menyambut-ramadhan

6 Tips Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

6 Tips Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan – Bulan Suci Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Apa sih yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan?

Kebiasaan dari zaman nabi, mereka selalu bersemangat menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Adapun Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam ketika memasuki bulan Ramadhan, Beliau meningkatkan kualitas ibadah dan menyempurnakannya di bulan Sya’ban. Karena bulan sya’ban menjadi bulan yang istimewa bagi Rasulullah untuk beramal saleh sebelum menjalani puasa Ramadhan.

Maka dari itu sebelum memasuki bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan memperbanyak amal saleh, Amalan yang sangat dianjurkan yaitu memperbanyak istighfar dan bertobat kepada Allah Ta’ala.

bulan-suci-ramadhan
ilustrasi: freepik.com

Tips Persiapan Menyambut Bulan  Suci Ramadhan

Do’a

Do’a adalah ibadah yang dilakukan hambanya untuk mengkomunikasikan hajat dan harapan kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Do’a yang dimaksud adalah memohon kepada Allah dikaruniai umur panjang hingga berjumpa dengan bulan Ramadhan. Para nabi pun dahulu memohon untuk dipertemukan dengan bulan Ramadhan sejak enam bulan sebelumnya. “Allahumma barik lana fi Rajaba wa sya’bana, wa ballighna Ramadhan yang artinyaYa Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan sya’ban, serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan.”

Tekad Kuat Niat yang tulus

Tekad  yang kuat membuat seseorang menjadi produktif dalam mengisi ramadhan dengan berbagai ibadah dan amal shaleh. Bertujuan untuk memanfaatkan Ramadhan dengan ibadah agar mendapatkan taufik dan kemudahan dari Allah. Artinya ketika Allah mengetahui bahwa di dalam hati hamba-Nya yang bertekad yang kuat dan niat sungguh-sungguh untuk meraih keutamaan Ramadhan, maka Allah akan memberikan kemudahan kepada hamba tersebut. Allah akan memberikan kemudahan dalam melakukan ketaatan dan berbagai ibadah pada bulan Ramadhan.

Taubat

Taubat dari dosa dan maksiat perlu dilakukan saat menyambut bulan Ramadhan. Karena dosa dan maksiat dapat mengotori dan menutupi hati. Oleh karenanya mulai dari sekarang berusaha bersihkan hati dari dosa dan maksiat dengan memperbanyak taubat dan istighfar.

Persiapan dan Perencanaan Target

Hal yang paling penting selanjutnya yaitu persiapan dan perencanaan target. Salah satunya mengagendakan ibadah dan amal saleh seperti puasa, shalat tarawih, tilawah al-Qur’an, sedekah, dan ibadah-ibadah lainnya yang perlu disiapkan dan direncanakan secara matang.

Ilmu dan Pemahaman Tentang Fiqih Ramadhan

Islam sangat mementingkan ilmu sebelum berkata dan beramal. Tertera dalam Qur’an Surah Muhammad ayat 19 dijelaskan untuk memperintahkan dengan berilmu terlebih dahulu sebelum beramal. Ilmu sangat dipentingkan sebelum beramal, karena diterimanya suatu amal setelah ikhlas. Sebab itu untuk menyambut bulan Ramadhan, perlu kiranya belajar kembali tentang fiqih ibadah pada bulan Ramadhan. Misalnya fiqih puasa, shalat tarawih, zakat, sedekah, dan sebagainya.

Membersihkan Hati dari Sifat Jahat dan Buruk Terhadap Sesama Muslim

Dendam dan dengki merupakan sifat tercela. Sementara terbebas dari sifat tercela tersebut merupakan ciri orang beriman dan bertakwa. Seorang muslim baiknya membersihkan diri dari sifat buruk ini sebelum memasuki bulan Ramadhan. Supaya ketika memasuki bulan yang penuh suci ini diri kita menjalankannya dengan hati yang bersih dan lapang dada.

Demikian enam hal yang perlu diperhatikan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Semoga dengan melakukan enam hal tersebut, kita mendapatkan keutamaan bulan suci Ramadhan.

April 21, 2020
17

Penulis: Cucu Ika Agustyaningrum

17 comments on “6 Tips Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan”

  1. terimakasih tipsnya min, bermanfaat banget..
    marhaban ya ramadhan..
    semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.

  2. Terimakasih min tips-tips nya, sangat bermanfaat🤗
    Semoga kita bisa mempersiapkan diri dan diberi kesehatan oleh Allah SWT di bulan suci ramadhan nanti. Aminnn🤲

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *