Jumat, September 23, 2022

5 Manfaat Belajar Matematika Bagi Anak Usia Dini

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Manfaat Belajar Matematika – Matematika merupakan induk dari semua pengetahuan (Mother of Science),  kabarnya matematika menjadi materi yang susah dipahami, sebab banyak perhitungan atau masalah yang harus dipecahkan. Tak hanya itu, matematika juga menjadi materi yang banyak menghafal dan konsep pengerjaan matematika memerlukan ketekunan dan kesabaran.

Johnson dan Myklebust mendefinisikan bahwa matematika sebagai simbol yang berfungsi melatih kemampuan, menyusun strategi dan kemudahan berpikir, oleh sebab itu, banyak manfaat bagi perkembangan anak dalam melatih kemampuan otak. Ada 5 manfaat lain yang dari belajar matematika untuk anak usia dini seperti yang dilansir dari wirahadie.com.

Baca Juga : Apa itu Indeks Massa Tubuh? Manfaat IMT? BMI Jelaskan secara rinci!

5 Manfaat Belajar Matematika Bagi Anak Usia Dini

1. Membantu Anak Berpikir Secara Sistematis

Manfaat pertama yaitu membantu anak berpikir secara sistematis. Mengingat, bahwa matematika, menghitung secara sistematis atau terurut. Hal ini, membantu mereka untuk mengatur waktu dan melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Mengasah Kemampuan Berpikir Logis

Manfaat yang kedua ialah melatih kemampuan anak untuk berpikir secara logis. Hal ini sepadan dengan soal matematika yang seringkali menggunakan rumus untuk memecahkan suatu masalah. Sehingga anak akan dituntut untuk melakukan perhitungan dengan cermat tanpa menggunakan asumsi.

3. Mengasah Ketelitian Anak

Manfaat belajar matematika yang ketiga ialah mengasah ketelitian anak. Sebab, saat belajar matematika, anak akan dilatih untuk mengerjakan soal dengan perlahan dan hati-hati.

Baca Juga : 4 Tips Jitu Mengerjakan Soal Cerita Matematika Bagi Sobat Sekolah

4. Meningkatkan Kemampuan Berhitung

Manfaat belajar matematika yang keempat, yakni meningkatkan kemampuan berhitung. Sudah tidak asing lagi, kalau matematika menjadi pelajaran sumber utama hitung menghitung. Dengan begitu, pelajaran matematika yang diajarkan kepada anak2 sangat bermanfaat untuk masa depannya, seperti belanja, menghitung pendapatan, pengeluaran dan lain sebagainya.

5. Meningkatkan Kreativitas Anak

Manfaat terakhir dapat meningkatkan kreativitas anak. Pasalnya, ada soal matematika yang harus menemukan suatu rumus dan harus terpecahkan sesegera mungkin. Hal tersebutlah yang dapat meningkatkan kekreativitasan anak.

 

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Seminar Berskala Nasional Bersama IEEE WIE

Sobat Sekolah, Depok - Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan seminar berskala nasional bekerja sama dengan IEEE (Institute of Electrical...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -