Perbedaan SMA dengan SMK

Inilah 6 Perbedaan SMA dengan SMK yang Harus Sobat Ketahui

6 Perbedaan SMA dengan SMK- Halo Sobat Sekolah!!! Apakah saat ini sobat  sedang bingung ingin masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)? Pasalnya, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, tak hanya dari mata pelajaran yang akan didapati saja, masih banyak faktor perbedaan antara SMK dan SMA.

Perbedaan SMA dengan SMK Secara Umum

SMA dan SMK menjadi satu-satunya  wadah untuk dapat meneruskan studinya dari jenjang Sekolah Menegah Pertama (SMP). Oleh karenanya, sobat harus paham perbedaan dari SMA dengan SMK, karena hal tersebut akan membantu sobat dalam meraih impian. Apa saja perbedaannya, yuk mari disimak perbedaannya berikut ini yang dilansir dari https://penerbitbukudeepublish.com.

Baca Juga : Kecerdasan Emosional? Apa sih Itu?? Yuk, Simak Arti Serta 5 Ciri-Cirinya!!!

 1. Target Siswa

Perbedaan SMA dengan SMK
Foto: Target Siswa

Perbedaan SMA dengan SMK yang pertama ialah dapat dilihat dari target siswa, dimana target siswa pada SMA akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi, berbeda dengan target siswa pada SMK mereka yang telah lulus, bisa langsung terjun ke dunia kerja. Hal tersebut disebabkan, karena para siswa SMK akan dibekali dengan ketrampilan untuk masuk dunia kerja.

Sehingga pihak sekolah selalu menerapkan sejumlah program pendidikan agar membantu para siswa memiliki berbagai macam keterampilan. Keterampilan inilah yang dapat membantu mereka untuk segera langsung terjun ke dunia kerja. Namun, tidak menuntut kemungkinan siswa SMK tidak boleh meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi atau melanjutkan kuliah. Justru sebaliknya, para siswa lulusan SMK akan mendapatkan dua keuntungan dimana mereka akan mendapatkan keahlian ditambah dapat menimba ilmu lebih luas di perguruan tinggi.

2. Lama Pendidikan

Perbedaan SMA dengan SMK selanjutnya, dapat diketahui dari lama pendidikan. PAda tingkat SMA dan SMK memiliki durasi yang sama dalam menempuh pendidikan yakni minimal 3 tahun. Namun yang membedakan ialah, pada jenjang SMK para siswa akan dituntut untuk magang atau bisa dikenal dengan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri), waktu yang diperlukan untuk magang biasanya hanya beberapa bulan dan dilaksanakan ketika siswa berada di kelas XI.

3. Biaya Sekolah

Perbedaan SMA dengan SMK
Foto: Biaya Sekolah

Perbedaan SMA dengan SMK yang ke tiga, dapat dilihat dari segi biaya, dimana biaya  pendidikan dalam menempuh sekolah di SMA akan relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya pendidikan di SMK. Hal tersebut, karena di sekolah SMK, mereka tak hanya belajar dari ruang kelas, namun mereka akan dituntut untuk praktik. Para siswa SMK akan berhadapan dengan beberapa pratikum saat memasuki kelas XI dan XII .

Hal tersebut disesuaikan dengan kebijakan dari masing-masing sekolah SMK. Pada dasarnya, selama sekolah siswa SMK akan membutuhkan peralatan untuk praktik, oleh begitu, tak heran jika biaya SMK akan lebih mahal dengan biaya SMA.

Baca Juga : Inilah! 5 Program Studi Kekinian yang Lulusannya Banyak Dicari

4. Pilihan Jurusan

Kemudian, perbedaan SMA dengan SMK yang keempat ialah memiliki beberapa jurusan atau konsentrasi yang berbeda. Tentu hal ini, menjadi faktor utama dari para siswa yang akan melanjutkan studinya ke Sekolah Menengah Atas.

Dimana, para siswa yang memilih SMK akan dituntut untuk memilih salah satu jurusan , sesuai dengan minat atau kemampuan yang mereka kuasai, berbeda halnya dengan SMA, di SMA siswa akan disuruh memilih jurusan ketika siswa tersebut mulai masuk kelas XI, itupun terkadang tidak sesuai dengan minat. Dikarenakan, beberapa sekolah melihat dari prestasi seseorang siswa, jika nilai rapor nya kompeten akan dimasukkan ke jurusan IPA dan jika masih kurang kompeten akan disalurkan ke jurusan IPS.

5. Tempat Belajar

Perbedaan SMA dengan SMK
Foto : Di Dalam Kelas

Di poin ke lima untuk perbedaan SMA dengan SMK, dapat dilihat dari tempat belajar. Semua siswa mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, pastinya akan belajar di sekolahnya masing-masing, baik di luar kelas atau pun di dalam kelas, tak terkecuali dengan SMA.

Namun, berbeda halnya dengan SMK. Siswa SMK akan dituntut untuk belajar di dalam lingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah. Sebab, siswa SMK tidak hanya mempelajari teori saja. Melainkan, mereka akan dituntut untuk terjun langsung kelapangan pekerjaan, baik di perusahaan atau pun industri.

6. Mata Pelajaran yang Akan Didapatkan

Dan perbedaan SMA dengan SMK yang terakhir terletak pada mata pelajaran yang diberikan oleh guru, Siswa di SMA akan mendapatkan materi yang sifatnya umum, sedangkan di SMK sifatnya akan lebih spesifik.

Sebagai contoh, jika siswa memilih SMA, maka siswa tersebut masih mendapatkan materi yang sama dengan jurusan lain. Berbeda dengan SMK, yang mana siswa akan mendapatkan materi sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Nah, itulah tadi perbedaan dari SMA dan SMK, jadi mana nih pilihan sobat? Mudah-mudahan dengan pilihan yang sobat pilih, merupakan pilihan yang terbaik untuk sobat. Ayooo, tetap semangat sobat dan gapai prestasi serta mimpi mu setinggi-tingginya…

3 Agustus 2021

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *