Jumat, September 23, 2022

Gagal SBMPTN? Ini Dia 5 Tips Atasi Cemas Saat Gagal SBMPTN

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobat Sekolah, Gagal SBMPTN – Hallo Sobat Sekolah!!! Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), telah mengumumkan hasil Ujian Tertulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2022 (UTBK-SBMPTN 2022), Kamis, (23/6), pukul 15.00 WIB.

Pengumuman tersebut telah disampaikan pada laman LTMPT secara resmi. Sebanyak 192.810 orang peserta atau sebesar 24 persen dari total pendaftar dinyatakan lulus melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di seluruh Indonesia.

Meski angka persentase yang tidak lulus lebih besar, SBMPTN ini bukan cara terakhir kalian untuk mencapai mimp. Masih banyak cara yang bisa sobat lakukan, jadi jangan kecewa.  Berikut, cara agar kalian yang tidak lulus SBMPTN masih terus mengejar mimpi kalian.

Baca Juga : Gagal SBMPTN? Tenang, Itu Bukan Akhir Dari Segalanya!

5 Tips Atasi Cemas Saat Gagal SBMPTN

1. Ikut Jalur Mandiri

Tips pertama untuk kamu yang gagal SBMPTN, hal yang bisa kamu lakukan saat gagal SBMPTN, yakni mencoba jalur mandiri. Jalur ini memungkinkan kamu untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri meski erda-berda persyaratan sesuai dengan ketentuan masing-masing kampus.

2. Ikut Sertifikasi

Selain ikut ujian mandiri, kamu juga bisa mengikuti sertifikasi sesuai minat atau kesukaan. Hal tersebut dilakukan, agar skill yang dimiliki dapat terasah kembali. Tak hanya itu, sertifikat yang berhasil kamu raih juga berguna untuk masa depan kamu, lho!

3. Gap Year

Gap Year merupakan waktu kosong untuk beristirahat sebelum kuliah atau bekerja. Bagi siswa/i yang sudah berusaha masuk ke Prguruan Tinggi Negeri, namun gagal. Tidak ada salahnya untuk menerapkan Gap Year, selain menggunakan waktu istirahat untuk menyiapkan segala hal untuk perkuliahan nanti. Gap year, juga merupakan waktu yang baik untuk mengasih bakat.

Baca Juga : Hari Ini Pengumuman UTBK-SBMPTN 2022 Tayang, Simak Link dan Cara Daftar Ulang di Perguruan Tinggi Negeri

4. Magang

Bagi kamu yang berminat Gap Year, pastinya kamu sudah memiliki rencana untuk kedepannya nanti. Salah satu cara untuk mengisi kekosongan atau jarak dari sekolah ke kuliah, kamu bisa magang di perusahaan yang sesuai dengan potensi kamu.

5. Masuk ke Universitas Swasta

Tips terakhir yang bisa menjadi andalan kamu saat gagal pada ujian SBMPTN, kamu dapat mendaftarkan dirimu ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS), sebab masih banyak Universitas Swasta yang memiliki kualitas yang bermutu dan unggul yang hampir sama dengan Universitas Negeri.

Nah, itulah 5 tips atasi rasa cemasmu apbila gagal saat SBMPTN, semoga dengan tips ini kalian jadi lebih semangat.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Universitas Nusa Mandiri Hadirkan Seminar Berskala Nasional Bersama IEEE WIE

Sobat Sekolah, Depok - Universitas Nusa Mandiri (UNM) hadirkan seminar berskala nasional bekerja sama dengan IEEE (Institute of Electrical...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -