Mengatur Pola Makan dan Cermati Jam Kerja Organ Tubuh 1

Mengatur Pola Makan dan Cermati Jam Kerja Organ Tubuh 2020

Mengatur Pola Makan dan Cermati Jam Kerja Organ Tubuh – Jika kamu memiliki kebiasaan makan malam maka kamu harus mulai memikirkan kesehatan tubuh kamu sekarang juga. Kebiasaan makan malam menjadi hal yang tidak baik, walaupun kamu terkadang sulit untuk menahan diri untuk tidak makan.

Kamu perlu mengatur pola makan dan cermati jam kerja oran tubuh supaya badan lebih sehat dan bugar. Makan memang menjadi salah satu kebutuhan untuk bertahan hidup, namun waktu dan kebiasaan makan perlu diseuaikan. Pola hidup sehat ini dapat diterapkan sedikit demi sedikit. Istirahat yang cukup dan sedikit berolahraga rutin akan sangat membantu tubuh kamu agar tetap sehat.

Mengatur Pola Makan dan Cermati Jam Kerja Organ Tubuh
ilustrasi: freepik.com

Tips Menjaga Kesehatan dengan Mengatur Pola Makan

Beberapa tips berikut akan membantu kamu untuk dapat tetap hidup sehat dengan menjaga pola makan. Hal terpenting adalah kamu dapat menjaga waktu makan secara konsisten.  Seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan di 3 kali waktu makan utama yaitu pagi, siang dan malam ditambah 2 waktu camilan di pagi dan sore hari. Berikut rekomendasi untuk menentukan waktu makan yang tepat.

Sarapan

Sarapan yang baik dilakukan di rentang waktu jam 5 hingga jam 9 pagi. Sarapan sangat penting karena menyediakan energi dan zat gizi untuk memulai aktivitas. Yuk, mulai biasakan sarapan!

Cemilan Pagi

Di jam 10 pagi baiknya kamu mengatur cemilan sehat. Pilih menu yang tidak terlalu berat karena ini akan membantu kamu untuk terhindar dari makan berlebihan di siang hari. Buah-buahan dapat menjadi pilihan tepat untuk menu cemilan kamu.

Makan Siang

Pada waktu siang baiknya makan pada jam 12.00-13.00 karena sistem pencernaan berada dalam kondisi paling aktif. Makanan lengkap yang kaya gizi dianjurkan seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Cemilan Sore

Pada jam 15.00-16.00 menjadi saat yang bagik untuk kamu ketika menginginkan cemilan sore. Kamu dapat memilih secangkir teh dan beberapa keping biskuit untuk menahan kamu makan berlebihan di malam hari.

Makan Malam

Waku makan malam yang baik berada di kisaran jam 7 sampai 8 malam atau 2 jam sebelum waktu tidur kamu. Ingat, makan secukupnya saja karena makan berlebihan ditambah dengan pola tidur tidak sehat dapat meningkatkan resiko obesitas.

Baca Juga: 6 Tips Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Mengetahui Waktu Penting Kinerja Organ Vital Tubuh

Terdapat beberapa poin penting untuk tetap menjaga tubuh untuk tetap sehat. Yang terpenting adalah anda dapat menjaga pola makan dan jam makan. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui waktu penting dari kinerja beberapa organ tubuh berikut.

Ginjal

Organ ginjal kuat bekerja di jam 17.00 – 19.00. Sebaiknya waktu ini digunakan untuk belajar karena terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan otak serta kecerdasan.

Lambung

Organ lambung bekerja lemah pada jam 19.00 – 21.00. Maka dijam ini baiknya kamu tidak mengkonsumsi makanan yang sulit untuk dicerna atau lama dicerna atau akan lebih baik untuk berhenti makan pada jam ini.

Limpa

Organ limpa bekerja lemah pada jam 21.00 – 23.00 sehingga akan terjadi proses pembuangan racun dan proses regenerasi sel limpa. Lebih baik kamu menggunakan waktu ini untuk beristirahat. Bisa juga mengisi waktu dengan mendengarkan musik yang tenang untuk meningkatkan imunitas.

Jantung

Organ jantung lemah pada jam 23.00 – 01.00. Baiknya kamu beristirahat tidur diwaktu ini, apabila masih terus beraktifitas seperti belajar dan begadang karena main game, maka akan dapat melemahkan fungsi jantung.

Sobat, sekarang belum terlambat untuk mengubah pola makan agar kesehatan kamu tetap terjaga. Kamu dapat mulai dari langkah sederhana untuk mengikuti setiap tips yang ada. Mulai dari hal kecil kamu akan mengubah hidpumu.

April 23, 2020
18

Penulis: Eka Rahmawati

Memiliki minat di content writer, membuat saya ingin terus berkarya untuk membuat berbagai konten yang menarik.

18 comments on “Mengatur Pola Makan dan Cermati Jam Kerja Organ Tubuh 2020”

  1. Alhamdulilah , terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali mengingat pola makan saya masih berantakan☺️☺️

  2. Tips ini penting bgt buat aku yg pola makannya berantakan, dengan adanya tips ini aku bisa membuat agenda jadwal makan mulai dr skrng, mksh yah min infonya😊

  3. Alhamdulillah, terima kasih karna sangat bermanfaat informasi nya. Pola makan saya juga masih cenderung berantakan dan tidak teratur, terlebih masih sering makan makanan instan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *