Latihan Fisik Sederhana Saat Berpuasa

Latihan Fisik Sederhana Saat Berpuasa

Latihan Fisik Sederhana Saat Berpuasa – Hai Sobat, berpuasa bukan menjadi halangan untuk tetap melatih tubuh agar tetap bugar. Pelaksanaan puasa yang bertepatan dengan kondisi pandemi ini, menjadikan kegiatan kebugaran hanya bisa dilakukan di lingkungan rumah saja. Beberapa hal harus diperhatikan jika ingin melakukan latihan fisik di rumah, terlebih lagi dalam kondisi badan berpuasa.

Gerakan latihan fisik pada saat berpuasa lebih dititik beratkan pada penguatan masa otot, daripada latihan kardio. Hal ini disebabkan olahraga dengan gerakan kardio cenderung membuat kita bernafas lebih cepat sehingga membuat kita cepat merasa haus.

Baca Juga, Anjuran Hidup Sehat dari WHO

Latihan Fisik Sederhana Saat Berpuasa
sumber; freepik.com

Berikut ini daftar menu latihan fisik sederahana saat berpuasa.

  • Squats

Gerakan ini dimulai pada posisi berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu, kemudian turunkan badan seperti akan melakukan posisi jongkok sembari mengangkat tangan lurus ke depan. Pada saat posisi tubuh turun, jaga tubuh tetap tegak dan tidak membungkuk. Tahan beberapa saat pada posisi kaki membentuk sudut 90 derajat, lalu kembali ke posisi berdiri dengan perlahan. Lakukan gerakan ini 4 kali sebanyak minimal 3 set pada setiap sesinya.

  • Reverse Lunges

Mulailah dengan posisi tubuh berdiri tegak, kemudian langkahkan kaki kanan ke belakang sekaligus menurunkan posisi badan hingga lutut kaki kanan hampir menyentuh lantai. Setelah itu kembali tarik kaki kanan hingga ke posisi berdiri tegak. Lakukan 4 kali untuk setiap sisi kaki dengan minimal 3 set pada setiap sesi.

  • Plank

Latihan ini dimulai dari kondisi tengkurap di lantai, lalu angkat tubuh menggunakan tangan seperti posisi melakukan push up tetapi dengan menahan posisi tersebut selama minimal 20 detik. Jika tidak terlalu kuat menggunakan telapak tangan dapat menggunakan sikut sebagai tumpuan. Gerakan ini dapat dikombinasikan dengan mengangkat satu kaki selama 10 detik lurus dengan posisi badan secara bergantian. Durasi waktu bisa ditingkatkan setiap repetisinya.

  • Arnold Press

Untuk gerakan ini perlu menggunakan dumbbell set dengan berat masing-masing 5kg atau sesuai kemampuan. Dimulai dengan mengangkat dumbbell set di depan dada dengan posisi kepalan tangan menghadap ke dalam, kemudian mengangkatnya perlahan sampai tangan lurus dengan memutar posisi kepalan tangan menghadap keluar. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali dalam 4 set repetisi dengan istirahat 30 detik setiap setnya.

  • Push-ups

Gerakan latihan ini sama seperti halnya gerakan push-up pada umumnya, tetapi menggunakan media dumbbell set yang telah digunakan sebelumnya. Dumbbell set digunakan sebagai tumpuan untuk melakukan gerakan push-up. Lakukan gerakan ini selama 4 set dengan jumlah 12 kali pada awal set, terus menurun sampai 8 kali pada set terakhir, atau bisa sesuai kemampuan. Dengan jeda 30 detik untuk setiap setnya.

Sebetulnya masih banyak menu latihan Home Workout lainnya, sobat bisa cek langsung ke situsnya darebee.com. Disana terdapat banyak menu latihan fisik lainnya ataupun program pembentukan bagian tubuh lainnya, disertai dengan berbagai tips dan trik menarik didalamnya.

Yuk, tetap bugar selama berpuasa!

Mei 10, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *