Tri Dharma Perguruan Tinggi

Pengertian Tri Dharma Perguruan Tinggi

Tri Dharma Perguruan Tinggi – Halo Sobat Sekolah!!! Perguruan tinggi merupakan suatu wadah atau tempat yang dapat berperan dalam mengembangkan strategi pendidikan. Lembaga tersebut sangat diperlukan dalam membangun suatu peradaban bangsa terutama bagi para generasi penerusnya.

Mengingat pentingnya pendidikan dalam kehidupan berbangsa dan ber tanah air di Indonesia, maka pemerintah membuat Undang Undang No. 22 tahun 1961 tentang perguruan tinggi. Di dalam Undang-Undang tersebut menyebutkan tujuan dari perguruan tinggi diantaranya membentuk manusia susila yang berjiwa Pancasila, menyiapkan tenaga kerja yang cakap untuk memangku jabatan yang memerlukan pendidikan tinggi, serta dapat melakukan penelitian dan usaha kemajuan dalam lapangan ilmu pengetahuan, kebudayaan serta kehidupan kemasyarakatan.

Bicara mengenai perguruan tinggi pasti tak lepas dari Tri Dharma perguruan tinggi, yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Ketiganya menjadi poin penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi. Tiga hal tersebut juga menjadi tanggung jawab semua elemen yang terdapat di Perguruan Tinggi, diantaranya mahasiswa, dosen, serta berbagai sivitas akademika yang terlibat.

Baca Juga : 5 Daftar Kampus Swasta di Sukabumi Dengan Prodi Terbaik yang Ditawarkan!!!

Penjelasan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Berikut ialah penjelasan dari ketiga poin Tri Dharma Perguruan Tinggi :

1. Pendidikan dan Pengajaran

Poin pertama pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran. Hal ini sangat perlu dilakukan dalam keberlangsungan pendidikan di suatu institusi pendidikan baik itu universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, ataupun bentuk lainnya.

Pendidikan dan pengajaran merupakan suatu usaha dalam melengkapi pembentukan pribadi agar sesuai dengan pedoman yang berlaku. Selain itu, pendidikan merupakan usaha sadar yang sudah direncanakan untuk dapat mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar mahasiswa dapat mengembangkan potensi dirinya.

Adapun jika proses belajar mengajar tidak dilakukan dengan baik, maka akan berefek pada kemajuan bangsa itu sendiri, dimana Sumber Daya Manusia memiliki kualitas yang minim. Untuk itu, pendidikan dan pengajaran menjadi poin yang paling penting dilakukan oleh perguruan tinggi.

2. Penelitian dan Pengembangan

Poin kedua dari Tri Dharma Perguruan Tinggi ialah mengadakan penelitian dan pengembangan. Hal ini untuk mencapai tujuan Perguruan Tinggi yaitu memiliki Sumber Daya Manusia yang kreatif, cerdas, dan kritis.

Sebagai contoh, negara maju yang ada di Dunia sudah memiliki sistem penelitian dan pengembangan yang tinggi. Oleh karenanya, negara-negara yang memiliki tingkat penelitian tinggi, kini berkembang sangat pesat baik dari segi teknologi atau pun produk lainnya.

Baca Juga : Belum Tahu Jabatan di Perguruan Tinggi Apa Saja? Yuk, Cari Tahu Informasinya Disini!

Salah satu bentuk kontribusi agar bangsa terus maju dan berkembang yakni dengan menerapkan research and development. Kedua hal itu akan berdampak positif pada ekonomi, pendidikan, sosial dan sektor lainnya.

Maka dari itu, sebagai mahasiswa maupun tenaga pendidik, harus terbiasa membuat penelitian, laporan serta melaksanakan tugas sesuai bidangnya. Hal ini untuk memajukan perguruan tinggi agar lebih berkualitas.

3. Pengabdian Kepada Masyarakat

Selanjutnya poin Tri Dharma Perguruan Tinggi terakhir ialah pengabdian kepada masyarakat, yakni dengan terjun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas.

Salah satu contoh untuk dapat mengabdi kepada masyarakat yakni mengadakan workshop atau seminar. Dimana dalam pengadaan workshop atau seminar harus memiliki tim yang solid dan satu tujuan yang sama .

Tanpa jiwa dan semangat pengabdian kepada masyarakat, tentu saja tidak akan ada artinya. Mahasiswa hanya menjadi cikal bakal manusia yang egois dan tidak peduli terhadap masyarakat. Hal itu tentu bukan sesuatu yang baik, dimana mahasiswa merupakan harapan besar bangsa ini dan diharapkan mampu tumbuh, berkembang, dan menjadi harapan masa depan bangsa.

21 September 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *