Alumnus STMIK Nusa Mandiri

Alumnus UNM Bagikan Inspirasi Untuk Mahasiswa Baru

Alumnus UNM Nusa Mandiri Bagikan Inspirasi Untuk Mahasiswa Baru – Alumnus UNM (Universitas Nusa Mandiri), Giovanni Umboh selaku Co-Founder & CTO Bizhare bagikan inspirasi pada acara penyambutan mahasiswa baru dalam Seminar Inspirasi (Serasi) yang ditayangkan secara live di channel youtube Nusa Mandiri.

Seminar inspirasi yang bertajuk ‘Jaga Diri, Tetap Mandiri’ dipandu oleh dua host keren yakni, Kak Wawan dan Kak Ela  pada Sabtu, 13 Maret 2021, pukul 09.00 – 12.00 WIB. Acara tersebut menghadirkan alumnus  Universitas Nusa Mandiri yaitu Giovanni yang telah sukses dan tercatat pada majalah Forbes Indonesia 30 Under 30 pada tahun 2020.

“Ketika tercatat pada majalah Forbes Indonesia 30 Under 30 pada tahun 2020 yang pasti saya bangga. Walaupun cukup heran juga bisa sampai tercatat di sana,” tutur Giovanni, Alumnus UNM, Sabtu (13/3).

Baca Juga : Ripan Karlianto Bagikan Motivasi Pada Kegiatan Seminar Inspirasi Universitas Nusa Mandiri

Beliau mengatakan, setelah tercatat di sana banyak sekali perubahan yang Ia dapatkan. Salah satunya banyak diundang sebagai pembicara, tak terkecuali dengan Universitas Nusa Mandiri.

“Bukan lagi kalangan atau dari keluarga tertentu. Di luar sana sangat objektif bagi kita yang kompeten. Awal saya membangun Bizhare tahun 2017, saat itu saya sambil kuliah, bekerja dan membangun startup ini,” ungkapnya.

Alumnus UNM,  Prodi Sistem Informasi kampus Warungjati tahun 2018 mengungkapkan bahwa ide Bizhare ini merupakan patungan bisnis. Dengan adanya Bizhare ini, membantu masyarakat Indonesia untuk bisa mempunyai bisnis yang bagus tetapi dengan modal yang kecil yaitu dengan cara patungan bersama.

“Itulah yang pertama kali kami coba, pada awal pertama Bizhare didirikan kita mau mencoba bagaimana caranya membuat ini possible. Karena pada saat itu belum ada regulasinya yang mengatur. Tantangannya yang ditemukan tentu harus bisa meyakinkan dari pihak regulator jika ini terjadi, maka dampaknya begitu luar biasa bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga : Generasi Mandiri Akan Turut Serta Dalam Kegiatan SERASI 2021

Ia memaparkan, Bizhare juga sangat bisa membantu para pelaku bisnis UKM. Mereka dapat mengembangkan bisnisnya tersebut secara lebih cepat mengembangkan UKM dengan cara equity crowdfunding.

“Bizhare merupakan sebuah platform equity crowdfunding pertama di Indonesia yang telah berjalan ditahun 2018. Pada saat itu kita masih 50an investor dan hari ini investor Bizhare sudah mencapai 62ribuan investor dari seluruh Indonesia,” katanya.

Ia mengaku, pada saat membangun startup yang memiliki domain Bizhare.id ini memiliki motivasi awal pada tahun 2017 ia mengikuti acara 1000 startup digital oleh Kominfo dan akhirnya pada tahun 2018 ia bisa membangun startup seperti Bizhare saat ini.

“Jadi, pada saat acara 1000 startup digital saya bertemu teman-teman baru yang saat ini sudah berstatus sebagai co-founder Bizhare. Jika kalian punya ide, biasanya tidak mau teman-teman yang lain tahu atau dirahasiakan,” pungkasnya.

Lanjutnya, ketika sesi berbagi ide dalam acara tersebut ia mencoba terbuka dengan ide-ide yang diberikan oleh teman-temannya dan berpikir bahwa ide bisnis startup ini dampaknya akan lebih besar didapatkan.

Baca Juga : Gelar Seminar Inspirasi (Serasi), Cara Universitas Nusa Mandiri Sambut Mahasiswa Baru 2020

“Karena motivasi awal saya, jika Bizhare ini berhasil maka akan banyak sekali membantu masyarakat Indonesia salah satunya pelaku bisnis,” katanya.

Ia menjelaskan, jika mahasiswa-mahasiswi Nusa Mandiri ingin membangun atau menciptakan bisnis startup maka harus berjalan di atas suatu masalah. Hal pertama yang perlu diketahui dan dipelajari yakni masalahnya, bukan untuk dihindari tetapi dihadapi.

“Teman-teman mahasiswa Nusa Mandiri harus mengenali ide bisnis yang dibangun, apakah ide bisnis tersebut mudah dieksekusi. Jika teman-teman dapat mengukur hal itu, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membentuk tim yang dapat membantu teman-teman dalam memecahkan atau mengatasi masalah pada ide bisnis tersebut,” tutup alumnus UNM.

15 Maret 2021
6

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

6 comments on “Alumnus UNM Bagikan Inspirasi Untuk Mahasiswa Baru”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *