Suka Travelling

5 Jurusan Terbaik Bagi Kamu yang Suka Travelling, Yuk Simak Ulasannya!!!

5 Jurusan Terbaik Bagi Kamu yang Suka Travelling- Hallo Sobat Sekolah!!! Menghilangkan rasa penat dan rasa bosan setelah seharian melakukan aktivitas, mungkin bagi sebagian orang perlu waktu untuk menikmati dunia luar. Apalagi, bagi sobat yang hobi sekali mengabadikan momen-momen tertentu di alam.  Pastinya, akan sangat menikmati sekali.

Dengan begitu, banyak sekali perguruan tinggi negeri maupun swasta yang membuka program studi khusus sobat yang sangat menyukai travelling, agar dapat membantu sobat dalam menorehkan hobi yang dimiliki. Bukan hanya jurusan pariwisata saja, melainkan ada beberapa jurusan lain yang yang memiliki prospek baik bagi sobat yang suka travelling. Apa sajakah itu? yuk, mari disimak.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Terbaik Kuliah Kelas Karyawan di Cikarang Bagi Kamu yang Ingin Kuliah Sambil Bekerja!!!

10 Jurusan Terbaik Bagi Kamu yang Suka Travelling

1. Jurusan Pariwisata

Suka Travelling
Foto : Jurusan Pariwisata

Mungkin sobat sudah tak asing lagi dengan jurusan satu ini, yup Jurusan Pariwisata. Bukan hanya sekedar travelling atau jalan-jalan saja, di jurusan ini sobat akan mempelajari banyak hal dimulai dari manajemen destinasi wisata, tour and travel, dan lainnya.

Selain itu, sobat juga akan dituntut untuk mempelajari ilmu sejarah, geografi, budaya, ekonomi, dan sebagainya. Dimulai dari mempelajari sumber daya pariwisata, pembangunan kawasan pariwisata, serta manajemen pariwisata.

Adapun prospek karier yang akan sobat raih di masa yang akan datang, setelah lulus dari Jurusan Pariwisata ini sobat akan menjadi pemandu wisata,  pengusaha akomodasi pariwisata seperti hotel dan penginapan, manajer pusat rekreasi, event organizer, dan masih banyak lagi.

Bagi sobat yang berminat dengan jurusan ini sobat dapat berkuliah di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) diantaranya Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Universitas Udayana, Politeknik Negeri Bali, Univeristas Airlangga, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pancasila, dan Universitas Bunda Mulia.

Baca Juga : 5 Daftar Kampus Swasta di Sukabumi Dengan Prodi Terbaik yang Ditawarkan!!!

2. Jurusan Perhotelan

Suka Travelling
Foto : Jurusan Perhotelan

Kemudian, jurusan lain yang mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi sobat yang suka travelling ialah jurusan perhotelan. Pada jurusan ini, sobat akan diajari mengenai pengelolaan hotel serta cara menyeimbangkan aspek wisata dan manajemen bisnis.

Beberapa topik yang akan diajarkan di jurusan perhotelan, antara lain mengenai pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan, melindungi budaya lokal, manfaat ekonomi yang diperoleh bagi masyarakat sekitar serta kesejahteraan karyawan. Selain itu sobat juga akan dibekali dengan pelajaran bahasa asing untuk menghadapi tren wisatawan internasional yang terus meningkat.

Oleh karenanya, bagi sobat yang senang sekali jalan-jalan baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Pasti, tidak asing lagi dengan hotel. Yup, tempat penginapan yang dikhususkan untuk turis ataupun penduduk lokal yang sedang berpergian. Maka, tak jarang jika penduduk lokal dan penduduk asing saling bertemu ketika sedang mengunjungi tempat wisata ataupun di dalam hotel Maka, wajar saja jika nanti saat sobat mengambil jurusan perhotelan akan diajarkan untuk menguasai bahasa asing.

Adapun prospek karier bagi lulusan perhotelan ialah dapat menjadi Wedding OrganizerConcierge Hotel, Sales Hotel, Event Planner, Dosen, Sommelier, Cheff, Pattisier, dan Wirausaha.

Bagi sobat yang suka travelling dan berminat mengambil jurusan perhotelan, ada beberapa kampus terbaik yang membuka jurusan perhotelan dengan biaya di antaranya Universitas Nusa Mandiri, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Universitas Pelita Harapan, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Baca Juga : 5 Kampus Swasta di Karawang

3. Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan

Suka Travelling
Foto : Kelautan dan Perikanan

Jursusan berikutnya yang bisa menjadi rekomendasi untuk sobat yang suka travelling yakni jurusan ilmu kelautan dan perikanan. Di jurusan inilah sobat akan mempelajari organisme laut, dinamika ekosistem laut, geologi dasar laut, arus samudera, gelombang, dan dinamika cairan geofisika.

Selain itu, bidang ini juga berhubungan dengan atmosfer. Maka, tak heran jika sobat nantinya akan mempelajari isu-isu mengenai perubahan iklim, potensi pemanasan global, dan masalah biosfer terkait.

Di Nusantara ini terlihat jelas bahwa, Indonesia memiliki wilayah laut yang cukup luas daripada daratan. Hal ini dilansir dari laman Kementerian Kelautan dan Perairan, dimana luas wilayah tersebut, 3,25 juta km2 adalah lautan dan 2,55 juta km2 adalah Zona Ekonomi Eksklusif.

Dengan begitu, jangan khawatir akan jenjang karier yang nantinya akan ditawarkan, karena di jurusan kelautan dan perikanan membuka peluang karier yang bervarasi. Diantaranya sobat akan menjadi wirausaha, peneliti bioteknologi, ekonom, dosen dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Wah, cukup menarik kan.

Bagi sobat sekolah yang suka travelling dan tertarik akan jurusan ilmu kelautan dan perikanan, sobat dapat memilih salah satu kampus berikut. Yakni, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Sriwijaya, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Hasanuddin, dan  Universitas Padjadjaran.

Baca Juga : Simak! 10 Jurusan Kuliah S2 Paling Dibutuhkan dan Banyak Dicari

4. Jurusan Kehutanan

suka travelling
Foto : Jurusan Kehutanan

Selanjutnya, di urutan keempat bagi yang suka travelling bisa masuk ke jurusan kehutanan. Jurusan ini mempelajari fungsi dan penggunaan ari ekosistem hutan seperti, keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, teknologi kehutanan, hukum penebangan hutan, dan lainnya.

Nah, bagi kalian yang suka travelling , apalagi yang memiliki jiwa petualang dan hobi mendaki gunung, jurusan ini sangatlah cocok untuk sobat. Karena sobat bisa menikmati keindahan gunung termasuk hutan, sekaligus belajar gimana cara memelihara hutan yang baik.

Salah satu negara tropis di dunia ialah, Indonesia. Dimana negara tersebut memiliki hutan yang sangat luas.  Jadi, lulusan Kehutanan sangat dibutuhkan untuk mengelola kawasan hutan agar terjaga ekosistemnya dan tetap lestari.

Adapun prospek karier yang ditawarkan untuk lulusan kehutanan ialah dapat menjadi pengrajin mebel, teknisi konservasi lingkungan, peneliti bioteknologi, chocolatier, serta dapat menjadi PNS.

Nah, bagi sobat yang tertarik akan jurusan ini, sobat dapat mendaftarkan diri sobat ke kampus berikut, yaitu Universitas Tanjungpura, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Mulawarman, Universitas Simalungun, Universitas Sebelas Maret dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 10 Kampus dengan Tagline Terkenal di Masyarakat

5. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (Teknik Planologi)

Suka Travelling
Foto : Jurusan Teknik Planologi

Jurusan terakhir, menjadi rekomendasi untuk sobat yang suka travelling ialah jurusan planologi atau jurusan perencanaan wilayah dan kota.  Jurusan ini mempelajari mempelajari perencanaan kota dan wilayah dengan mempertimbangkan berbagai aspek termasuk aspek sosial, ekonomi, dan politik.

Selain itu, sobat juga akan dibekali dengan keterampilan menyusun rencana tata ruang serta mengevaluasi berbagai kebijakan dan program yang berhubungan dengan rencana tata ruang dan tata wilayah.

Oleh karenanya, jurusan ini sangat diperlukan keahlian ataupun pengetahuan dalam menganalisis, meneliti, melakukan observasi, problem solving, berifikir rasional dan terstruktur.

Jurusan ini memiliki peluang karier yang bervariasi diantaranya, sobat kan menjadi penilai real estate, bagian perencanaan dan pengembangan real estatesales perumahan, bertender, konsultan properti, surveyor tanah, serta arsiparis.

Adapun untuk kampus yang membuka jurusan teknik planologi ialah Institut Teknologi Bandung, Universitas Pasundan, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Sam Ratulangi.

Nah, itulah beberapa rekomendasi jurusan terbaik untuk sobat sekolah yang suka travelling, semoga dengan ini sobat tak lagi bingung mencari jurusan yang sesuai dengan hobbi yang dimiliki. Tetap semangat ya Sobat..

28 Juli 2021
13

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

13 comments on “5 Jurusan Terbaik Bagi Kamu yang Suka Travelling, Yuk Simak Ulasannya!!!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *