Kuliah Daring (Online) bikin Boring ! Ini Dia Cara Mengatasinya.

Kuliah Daring (Online) bikin Boring ! Ini Dia Cara Mengatasinya.

Kuliah Daring (Online) – Sejak adanya pandemi Covid-19 banyak aktifitas yang dilakukan secara work from home seperti hal nya Kuliah Online. Kalian tentu tidak bisa membayangkan bagaimana bosannya kuliah daring atau online selama satu semester.

Kabar kurang enaknya kalian juga belum tahu sampai kapan kuliah daring akan terus dilaksanakan. Kuliah secara daring tentu saja sangat berbeda dengan kuliah dengan cara tatap muka seperti pada umumnya.

Kuliah Daring merupakan perkuliahan yang dilakukan dengan menggenakan akses internet. Media pembelajaran dibuat dan dirancang untuk dapat diberikan kepada mahasiswa secara online.

(Baca Juga : Serentak ! STMIKΒ  Nusa Mandiri Adakan Masa Orientasi Kampus Seacara Online)

Materi biasanya akan dibuat dalam bentuk soft file, video, atau audio. Satu hal yang pasti adalah setiap mahasiswa harus dipastikan memiliki kemampuan untuk mengakses internet setiap materi yang akan disampaikan.

Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Daring

Tentunya pembelajaran secara daring memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal itu dikarenakan beberapa kampus baru menerapkan proses pembelajaran secara daring sejak adanya pandemi covid-19 sehingga terdapat beberapa kekurangan dalam penerapannya. Namun, sebenarnya pembelajaran secara daring dapat berjalan dengan efektif. Berkut kelebihan dan kekurangan pembelajaran secara daring.

Kelebihan

  • Disaat pandemi, penerapan kuliah secara daring tentu akan sangat membantu untuk terhindar dari penyebaran virus dan mendukung program untuk tetap di rumah saja.
  • Kuliah dapat dilaksanakan tanpa adanya batasan ruang, sehigga dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja.
  • Pengaturan jadwal kuliah akan lebih fleksibel.
  • Kalian dapat mengatur suasana belajar sesuai dengan keinginan dan kenyamanan.
  • Belajar dirumah membuat kemungkinan terlambat masuk kelas menjadi lebih kecil karena kalian dapat lebih mudah untuk standby sesuai dengan jadwal.

Kekurangan

  • Harus menyiapkan budget lebih untuk pembelian paket data/paket internet
  • Dibutuhkan jaringan yang stabil agar dapat mengikuti perkuliahan dengan lancar
  • Harus bisa mengatur jadwal dengan baik agar tidak sampai terlewat jadwal kuliah
  • Harus bisa memotivasi diri sendiri agar tetap semangat dalam menjalani kuliah secara online
  • Perkuliahan yang monoton terkadang membuat kalian lebih mudah merasa bosan

Tips Kuliah E-Learning saat Pandemi Covid-19

Ketika kalian harus melaksanakan kuliah secara daring, maka agar tidak bosan kalian dapat melaksanakan beberapa tips berikut menurut pengalaman teman-teman saya yang saat ini kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta diΒ  Jakarta.

1. Catat Jadwal Kuliah Daring

Agar kalian tidak melewatkan perkuliahan secara daring, baiknya kalian membuat list jadwal untuk kuliah daring kalian. Agar jadwal kuliah lebih menarik, kalian dapat menggunakan template dan menempelkan jadwal di tempat yang mudah dijangkau. Ketika kalian memiliki banyak ativitas saat dirumah, kalian dapat menggunakan alarm agar jadwal kuliah tidak terlewatkan.

2. Buat Ruangan Khusus untuk Kuliah Daring

Ruangan yang nyaman akan membantu kalian untuk lebih fokus saat berkuliah. Buat ruangan kuliah kaalian di rumah senyaman mungkin. Kalian juga dapat menempatkan beberapa atribut yang dapat mendukung suasana belajar yang nyaman. Ketika kalian memiliki banyak waktu di rumah, tentu kalian dapat mendesain ruang khusus kuliah agar kuliah kalian tidak membosankan.

3. Siapkan Menu Camilan

Kuliah daring memiliki kelebihan diantaranya kalian dapat lebih nyaman dengan menikmati camilan. Kalian juga dapat menghidangkan secangkir teh atau kopi agar lebih fresh saat belajar. Kalian juga dapat membuat menu camilan sendiri di rumah sebagai bentuk dari memanfaatkan waktu luang. Menu camilan juga baiknya tidak terlalu berlebihan agar kalian tetap fokus berkuliah secara daring.

4. Simak Perkuliahan dengan Baik

Berkuliah secara daring terkadang membuat kalian lebih mudah untuk tidak memperhatikan perkuliahan. Hal itu justru dapat membuat kalian menjadi bosan. Baiknya simak perkuliahan agar kalian dapat memahami setiap materi yang disampaikan oleh dosen.

5. Hidupkan Suasana Kelas dengan Diskusi

Kelas online tentu akan berbeda dengan kelas offline. Kalian dapat menghidupkan suasana kelas dengan berdiskusi. Manfaatkan sesi diskusi dengan dosen karena itu akan membantu kalian lebih bersemangat. Selain itu, dengan berdiskusi tentunya akan membuat kalian lebih memahami topik bahasan yang disampaikan dosen.

Sekarang kalian bisa mencoba menerapkan beberapa tips tadi agar kalian tetap semangat untuk kuliah daring. Jangan lupa untuk melakukan aktifitas lainnya agar kalian tetap betah dirumah aja. Melakukan aktifitas yang bervariasi juga akan membantu kalian untuk terhindar dari rasa bosan lho.

September 17, 2020
12

Penulis: Eka Rahmawati

Memiliki minat di content writer, membuat saya ingin terus berkarya untuk membuat berbagai konten yang menarik.

12 comments on “Kuliah Daring (Online) bikin Boring ! Ini Dia Cara Mengatasinya.”

  1. Bener bgt min, boring kuliah online tuh. Boros kuota, kadang jaringan juga nggak stabil, lebih enak si tatap muka sama dosennya. Semoga pandemi ini cepat pergi ya min supaya kita bisa beraktifitas kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *