Ingin Konsentrasi Dalam Belajar? Ayo, Lakukan 7 Tips Ini

Tips Konsentrasi Dalam Belajar – Hallo Sobat Sekolah!!! Sebentar lagi Penilaian Akhir Semester (PAS) sudah dimulai, nah bagaimana nih sobat apakah sudah belajar dengan sungguh-sungguh? Dan apakah kalian dapat fokus belajar untuk menghadapi PAS. Jika belum, Ayo simak beberapa tipsnya berikut ini.

7 Tips Konsentrasi Dalam Belajar

1. Pilih Tempat yang Sesuai Untuk Belajar

Tips konsentrasi dalam belajar yang pertama ialah pilih tempat yang sesuai. Sebelum mulai belajar, kamu bisa pilih tempat belajar yang menurutmu paling nyaman. Misalnya, kalau kamu merupakan tipe yang gampang terdistraksi, kamu bisa pilih tempat-tempat yang jauh dari gangguan, seperti di dalam kamar. Selain itu, pilih juga tempat belajar dengan penerangan atau pencahayaan yang bagus.

2. Rapikan Meja atau Area Belajar

Jangankan untuk berkonsentrasi, mungkin kamu bisa nggak mood untuk belajar jika area atau tempat belajar kamu sumpek dan berantakan. Nah, makanya, saat ingin belajar, pastikan tempat belajarmu sudah dalam kondisi yang bersih dan rapi. Kamu bisa pindahkan sementara barang-barang yang nggak sedang dibutuhkan agar kamu memiliki ruang (space) yang cukup.

Baca Juga : Simak Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Sebagai Media Pembelajaran Online

3. Pilih Waktu dan Metode Belajar yang Pas untuk Kamu

Setiap orang pasti punya metode belajarnya masing-masing. Nah, kamu bisa cari tahu dulu nih, metode belajarmu yang paling tepat itu seperti apa. Misalnya, jika kamu sulit mengingat istilah-istilah atau poin-poin penting dalam suatu materi, kamu bisa membuat rangkuman materi di kertas kecil (sticky notes) agar bisa kamu tempel dan baca berulang-ulang. Dengan menentukan metode belajar yang pas, otomatis kamu akan lebih mudah memahami suatu materi. Alhasil, kegiatan belajar kamu jadi lebih fokus dan efektif.

4. Tentukan Batas Waktu Belajar

Nah, belajar juga ada batasnya, ya. Jangan mentang-mentang kamu anaknya ambis, ingin mendapat nilai sempurna di ujian nanti, kamu belajar nggak kenal waktu. Ujung-ujungnya, bukannya dapat nilai bagus, kamu malah jadi sakit dan nggak bisa ikut ujian deh gara-gara kelelahan belajar.

Oleh karenanya, Kamu harus menentukan batas waktu belajarmu, ya. Jangan kelamaan, juga jangan terlalu sebentar. Misalnya, kamu bisa pilih waktu belajar selama 2 jam. Nah, dalam waktu 2 jam itu, kamu nggak harus fokus belajar terus menerus, nih. Kamu bisa kasih waktu istirahat atau jeda, satu sampai dua kali sekitar 5-10 menit. Ingat! Jangan kelamaan, ya. Ini hanya untuk meregangkan badan dan mengistirahatkan mata aja. Dengan adanya waktu istirahat ini, pikiran kamu dapat kembali rileks dan fokus kembali.

Baca Juga : 4 Tips Agar Tetap Sehat Selama PTM Terbatas Berlangsung

5. Buat Daftar Target Belajar

Tips selanjutnya, kamu bisa buat target belajar, target belajar tersebut dapat berisi target-target yang ingin kamu capai saat belajar nanti. Misalnya, hari ini kamu belajar Biologi. Kamu bisa membuat target, hari ini kamu harus sudah paham dengan materi Biologi di BAB 1. Nah, biasanya, dengan adanya target itu, kamu jadi bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar. Usahakan, target yang kamu buat itu sesuai dengan kapasitas belajarmu, ya. Jangan terlalu dipaksakan juga.

6. Tidak Membuka Sosial Media atau Game Saat Belajar

Poin yang satu ini penting banget untuk kamu lakukan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar. Selama belajar, usahakan kamu nggak membuka sosmed atau game yang kamu punya, meskipun saat sedang beristirahat. Kenapa? Soalnya, ujung-ujungnya pasti kamu bakalan keasyikan main HP daripada belajar. Yuk, paling enggak, nonaktifkan notif sosmed-mu sejenak selama belajar, supaya kamu bisa fokus dulu, nih. Setelah belajar, baru deh kamu bisa aktifkan kembali.

7. Istirahat dan Makan yang Cukup

Tips konsentrasi dalam belajar yang terakhir adalah istirahat dan makan yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup, otak dan tubuh kamu jadi jauh lebih fresh untuk belajar. Otomatis, kamu jadi lebih mudah untuk berkonsentrasi selama belajar.

Selain itu, kamu juga harus makan yang cukup. Diusahakan, sebelum belajar, kamu makan terlebih dahulu, ya. Supaya saat waktunya belajar nanti, kamu nggak kelaparan yang akhirnya mengganggu konsentrasi belajarmu. Istirahat dan makan yang cukup juga membuat kesehatanmu terjaga.

Nah, itulah beberapa tips konsentrasi dalam belajar yang bisa kamu lakukan agar nilai kamu bagus. Maka dari itu yuk, tetap semangat!!!

25 November 2021
4

Penulis: Eka Herdit Juningsih

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 🌻🌈

4 comments on “Ingin Konsentrasi Dalam Belajar? Ayo, Lakukan 7 Tips Ini”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *