganjil selama 3 bulan dan 2 bulan untuk liburan di semester genap.

6. Penerimaan Mahasiswa Baru

Perbedaan universitas negeri dan swasta selanjutnya ialah waktu penerimaan mahasiswa baru. Setiap tahunnya PTN maupun PTS akan membuka peluang besar untuk setiap siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikan di bangkuperkuliahan.

PTN membuka pendaftaran sekitar bulan April-Juli, tepatnya setelah melakukan tes UTBK. Hal ini berbeda dengan PTS. Umumnya, PTS mengadakan beberapa gelombang penerimaan mahasiswa baru.

7. Metode Pengajaran

Salah satu perbedaan universitas negeri dan swasta terdapat di dalam metode pengajaran. Pada semester pertama pembelajaran di PTS, umumnya kamu akan langsung mendapatkan materi yang menjurus pada bidang ilmu tertentu.

Hal ini cukup berbeda dengan PTN yang biasanya melakukan penyetaraan terlebih dahulu di semester pertama. Tujuan penyetaraan ini ialah membantu berbagai siswa baik dari sekolah favorit maupun tidak, untuk mendapatkan materi yang sama.

8. Tes Masuk

Perbedaan yang terakhir, ialah pada jalur masuk Universitas. Seperti yang sudah diketahui oleh kebanyakan siswa/i dan calon mahasiswa, bahwa tes masuk universitas negeri memiliki beberapa tes diantaranya SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Sedangkan untuk swasta, umumnya menyediakan jalur tes dan jalur prestasi.

Untuk jalur tes maka calon mahsiswa wajib datang ke kampus atau mengerjakan secara online soal-soal yang disediakan oleh suatu universitas. Sedangkan jalur prestasi hampir sama dengan SNMPTN, yakni menggunakan nilai rapor. Hanya saja beberapa universitas swasta juga sering mengadakan wawancara untuk jalur prestasi.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Seminar Berskala Nasional Bersama IEEE WIE

Sobat Sekolah, Depok - Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan seminar berskala nasional bekerja sama dengan IEEE (Institute of Electrical...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -