Bahasa Paling Banyak Digunakan

Keren!!! Bahasa Indonesia Termasuk Bahasa Paling Banyak Digunakan Di Dunia

Bahasa Indonesia Termasuk Bahasa Paling Banyak Digunakan Di Dunia- Hallo Sobat Sekolah!!! Sebagai makhluk sosial pasti kita tak lepas dari yang namanya berkomunikasi dengan orang lain. Salah satu indikator yang menjadi sarana untuk dapat berkomunikasi dengan baik ialah Bahasa. Dengan adanya bahasa, maka manusia dapat memahami arti pesan yang disampaikan oleh lawan bicaranya.

Jumlah bahasa di dunia ini sangat beragam, hampir mencapai 6000-7000 bahasa. Dan memiliki logat bahasa atau yang bisa dengan dialek sesuai dengan negara nya masing-masing. Seperti di Indonesia, tak hanya Bahasa Indonesia saja yang sebagai bahasa pemersatu bangsa, sebagai salah satu negara yang memiliki berbagai suku dan budaya yang beragam memiliki dialek yang berbeda juga.

Lantas bagaimana dengan bahasa yang ada di Dunia? dan apakah bahasa Indonesia menjadi bahasa yang cukup terkenal di Dunia ini? Jika iya, ada di urutan ke berapakah? Yuk, simak baik-baik ulasannya berikut ini.

Baca Juga : Yuk, Cari Tahu 10 Perbedaan Tugas Akhir Skripsi, Tesis dan Disertasi di Perguruan Tinggi

1. Bahasa Inggris

Bahasa paling banyak digunakan pertama ialah bahas inggris. Saat ini, bahasa inggris menjadi bahasa internasional dan merupakan bahasa resmi d berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Irlandia, Nigeria, Australia, dan Namiba. Hingga sekarang, penutur dari Bahasa Inggris sebanyak 1,13 miliar orang.

2. Bahasa Mandarin

Kemudian, di urutan kedua untuk bahasa paling banyak digunakan adalah bahasa mandarin. Bahasa yang memiliki jumlah penutur sebanyak 1,12 miliar ini merupakan bahasa yang berasal dari Cina. Bahasa mandarin juga tersebar di beberapa negara seperti Taiwan, Singapura dan Malaysia.

3. Bahasa Hindi

Selanjutnya, yakni ada bahasa Hindi. Bahasa Hindi ini berasal dari bahasa Sanskerta, yang telah dipengaruhi oleh Dravida, Turki, Portugis, Persia, Arab, dan Inggris selama berabad-abad tahun. Bahasa Hindi digunakan oleh 615 juta penutur, juga merupakan bahasa dominan yang ada di India, dan juga digunakan di beberapa negara seperti Nepal, AS, Afrika Selatan, Yaman, dan Mauritius.

4. Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol merupakan bahasa paling banyak digunakan yang berada di posisi ke empat. Pasalnya bahasa Spanyol sudah digunakan oleh 534 juta penutur dengan begitu bahasa spanyol kerap menjadi bahasa resmi di Spanyol dan banyak negara amerika latin lainnya seperti Argentina, El Salvador, Chili, Meksiko, Guatemala, dan Kosta Rika.

5. Bahasa Perancis

Bahasa satu ini juga termasuk bahasa yang paling banyak digunakan. Hampir 280 juta orang menggunakan bahasa tersebut, dengan memiliki unsur Jermanik, Latin dan bahasa Galia. Selain digunakan di Perancis, bahasa ini juga digunakan di berbagai negara seperti Belgia, Luksemburg, Swiss, Kanada, Pantai Gading, Mali, dan Haiti.

Baca Juga : Inilah 6 Perbedaan SMA dengan SMK yang Harus Sobat Ketahui

6. Bahasa Arab

Lalu di urutan ke enam yang merupakan bahasa paling banyak digunakan di Dunia ialah bahasa arab. Bahasa ini merupakan bagian dari bahasa Semit yang berasal dari Jazirah Arab dengan jumlah penutur sebanyak 274 juta orang . Suku nomad di Jazirah Arab memfasilitasi penyebaran bahasa ini saat mereka berpindah dari satu daerah ke daerah lain. Bahasa Arab digunakan secara luas di Timur Tengah dan beberapa negara Asia, termasuk Uni Emirat Arab, Irak, Arab Saudi, Yaman, Sudan, Qatar, Afghanistan, Iran, dan Indonesia.

7. Bahasa Bengali

Di urutan ke tujuh, dari bahasa paling banyak digunakan ialah Bahasa Bengali yang dituturkan oleh sekitar 265 juta orang di seluruh dunia. Bahasa ini adalah Indo-Arya dan diturunkan dari dialek Sanskerta dan Magadhi Prakrit yang digunakan di Bengal. Bengali juga merupakan bahasa resmi di Bangladesh dan digunakan secara luas di India dan Sierra Leone serta di Inggris, AS, dan Timur Tengah.

8. Bahasa Rusia

Bahasa Rusia adalah Slavia, dari keluarga linguistik Indo-Eropa. Ini dikembangkan dari dialek Polania, yang populer di Kyiv, ibu kota negara Slavia Timur pertama 1.000 tahun yang lalu, Kyivan Rus. Bahasa Rusia adalah bahasa resmi Rusia bahasa paling banyak digunakan di berbagai negara seperti Ukraina, Latvia, Armenia, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Lituania, negara-negara bekas Uni Soviet.

9. Bahasa Portugis

Bahasa Portugis adalah bahasa kesembilan yang merupakan bahasa paling banyak digunakan di dunia. Bahasa ini merupakan bahasa Roman yang berkembang di wilayah barat Semenanjung Iberia (sekarang Portugal dan Spanyol). Serta merupakan bahasa resmi di Portugal,  Angola, Brasil, Cape Verde, Timor Leste, Mozambik, dan Guinea-Bissau sebagai hasil penjajahan Portugis.

10. Bahasa Indonesia

Dan bahasa paling banyak digunakan terakhir ialah Bahasa Indonesia. Dengan jumlah penutur sebanyak 199 juta. Hal ini tidak mengherankan, karena Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki jumlah populasi paling banyak dan memiliki wilayah yang cukup strategis serta kaya akan sumber daya alam dan manusia, penyebaran bahasa Indonesia terjadi melalui kerja sama internasional atau pun perdagangan. Sehingga, banyak masyarakat luar Indonesia memiliki niat untuk belajar bahasa Indonesia dengan mudah.

9 Agustus 2021
12

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

12 comments on “Keren!!! Bahasa Indonesia Termasuk Bahasa Paling Banyak Digunakan Di Dunia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *