Kecerdasan Emosional

Kecerdasan Emosional? Apa sih Itu?? Yuk, Simak Arti Serta 5 Ciri-Cirinya!!!

Ungkap Kecerdasan Emosional Serta 5 Ciri-Cirinya- Hallo Sobat Sekolah!!! Adakah sobat di sini yang sudah mengetahui apakah itu cerdas secara emosional? Bagi kalian yang belum tahu apa itu cerdas secara emosional atau yang kerap dikenal dengan nama Emotional Quotient (EQ). Tenang saja, bahwa di laman sobatsekolah.com ini akan membahas arti dari EQ dan ciri-ciri dari EQ itu sendiri.

Seperti yang dillansir dari laman https://www.brainacademy.id/ Menurut Goleman dimana  kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengatur emosi, menjaga emosi, dan pengungkapan melalui kesadaran diri, pengendalian diri, empati, motivasi diri, dan keterampilan sosial dalam berinteraksi orang lain.

Beberapa peneliti melaporkan bahwa Emotional Quotient dapat dipelajari, namun ada juga yang mengklaim bahwa kecerdasan tersebut merupakan ciri bawaan dari lahir.

Walaupun EQ tidak se familiar kecerdasan intelektual (IQ), EQ sangat berperan penting dalam mengenali emosi yang ada di dalam diri sobat. Kemudian, EQ juga dapat memberikan perasaan empati dan peka terhadap lingkungan di sekitar sobat.

Jika tingkat EQ sobat baik, sobat akan mudah dalam mengatasi permasalan sosial yang ada di lingkungan sobat. Namun sebaliknya, Bila tingkat EQ sobat  rendah, umumnya membuat sobat akan kesulitan menjalankan hidup sebagai individu yang berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Maka, dari itu yuk disimak baik-baik apa saja ciri-ciri dari Emotional Quotient. 

Baca Juga : 5 Cara Mengasah Jiwa Inovatif Jadi Lebih Kreatif

5 Ciri-Ciri Kecerdasan Emosional

1. Dapat Mengontrol Diri

kecerdasan emosional
Foto : Control Diri

Ciri-Ciri kecerdasan emosional yang pertama ialah dapat mengontrol diri. Mengontrol diri merupakan salah satu faktor yang sebenarnya harus dimiliki oleh setiap orang. Karena, mengontrol diri ialah serangkaian proses yang dapat membentuk psikologi, fisik, serta pola perilaku pada tiap individu.

Kontrol diri juga dapat menjadi hal yang paling penting saat seseorang berinteraksi dengan orang lain atau lingkungan, apalagi jika seseorang baru dihadapkan dengan lingkungan baru. Pasalnya, jika seseorang tidak memiliki kontrol diri  maka akan sulit dalam mengendalikan emosinya.

Mereka yang tidak memiliki kontrol diri yang baik, maka mereka akan sulit dalam mengendalikan emosinya. Mereka memiliki sifat mudah marah, memberontak, mudah terpengaruh dengan orang di sekitar atau pun lingkungan, sehingga mereka dapat menciptakan masalah dengan sekitarnya.

Terdapat beberapa aspek dalam mengontrol diri, diantaranya :

  1. Disiplin Diri
  2. Tidak Berlebihan
  3. Sering Melakukan Kebiasaan Baik
  4. Memiliki Etika yang Baik
  5. Dapat Melakukan Rancangan Jangka Panjang

2. Memiliki Kesadaran Diri Pribadi

Kecerdasan Emosional
Foto: Self Awareness

Kemudian, ciri-ciri kecerdasan emosional yang kedua ialah memiliki self awareness. Self awareness merupakan kemampuan seseorang untuk mengenal bahkan mengerti atas emosi yang dirasakan oleh orang itu sendiri. Terlebih, seseorang yang memiiki self awareness dapat mengetahui efek yang nantinya akan dirasakan setelah melakukan suatu tindakan, emosi atau mood terhadap orang lain.

Kemampuan dalam memiliki kesadaran pada diri sendiri sangat penting dimiliki oleh setiap orang.  Pasalnya, tiap orang yang memiliki sifat self awareness yang baik akan mampu mengenal kelebihan dan kekurangan dirinya. Mereka akan lebih percaya diri dalam mengelola potensi yang dimiliki, serta dapat menyuarakan pandangan atau keyakinan, sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang tepat meski dalam situasi yang tidak pasti.

3. Memiliki Sifat Empati

Kecerdasan Emosional
Foto: Memiliki Rasa Empati

Ciri-ciri kecerdasan emosional selanjutnya yaitu memiliki empati yang tinggi. Hal ini sangat penting dimiliki karena, akan membangun kepercayaan yang erat dengan orang lain.

Baca Juga : Kenali 5 Sikap Self Appreciation Untuk Meningkatkan Kehidupan Lebih Baik

Orang yang memiliki empati yang tinggi, memiliki beberapa ciri diantaranya menjadi pendengar yang baik, memahami perasaan orang lain, selalu mengusahakan untuk membantu orang lain, memiliki kepedulian terhadap orang lain, serta suka merasa lelah dengan situasi sosial yang ada.

Banyak manfaat yang diperoleh karena memiliki sifat empati yang tinggi, seperti contohnya, dapat membantu individu untuk tetap tertib pada peraturan, membangun hubungan sosial yang erat, melatih perilaku saling menolong antar sesama manusia.

4. Mengenal Batas Kemampuan Diri

Kecerdasan Emosional
Foto: Mengenal Batas Diri

Mengenal batas kemampuan diri juga termasuk dalam ciri-ciri kecerdasan emosional. Biasanya, orang yang memiliki EQ yang tinggi, mereka akan dapat mengetahui batas kemampuan dan keunggulan pada diri mereka. Mereka akan paham batasan dalam bertindak, sehingga orang yang mampu untuk membatasi diri, tidak malu untuk mengakui kekurangannya. Karena dari sanalah orang tersebut dapat belajar lebih banyak dari orang lain, yang bisa membuat pikiran mereka lebih terbuka.

5. Tidak Menyimpan Dendam Pada Orang Lain

Kecerdasan emosional
Foto: Tetap Tersenyum

Tidak menyimpan dendam pada orang lain juga termasuk ciri-ciri kecerdasan emosional, alasannya ketika seseorang masih menyimpan amarah atau dendam, maka akan berdampak mengalami peningkatan tekanan darah, penyakit jantung, depresi hingga mengalami kecemasan yang berlebihan.

Pasalnya, dendam atau marah merupakan respon yang membuat orang tersebut akan stress dari suatu pengalaman masa lalu. Dengan begitu, jika  orang memiliki kecerdasan emosional yang baik, mereka tidak akan berlama-lama menyimpan amarah dalam hati karena mereka lebih fokus pada aksi dan solusi untuk keluar dari ancaman. Karenanya, mereka dapat memproduksi emosi yang lebih positif.

Nah, itulah tadi beberapa ciri-ciri dari kecerdasan emosional, semoga dengan ini kalian akan bisa menjadi paham Emotional Quotient itu seperti apa. Tetap semangat ya Sobat.

2 Agustus 2021
13

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

13 comments on “Kecerdasan Emosional? Apa sih Itu?? Yuk, Simak Arti Serta 5 Ciri-Cirinya!!!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *