Manfaat Organisasi

7M, Manfaat Dalam Organisasi

Manfaat Organisasi – Halo sobat sekolah, Siapa dari kalian yang pernah ikut organisasi ? dan apa sih organisasi itu?. Yup, Organisasi merupakan suatu wadah perkumpulan yang terdiri dari dua orang atau lebih dimana dalam perkumpulan tersebut mempunyai suatu tujuan tertentu. Organisasi  juga dapat dikatakan sebagai suatu tempat  untuk menyaluri bakat.

Baca Juga : Contoh Visi Misi OSIS SMA

Meski dalam organisasi, akan menyita waktu, dana, pikiran dan tenaga. Semua itu akan tergantikan dengan manfaat-manfaat yang nanti nya akan berpengaruh besar bagi kehidupan Sobat. Bukan manfaat yang hanya datang sebentar lantas pergi begitu saja, tetapi manfaat yang didapatkan bisa berguna untuk seumur hidup. Apa saja sih manfaatnya?

Nah, disinilah sobat bisa mendapatkan beberapa manfaat dalam berorganisasi dengan 7M. Apa aja itu? Yuk, mari disimak.

Memiliki Banyak Relasi

Yang pertama, dengan berorganisasi akan punya banyak relasi. Dengan mengikuti organisasi, Sobat dapat memiliki banyak teman yang bukan hanya berada dari satu ruang lingkup. Melainkan, bisa berasal dari tempat yang berbeda. Dan teman yang ikut organisasi, bisa dijadikan peluang maupun relasi jika Sobat ingin mencari kerja ataupun hal lainnya.

Memperluas Ilmu dan Wawasan

Yang kedua, dapat memperluas ilmu dan wawasan. Dengan banyaknya teman yang ikut organisasi, Sobat akan mendapatkan ilmu dan wawasan dari mereka. Bukan hanya itu, Sobat juga bisa bertanya kepada teman-teman yang berada di organisasi. Dan sobat bisa menggali informasi mengenai hal apa saja yang ada diluar organisasi.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Yang ketiga, bisa meningkatkan rasa percaya diri. Dalam organisasi sering kali Sobat dimintai untuk menyampaikan pendapat. Nah, hal inilah yang bisa membantu Sobat untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Menanamkan Rasa Tanggung Jawab

Yang keempat, dapat menanamkan rasa tanggung jawab. Jika, Sobat berada didalam organisasi, pasti akan mendapatkan jobdesk dan suatu amanah tertentu. Sehingga, sobat dengan sendirinya akan mudah untuk belajar bertanggung jawab akan amanah yang didapatkan.

Baca Juga : 4 Cara ini harus Dilakukan Agar Menjadi Juara Kelas

Melatih Kesabaran

Yang kelima, melatih kesabaran. Terkadang dalam satu organisasi, banyak teman-teman kita yang mempunya sifat berbeda-beda. Dan pastinya di organisasi itu, sobat akan menemukan juga pendapat yang berbeda. Dari situlah sobat bisa belajar sabar akan suatu perbedaan yang berada di dalam organisasi.

Menumbuhkan Kepedulian

Yang keenam, dapat menumbuhkan kepedulian. Dengan berada di dalam organisasi pasti sobat, pernah mempunyai teman yang berada dalam suatu masalah. Sobat pasti, merasa tidak enak jika tidak membantunya. Nah, dari inilah rasa kepedulian itu muncul pada diri sobat.

Memanage Waktu Dengan Bijak

Dan terakhir yang ketujuh, bisa memanage waktu dengan bijak. Jika Sobat mengikuti organisasi. Sering kali, waktu yang digunakan sobat tersita demi organisasi. Namun, hal itulah yang bisa menjadikan sobat untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Jika, sudah terbiasa, nantinya sobat tidak akan pusing untuk mengatur waktu selama berada di dunia kerja.

Nah, dari 7 M yang sudah dijelaskan di atas. Apakah sobat sudah mempunyai minat masuk organisasi. Semoga dengan manfaat yang sudah dijelaskan di atas bisa membuat sobat terisnpirasi.

Tetap semangat dan pantang menyerah, ya. ^_^

29 Desember 2020

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *