Pendaftaran KIP Kuliah

Harus Disimak! Inilah Alur Pendaftaran KIP Kuliah 2021

Sobat Sekolah – Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang bisa disebut dengan KIPK merupakan program bantuan yang disediakan oleh pemerintah (Kemendikbud) untuk membiayai pendidikan siswa/i lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang kurang mampu dan memiliki nilai akademi yang baik.

Kartu tersebut juga dapat digunakan untuk mahasiswa penyandang disabilitas dan mahasiswa afirmasi seperti Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) diantaranya ADik Papua, ADik Papua Barat, dan ADik 3T. Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) serta mahasiswa yang terkena dampak dari bencana alam juga dapat memanfaatkan kartu KIP Kuliah.

Baca Juga : Beasiswa KIP Kuliah 2021: Penjelasan, Keunggulan dan Syaratnya

Bagi para siswa-siswi yang akan lulus dari tingkat akhir sekolah dan ingin mendaftar KIP Kuliah, berikut sobatsekolah.com akan memaparkan alur pendaftaran KIP Kuliah 2021.

Alur Pendaftaran KIP Kuliah 2021 :

  1. Siswa melakukan pendaftaran secara mandiri di laman  web resmi Kartu Indonesia Pintar (KIP) kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau bisa melalui aplikasi KIP Kuliah Mobile Apps yang dapat didownload di Play Store.
  2. Saat pendaftaran, siswa diminta untuk memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif.
  3. Sistem Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta melakukan proses dalam kelayakan pemberian KIP Kuliah.
  4. Jika proses validasi berhasi, maka sistem akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPT/ SBMPTN/SNMPN/Mandiri).
  6. Siswa  menyelesaikan proses pendaftaran di sistem seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur yang dipilih.
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan lolos di Universitas dapat melakukan verifikasi lebih lanjut.
21 Januari 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

Eka Herdit Juningsih (Si Melankolis dan Introvert 👀😶)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *