Jabatan di Perguruan Tinggi

Belum Tahu Jabatan di Perguruan Tinggi Apa Saja? Yuk, Cari Tahu Informasinya Disini!

Jabatan di Perguruan Tinggi- Hallo Sobat Sekolah!!! Memasuki awal kuliah merupakan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa baru, selain dapat berkenalan dengan teman dari berbagai asal sekolah dan tempat tinggal yang berbeda, mereka pun diberikan kesempatan untuk dapat meraih cita-citanya di perguruan tinggi.

Namun, sebelum memasuki kegiatan perkuliahan, mahasiswa baru harus terlebih dahulu mengetahui jabatan di kampus. Mengenal jabatan di kampus sangat penting dilakukan agar tidak salah saat ingin mengurus hal-hal yang berhubungan dengan perkuliahan.

Baca Juga: Simak Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Sebagai Media Pembelajaran Online

Berikut Jabatan di Perguruan Tinggi yang Perlu Diketahui Oleh Mahasiswa Baru

1. Rektor

Jabatan di Perguruan Tinggi pertama ialah Rektor. Rektor merupakan nama lain dari seseorang yang bertanggung jawab untuk memimpin perguruan tinggi dan juga berkewajiban untuk memajukan ilmu pengetahuan di masing-masing institusi melalui pendidikan dan penelitian serta memberikan kontribusi maksimal kepada khalayak luas.

2. Dekan

Kemudian jabatan di Perguruan Tinggi kedua ialah  Dekan. Dekan merupakan seseorang yang menjabat sebagai Kepala Fakultas di sebuah perguruan tinggi.

3. Kajur/Kaprodi

Kajur merupakan singkatan dari Kepala/Ketua Jurusan atau Ketua Program Studi. Tugas dari salah satu jabatan di Perguruan Tinggi ini ialah mereka ditugaskan untuk bertanggung jawab yang terjadi pada jurusan ataupun program studi.

4. Kadep

Ketua Departemen ialah seseorang yang bertugas memimpin tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas untuk melayani mahasiswa. Kadep memiliki tugas khusus yakni sebagai penyedia fasilitas perkuliahan, praktikum dan tugas akhir.

5. Guru Besar

Guru Besar merupakan jabatan tertinggi bagi dosen yang mengajar di kampus. Peran dari Guru besar ini yaitu memiliki peran dalam memajukan institusi khususnya perguruan tinggi baik dalam pokok maupun fungsinya.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu 10 Perbedaan Tugas Akhir Skripsi, Tesis dan Disertasi di Perguruan Tinggi

Selain Jabatan di Perguruan Tinggi, Berikut Istilah-Istilah yang Harus Sobat Pahami

1. KTM

KTM atau Kartu Identitas Mahasiswa, ialah kartu yang biasanya diberikan oleh pihak kampus kepada mahasiswa baru pada saat awal semester, dengan memiliki fungsi sebagai tanda pengenal dari pemegang KTM.

2. KRS

Kartu Rencana Studi atau KRS merupakan kartu yang akan diberikan kepada mahasiswa baru untuk memberikan gambaran pada mata kuliah yang diambil.

3. SKS

SKS adalah singkatan dari satuan kredit semester yang memiliki arti sebagai besarnya beban studi mahasiswa. Sistem SKS ini digunakan umumnya di perguruan tinggi. Sistem ini, memungkinkan untuk memilih sendiri mata kuliah yang akan di ambil oleh mahasiswa dalam satu semester.

4. IPK

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan akumulasi dari total nilai yang didapatkan pada masing-masing semester. IPK juga sebagai tolak ukur kepintaran dari setiap mahasiswa.

5. NIM

NIM atau Nomor Induk Mahasiswa memiliki fungsi sebagai sebagai nomor identitas mahasiswa selama kuliah. NIM terdiri dari sebelas digit angka dengan memiliki arti dari setiap kelompok angka. Sebagai contoh dengan nomor NIM 11151486 dimana angka 11 menjukkan wilayah kampus, angka 15 menunjukkan tahun masuk, dan angka 1486 menjukkan nomor urut mahasiswa.

6. KHS

Kartu Hasil Studi (KHS) menunjukkan nilai mata kuliah yang diperoleh pada semester sebelumnya. Pengisian KHS dilakukan oleh manajemen kampus, dengan nilai yang diperoleh dari dosen.

7. KKN

Kuliah Kerja Nyata sebagai salah satu syarat mahasiswa yang harus dilakukan dalam proses pelaksanaan kuliah. Fungsi dari KKN yakni sebagai salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

8. Matrikulasi

Matrikulasi merupakan kegiatan formal yang diwajibkan kepada para mahasiswa baru sebelum masuk perkuliahan.Selain menjadi syarat kepada mahasiswa baru, kegiatan ini juga menjadi hal yang sangat penting untuk mahasiswa baru untuk mengenali lingkungan kampus.

26 Agustus 2021
9

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

9 comments on “Belum Tahu Jabatan di Perguruan Tinggi Apa Saja? Yuk, Cari Tahu Informasinya Disini!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *