Senin, Agustus 15, 2022

Inilah 8 Perbedaan Jalur Masuk Ke Perguruan Tinggi

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Perbedaan Jalur Masuk Ke Perguruan Tinggi – Hallo Sobat Sekolah!!! Tahu kah sobat bahwa masuk ke Perguruan Tinggi memiliki beberapa cara bukan hanya UTBK SBMPTN dan SNMPTN saja. Apa sajakah itu? Yuk, simak inilah 8 cara masuk ke Perguruan Tinggi beserta perbedaannya.

8 Perbedaan Jalur Masuk Ke Perguruan Tinggi

1. SNMPTN

Jalur Masuk
Foto : SNMPTN

Jalur masuk ke perguruan tinggi yang pertama ialah SNMPTN, dimana SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau bisa dikenal dengan jalur undangan. Jalur ini menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi dan portofolio akademik.

Untuk penilaiannya dapat dilihat dari kompetensi sekolah dan prestasi siswanya, di antaranya yaitu akreditasi sekolah, nilai rapor, dan persyaratan lain berdasarkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilih.

Kuota Peserta Diterima

Untuk kuota peserta SNMPTN saat ini yakni minimal 20% dari kuota mahasiswa baru yang disediakan. Untuk sekolah yang ingin mengikutsertakan siswanya di jalur masuk SNMPTN, terdapat beberapa persyaratan yang ditentukan berdasarkan akreditas sekolah:

  • Jika sekolah memiliki nilai akreditasi A, maka siswa yang bisa mengikuti SNMPTN yakni 40% terbaik dari sekolahnya.
  • Jika sekolah memiliki nilai akreditasi B, maka siswa yang bisa mengikuti SNMPTN yakni 25% terbaik dari sekolahnya.
  • Jika sekolah memiliki nilai akreditasi C, maka siswa yang bisa mengikuti SNMPTN yakni 5% terbaik dari sekolahnya.

    Pilihan Program Studi

    Di jalur SNMPTN, Setiap siswa diperbolehkan memilih 2 prodi dari 1 PTN atau 2 PTN. Disarankan tidak boleh lintas minat.

    Perkiraan Jadwal Pendaftaran

    Biasanya untuk jalur SNMPTN, proses seleksi dilakukan sekitar bulan Januari–Februari.

    Baca Juga : Gagal SBMPTN? Tenang, Itu Bukan Akhir Dari Segalanya!

2. SBMPTN

Kemudian, jalur masuk perguruan tinggi yang kedua ialah SBMPTN,  SBMPTN yang merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dimana pada seleksi ini bagi siswa yang berada di tingkat akhir sekolahnya harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Kuota Peserta Diterima

Untuk kuota peserta SBMPTN setiap PTN perlu menyediakan minimal 40% dari kuota mahasiswa baru yang disediakan. Penyeleksiannya pun cukup dilakukan dengan melihat hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan oleh PTN.

Pilihan Program Studi

Pada jalur UTBK SBMPTN, sobat diperbolehkan memilih 2 prodi dari 1 PTN atau 2 PTN. Bagi sobat yang memilih Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC),  sobat bisa memilih 3 jurusan.

Materi yang Diujikan

  • Tes Potensi Skolastik (TPS): Penalaran Umum, Pemahaman Bacandaan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif.
  • TKA Saintek: Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  • TKA Soshum: Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah

Perkiraan Jadwal Pendaftaran

Proses penerimaan melalui jalur UTBK SBMPTN kemungkinan akan dilakukan di sekitar bulan Mei–Juni.

3. Seleksi Mandiri

Jalur Masuk
Foto : Seleksi Mandiri

Selain SNMPTN dan SBMPTN, beberapa PTN juga tetap membuka jalur masuk melalui jalur mandiri, seperti SIMAK UI, UM UGM, SMUP UNPAD dan sebagainya. Jalur seleksi mandiri, ditetapkan oleh masing-masing PTN secara independen.

Proses Seleksi

Proses seleksi pada jalur mandiri ini akan berbeda-beda untuk setiap PTN. Jadi, sobat harus mencari tahu lebih detail di website resmi PTN. Beberapa PTN ada yang menggunakan ujian tulis untuk proses seleksi. Namun, ada juga PTN yang membuka seleksi tanpa tes lagi dan hanya melihat nilai UTBK dari calon mahasiswa.

Kuota Peserta Diterima

Walaupun jalur ini kerap menjadi ‘kesempatan terakhir’ bagi para calon mahasiswa, namun kuota yang disediakan mencapai maksimum 30% dari keseluruhan kuota daya tampung PTN.

Baca Juga :Yuk, Cari Tau! Info Lengkap UTBK-SBMPTN 2021 

4. SNMPN

Selanjutnya di urutan yang ke-empat ada SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Negeri, untuk seleksi pada jalur masuk undangan ini dikhususkan untuk sobat yang ingin melanjutkan studinya ke pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani di seluruh Indonesia.

Proses Seleksi

SNMPN diikuti oleh seluruh politeknik negeri yang tersebar di Indonesia. Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa SMK?SMA/MAK berdasarkan nilai dan prestasi akademik. Jalur ini dapat diikuti oleh sekolah yang sudah menerima undangan atau belum.

Rumpun Program Studi

Untuk rumpun prodi, setiap politeknik menawarkan berbagai program studi dari beberapa rumpun ilmu diantaranya Administrasi, Kesehatan, Kemaritiman, Multimedia, Pariwisata, Pertanian dan Teknik.

Pilihan Program Studi

Untuk jalur SNMPN, sobat diperbolehkan untuk memilih maksimal 3 jurusan di 2 politeknik yang berbeda.

Perkiraan Jadwal Pendaftaran

Proses pendaftaran SNMPN biasanya dimulai pada bulan Januari-Maret.

5. Ujian Masuk Sekolah Tinggi Kedinasan

Jalur Masuk
Foto : Ujian Masuk Sekolah Tinggi Kedinasan

Sekolah Tinggi Kedinasan merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan yang menawarkan ikatan dinas bagi para lulusannya. Artinya, setelah lulus dari Sekolah Kedinasan, sobat bisa langsung bekerja dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Proses Seleksi

Sekolah kedinasan cukup diminati karena menjanjikan. Oleh karenanya Tak heran, bila banyak yang menilai tes jalur masuk untuk sekolah kedinasan akan lebih sulit dibanding tes untuk masuk PTN. Meskipun tidak sama dengan semua perguruan tinggi kedinasan, ada beberapa tahapan seleksi yang harus diikuti oleh calon mahasiswa, diantaranya :

  • Tes Kemampuan Akademik (TPA): tes numerik (angka), tes logika, tes spasial (gambar ruang)
  • Tes Kemampuan Dasar (TKD): Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi
  • Tes Kemampuan Bidang (TKB): ujian tulis, tes psikologi lanjutan, ujian praktik untuk bidang tertentu
  • Tes Kesehatan
  • Psikotes
  • Wawancara
  • Tes Kesamaptaan: tes fisik untuk sekolah kedinasan dengan sistem pendidikan semi militer

Perkiraan Jadwal Pendaftaran

Setiap tahunnya proses penerimaan untuk sekolah tinggi Kedinasan dimulai di waktu yang berbeda-beda. Biasanya, proses seleksi dimulai pada sekitar bulan April dan selesai di bulan Agustus atau September.

6. Seleksi PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

Jalur Masuk

Dimana untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, terdapat 2 jalur khusus, sama halnya dengan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri pada umumnya. Kedua jalur masuk tersebut yakni SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN.

SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jalur masuk ini diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana khusus yang ditunjuk oleh Kementerian Agama RI. Serupa dengan SNMPTN, penilaian seleksi jalur masuk SPAN-PTKIN didasarkan pada nilai rapor dan prestasi akademik lainnya, bukan melalui jalur ujian tertulis.

UM-PTKIN

Jika SPAN-PTKIN dilakukan melalui PPDS, jalur seleksi Ujian Mandiri ini menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) atau menggunakan komputer. Calon mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti jalur seleksi UM-PTKIN adalah mereka yang lulus maksimal tiga tahun lalu. Misal, UM-PTKIN 2021 memperbolehkan siswa yang lulus pada tahun 2019, 2020, dan 2021 untuk mengikuti tes.

Materi yang Diujikan

Untuk UM-PTKIN, berikut adalah materi yang akan diujikan:

  • Tes Kemampuan Dasar – TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman)
  • Tes Kemampuan Bidang IPA
  • Tes Kemampuan Bidang IPS

Perkiraan Jadwal Pendaftaran

Proses seleksi biasanya dimulai pada bulan Januari. Sementara itu, untuk proses pendaftaran UM-PTKIN, biasanya dimulai sekitar bulan April.

Baca Juga : Cek Yuk, Jadwal Kegiatan SNMPTN 2021

7. SMMPTN Barat

Jalur Masuk
Foto : SMMPTN Barat

SMMPTN-Barat adalah seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang dilakukan secara serentak di antara perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Seleksi SMMPTN-Barat dilakukan berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMMPTN-Barat.

Pilih Program Studi

Sobat dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 pilihan program studi di 1 PTN atau lebih. PTN pilihan pertama tidak harus menjadi lokasi sobat mengikuti ujian tulis. Ingat, urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Materi yang Diujikan

Jenis ujian SMMPTN-Barat dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Saintek: TPS dan TKA Saintek (Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi)
  • Soshum: TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi)

Perkiraan Jadwal Pendaftaran

Proses penerimaan melalui jalur SMMPTN-Barat kemungkinan akan dilakukan di sekitar bulan Mei–Juli.

8. Sekolah Mandiri Perguruan Tinggi Swasta

Selain PTN, Sekolah Kedinasan, dan Politenik, tentu sobat nggak bisa melewatkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Banyak sekali PTS dengan standar internasional yang menawarkan program perkuliahan yang menarik.

Untuk masuk ke PTS tujuan, sobat harus mencari informasi ke masing-masing PTS yang dituju, sebab setiap PTS memiliki ketentuan dan persyaratan yang berbeda-beda. Biasanya ada beberapa jalur masuk yang disediakan, seperti seleksi tanpa tes (nilai rapor atau prestasi lainnya), seleksi dengan tes tulis, seleksi nilai UTBK, dan seleksi wawancara.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Yuk Ikuti Virtual Open House Nusa Mandiri, Agar Bisa Lebih Dekat Dengan FTI

SobatSekolah.com, Jakarta — Hallo Sobat Sekolah!!! Dalam rangka membangun masyarakat yang cerdas dan berwawasan di bidang ilmu komputer yang berkualitas,...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -