Kamis, November 24, 2022

Gugup Saat Berbicara di Depan Umum? Yuk, Atasi Dengan 7 Langkah Ini!!!

Must Read
Eka Herdit Juningsih
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

Sobatsekolah.com – Hallo sobat sekolah!!! Pernah nggak sih kalian di sekolah dapat tugas dari guru untuk presentasi di depan para siswa/i lainnya??? kebayang nggak sih rasa gugup yang sobat alami?? 

Terkadang gugup saat berbicara di depan umum akan membuat tubuhmu tidak akan mudah untuk percaya diri. Namun, tak dipungkiri lagi, pastinya semua orang akan mengalami perasaan nervousi ni saat pertama kali presentasi atau berbicara di hadapan banyak orang.

Baca Juga : Ingin Konsentrasi Dalam Belajar? Ayo, Lakukan 7 Tips Ini

- Advertisement -

Perasaan itu bisa membuat tubuh, jadi mudah berkeringat, gagal fokus bahkan sampai merasa cemas, takut presentasinya gagal. Tapi, jangan khawatir, sebab sobat dapat mengatasi perasaan cemas itu dengan 10 hal seperti di bawah ini seperti dilansir dari qubisa.com.

Atasi rasa gugup saat berbicara di depan umum

Persiapkan diri

Hal pertama yang perlu sobat lakukan, ialah dengan mempersiapkan diri salah satunya mental terlebih dulu. Sebab, mentallah yang akan menentukkan apakah kamu bisa berbicara dengan baik di hadapan banyak orang atau tidak.

Jika, mentalmu lemah presentasi yang kamu bawakan kurang menarik, namun sebaliknya jika mentalmu kuat dan berani untuk maju ke depan, maka, presentasimu akan menjadi pusat perhatian banyak orang.

Catat materi yang akan disampaikan

- Advertisement -

Saat kamu pertama kali maju ke depan dan merasakan gugup saat berbicara di depan umum, hal selanjutnya ialah catat materi yang menjadi topik pembahasan kamu saat di depan. Hal ini dilakukan, agar saat kamu maju ke depan, kamu tidak akan terbata-bata saat menyampaikan sesuatu.

Bersikap tenang

Hal yang ketiga, ialah harus bersikap tenang. Jangan sekali-kali kamu menunjukkan sikap yang grasuk-grusuk. Jika hal itu kamu lakukan, maka audience akan merasa aneh dengan sikapmu. Saat melakukan presentasi kamu harus bersikap tenang, dan harus tetap berkonsentrasi dengan materi yang kamu sampaikan pada audience. 

Latihan 

Sebelum kamu melakukan presentasi ke banyak orang atau akan berbicara di hadapan banya orang, kamu harus latihan terlebih dulu. Karena ada pribahasa yang mengatakan “practice makes perfect”, latihan akan membuat presentasimu akan lebih sempurna.

Caranya kamu bisa melakukan latihan di depan cermin atau minta teman mu untuk menjadi audience saat kamu latihan presentasi.

Baca Juga : Inilah 7 Skill yang Harus Dimiliki Saat Masuk Kuliah

Berbicara perlahan dan jelas

Gugup saat berbicara di depan umum sudah menjadi hal yang biasa. Nah cara lainnya, yakni saat kamu berbicara di depan umum atau sedang melakukan presentasi, kamu harus bisa berbicara perlahan dan jelas agar audience dapat mengerti dan paham dengan materi yang kamu sampaikan.

Berinteraksi dengan penonton

melakukan interaksi dengan penonton, dengan melakukan tanya jawab kepada audience juga dapat mengurangi rasa gugup saat berbicara di depan umum. Anggap saja kamu sedang mengobrol dengan sahabat atau keluargamu sendiri.

Jangan lupa berdo’a

Cara terakhir dan paling ampuh yakni dengan berdo’a. Tak dipungkiri lagi, setiap melakukan aktivitas kita harus tetap berdo’a, salah satunya saat mengatasi rasa gugupmu itu.

Nah, itulah tadi cara mengatasi rasa gugup saat berbicara di hadapan banyak orang. Tetap semangat ya sobat dan jangan lupa untuk kunjungi laman sobatsekolah.com, karena akan ada artikel menarik untuk sobat.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Makna Warna Seragam Sekolah dari SD hingga SMA, Penting Untuk Dicatat!!!

Sobatsekolah.com, Jakarta - Hallo sobat sekolah!!! Seragam sekolah merupakan salah satu pakaian yang wajib digunakan saat sekolah, pasalnya pakaian tersebut...

More Articles Like This

- Advertisement -