Senin, Agustus 15, 2022

Tahap Pencatatan Materi Akuntansi Perusahaan Jasa – Materi Ekonomi Kelas 12

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Akuntansi Perusahaan Jasa – Hallo sobat sekolah!!! Bagi kamu yang saat ini sedang menempuh studi khususnya berada di tingkat Sekolah Menengah ke Atas (SMA) kelas XII jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pasti pernah mendapatkan materi mengenai ekonomi, dimana pada mata pelajaran tersebut mempelajari mengenai Akuntansi Perusahaan Jasa, Persamaan Dasar Akuntansi, Siklus Akuntansi dan lain sebagainya.

Namun, mempelajari akuntansi tak hanya sebatas mencatat pengeluaran dan pemasukan kas pada jurnal tertentu saja, melainkan ada beberapa tahapan yang harus dipahami dalam siklus akuntansi, yakni tahap pencatatan,  pengikhtisaran, pelaporan dan penutupan. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

Baca Juga : Pembahasan 1. Kupas Tuntas Materi Akuntansi Dasar Sekolah Menengah Kejuruan

Empat Tahap Dalam Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

1. Tahap Pencatatan

Pada tahap pencatatan ini yang dilakukan ialah mengidentifikasi dan analisis bukti transaksi, pencatatan transaksi dalam jurnal dan posting ke buku besar.

2. Tahap Pengikhtisaran

Kemudian pada tahap pengikhtisaran, yakni tahap yang dilakukan ialah menyusun neraca saldo berdasarkan saldo akun-akun buku besar pada akhir periode.

3. Tahap Pelaporan

Setelah tahap pengikhtisaran selesai, maka tahap selanjutnya yakni menyusun laporan keuangan yang didahului dengan jurnal penyesuaian untuk menyesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya.

4. Tahap Penutupan

Dan tahap terakhir ialah tahap penutupan, tahapan ini merupakan tahapan untuk menutup saldo akun-akun nominal yakni menyusun jurnal penutup.

Baca Juga : Pembahasan 2. Kupas Tuntas Materi Akuntansi Dasar SMK

Nah, itulah beberapa tahapan yang bisa sobat pahami dalam pembuatan siklus akuntansi pada materi Ekonomi kelas XII Sekolah Menengah Atas. Bagi kamu yang sudah lulus dan ingin melanjutkan kuliah dan berminat pada akuntansi, sobat bisa langsung mendaftarkan diri ke Universitas Bina Sarana Informatika dengan mengambil jurusan Akuntansi dan Sistem Informasi Akuntansi. Pendaftaran kuliah dapat diambil dengan dua cara yakni pada periode maret dan september. Pendaftaran untuk periode bulan maret sudah dibuka saat ini sudah memasuki gelombang 2 dan untuk periode bulan september sudah memasuki gelombang 1. Ayooo buruaan daftar sekarang juga karena “Kuliah…? BSI Aja!!”.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Yuk Ikuti Virtual Open House Nusa Mandiri, Agar Bisa Lebih Dekat Dengan FTI

SobatSekolah.com, Jakarta — Hallo Sobat Sekolah!!! Dalam rangka membangun masyarakat yang cerdas dan berwawasan di bidang ilmu komputer yang berkualitas,...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -